07 Juli 2009

Hingga Akhir Juni, Penyerapan Raskin Masih Relatif Rendah

* Kecamatan di Wilayah Utara Masih Panen
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Realisasi penyaluran beras untuk masyarakat miskin (raskin) hingga akhir bulan Juni ini baru sebanyak 1.870 ton yang disalurkan kepada 26.097 rumah tangga miskin. Realisasi raskin ini jika dibandingkan dengan pagu yang seharusnya untuk enam bulan ini rat-rata sebanyak 2.348 maka daya serap penyaluran raskin masih sangat rendah. Kondisi tersebut dimungkinkan karena pada saat ini kecamatan-kecamatan di wilayah utara Kabupaten Ende masih dalam musim panen sehingga stok beras di lumbung desa masih mencukupi.

Hal itu dikatakan Kepala Seksi Pelayanan Publik pada Kantor Bulog Sub Divisi Regional Ende, Eliaser Patty di ruang kerjanya, Kamis (2/7). Patty mengatakan, untuk tahun 2009 ini, pagu raskin untuk Kabupaten Ende Secara ksseluruhan mencapai 4.679 ton yang disalurkan kepada 26.097 rumah tangga miskin. Namun demikian, hingga akhir bulan Juni ini, penyerapan raskin masih relatif kecil terutama di beberapa kecamatan di wilayah Utara Kabupaten Ende.

Rendahnya daya serap penyaluran raskin selama enam bulan terakhir ini, kata patty kemungkinan terjadi karena dipengaruhi topografi Kabupaten Ende yang sulit. Selain itu, dapat pula disebabkan karena sejumlah kecamatan seperti Kota Baru, Wewaria dan Maurole masih dalam masa panen sehingga pihak desa belum memprosesnya.

September-Oktober Penyerapan Tinggi
Peningkatan penyerapan raskin, lanjut Patty baru akan terjadi pada musim paceklik terutama pada bulan September dan Oktober. Biasanya pada bulan-bulan itu penyerapan raskin sangat tinggi bahkan melampaui batas wajar karena semua desa memproses pengambilan raskin. “Pada saat seperti itu kita kadang kewalahan. Untuk antisipasi kita perkuat stok kita pada bulan-bulan tersebut.”

Ditanya menyangkut stok beras yang dimiliki Bulog Ende, Patty mengatakan kondisi stok yang dimiliki pada saat ini dalam kondisi mencukupi. Stok yang dimiliki dapat memenuhi kebutuhan untuk tiga bulan ke depan. Apalagi, kata dia, dalam minggu pertama bulan Juli ini, akan ada kapal yang masuk membawa lagi beras untuk Bulog Ende dari NTB. Beras yang akan masuk dalam waktu dekat ini sebanyak 2000 ton yang didatangkan masing-masing oleh PT Artha Jaya Samudra dan PT Buana Sari. “Kalau sudah ada penambahan stok ini maka semua kebutuhan kita tercukupi baik untuk raskin, beras untuk TNI/Polri dan juga untuk antisipasi rawan pangan.”



Tidak ada komentar: