07 Oktober 2010

Pulau Ende, Pusat Pemerintahan Portugis yang Islami


Oleh Hieronimus Bokilia
“Allahu Akbar….. Allahu Akbar…. Allahu Akbar ……. Lailahailallah … hu Allah hu Akbar…. Allah hu Akbar Walillahilham”
Dari corong pengeras suara perahu nelayan, gema takbir akbar membahana memecah kesunyian malam di Pulau Ende, Kamis malam, 9 September 2010. Malam itu, sekitar 25 perahu nelayan didandani lampu hias aneka warna. Kerlip cahanya menambah semarak malam takbiran. Kembang api yang pecah di langit Pulau Ende yang sejak sore diguyur hujan, kian membuat suasana Pulau Ende terang benderang.
Itulah suasana malam lebaran di Pulau Ende. Pulau ini merupakan satu-satunya kecamatan di Kabupaten Ende yang penduduknya seratus persen beragama Islam. Di tengah mayoritas masyarakat Flores yang Katolik, gema takbir, apalagi di atas perahu, memang menghadirkan suasana lain. Malam takbiran di atas perahu ini memang baru tiga tahun terakhir ini digelar. Ini bentuk pengungkapan mereka bahwa hidup dan kehidupan mereka selalu di atas laut dan lautlah penopang hidup mereka.
Bagi penduduk asli Pulau Ende, pulau mereka merupakan pulau keramat yang berbeda dengan pulau-pulau di sekitarnya. Menurut keyakinan mereka, pulau ini merupakan pulau asli yang mempunyai ket
erikatan dengan “tanah suci” Mekkah. “Air tidak akan naik menenggelamkan Pulau Ende selama air tidak menenggelamkan Mekkah” kata Abu Bakar Haji Yusuf, imam masjid Matinumba. Karena itu, kata Abu Bakar, Islam di Pulau Ende juga tidak akan lenyap selama Islam di Mekkah masih ada.

Suasana Sholat Idul Fitri di Masjid Nurul Iman-Ekoreko





Islam di Pulau Ende memang telah memiliki sejarah yang panjang. Sejarah secara khusus tentang masuknya Islam di Pulau Ende dan Ende secara umumnya kurang tercatat secara baik.
Imam Masjid Metinumba, Abubekar Haji Yusuf mengatakan, konon agama Islam di Pulau Ende dibawa langsung oleh Imam Syafi’i yang katanya diutus langsung Nabi Muhamad SAW ke Pulau Ende. Imam Syafi’i yang tiba di Pulau Ende berhasil menyebarkan agama Islam di sana. Setelah seluruh warga Pulau Ende memeluk agama Islam, Imam Syafi’i kemudian melanjutkan perjalanannya ke daera-daerah lain di Pulau Flores untuk menyebarkan agama Islam.

Dia mengatakan, saat Portugis masuk dan menguasai Pulau Ende, orang-orang di Pulau Ende sudah memeluk agama Islam. Karena itu, ketika Portugis meninggalkan Pulau Ende, orang-orang Pulau Ende yang sudah memeluk agama Katolik kembali memeluk agama Islam. Pada akhirnya, agama Katolik yang sudah ada dan dianut orang Pulau Ende berangsur-angsur ditinggalkan dan seluruh warga Pulau Ende memeluk agama Islam dan turun temurun hingga saat ini.

Masih penuturan Abubekar Haji Yusuf, jauh sebelum Imam Safi’i datang menyebarkan agama Islam di Pulau Ende, ada seorang tokoh besar yakni Jal Jaelani Wal Ikram yang sudah lebih dahulu tiba di Pulau Ende. Keberadaan Jal Jaelani Wal Ikram oleh masyarakat Pulau Ende dikenal dengan nama Embu Rembotu. Embu dalam bahasa daerah Ende-Lio berarti nenek. Konon, kata Abubekar Haji Yusuf, Jal Jaelani Wal Ikram atau Embu Rembotu adalah utusan langsung Nabi Muhamad SAW untuk menemukan Pulau Ende.
Saat ini, tempat tinggal Embu Rembotu yang berada di atas salah satu puncak bukit yang rata, dikenal keramat oleh warga Pulau Ende. Di tempat ini terdapat sebuah batu ceper yang berbentuk bulat dan dibawahnya terdapat pasir laut berwarna putih. Di tempat ini jika orang duduk melingkarinya, berapa pun jumlahnya bisa mengitari batu tersebut. Jika hanya datang bertiga dan duduk bersila mengitari batu ini akan mencukupi. Demikian juga ketika datang 12 orang atau lebih tetap bisa duduk mengitari batu tersebut. Tempat ini, masih menurut Abubekar Haji Yusuf, sering dikunjungi Soekarno saat menjalani masa pembuangan di Ende. Bahkan saat ini, tempat itu sering didatangi Guntur yang adalah salah satu putra Bung Karno.
Penyebaran agama Islam di Pulau Ende tidak terlepas pula dari pengaruh Portugis yang sempat menjadikan pulau Ende sebagai pusat pemerintahan. Hal itu nampak dari keberadaan benteng Portugis yang dibangun di Metinumba Desa Paderape Kecamatan Pulau Ende. Sejarah benteng Portugis di Ende kurang begitu baik tercatat dalam sejarah.
Jauh sebelum akhir abad XV, para pastor telah membangun hubungan baik dengan Pulau Ende tetapi belum memiliki stasi di sana. Dalam tahun 1594 atau 1595, Pulau Ende diserbu oleh perompak-perompak islam. Mereka menyerang kampung-kampung dan menawan sejumlah orang untuk dijadikan hamba sahaya. Penduduk melarikan diri ke pantai Flores dan tinggal di sana beberapa lamanya sambil menyerahkan nasib pada kebaikan hati penduduk setempat.
Lalu, datanglah Pater Pacheco dari Solor mengunjungi mereka. Mereka ingin kembali ke pulau mereka tetapi tidak berani, takut akan diserang lagi. Akhirnya pater berhasil membujuk mereka untuk kembali ke tempat asal, dengan janji di sana akan dibangun sebuah benteng yang akan dipimpin seorang panglima Portugis. Penduduk berjanji akan masuk katolik. Pater Pacheco pergi bersama mereka dan memimpin sendiri pekerjaan pembangunan benteng. Bersamaan dengan itu dimulailah karya pertobatan yang berjalan cukup lancar juga. Jumlah orang kristen sebesar 8000 orang di sekitar tahun 1600.
Di Pulau Ende, terdapat tiga daerah stasi yakni di Numba dengan pelindung Santu Dominikus, stasi Sara Boro dengan pelindung Santa Maria Magdalena dan stasi Curolallas dengan pelindung Santa Katarina dari Siena. Namun Baraai juga merupakan tempat orang-orang katolik berada pada masa itu.
Raja-raja Makasar rupanya mempunyai hubungan-hubungan rahasia dengan Flores. Di Mari, ada seorang raja namanya Ama Kera yang rupanya berusaha untuk memperoleh hegemoni atas seluruh Flores. Dia meminta raja Makasar untuk menyerang umat katolik. Ada dua permintaannya yakni agar dikirimi sebuah armada guna menaklukan Solor ke bawah kekuasaan raja Goa dan kedua adalah agar diangkat menjadi Raja Muda. Imbalannya, sebagai fassal raja Goa, Ama Kera harus menyerahkan upeti yaitu 100 hamba dan emas dalam jumlah besar kepada raja Goa setiap tahun. Permintaan Ama Kera ini disetujui raja Goa.
Dengan sebuah armada yang besar, orang-orang Makasar akan menyerang dan merebut benteng Solor dan Pulau Ende dan tempat-tempat lain pun akan menyusul dengan gampang. Seorang kristen yang murtad, namanya D. Joao Djuang diangkat sebagai panglima armada tersebut. Armada ini terdiri dari 37 buah kapal dengan awak sejumlah 3000 orang. Mereka datang dan berlabuh di muka benteng Solor, yang menurut dugaan mereka tidak mempunyai pertahanan yang baik. Tapi tak lama sebelumnya, telah tiba di sana awak sebuah kapal Portugis yang terdampar di Jawa. Awak kapal dengan panglimanya Firnao Pereira berada di Solor.
Rencana orang Makasar merebut benteng secara mendadak gagal samasekali. Lalu mereka beralih haluan ke pantai selatan daratan Flores. Mereka kemudian ke Sikka dan menuntut supaya penduduk menyerahkan pastor dan orang Portugis di sampig sejumlah besar uang. Tuntutan itu ditolak dan kemudian orang Makasar mencoba mendarat namun mereka menderita kerugian besar. Katanya, sekitar 100 orang dari mereka mati terbunuh.
Mereka kemudian berlayar ke Paga dan di sana hanya menuntut upeti dan tuntutan dipenuhi. Mereka lalu berlayar ke tempat sahabat mereka raja Ama Kera. Ketika berada di sana, Pater Heronimo Mascarenhas, pastor Lena, naik ke kapal untuk emncari tahu apa maksud sebenarnya orang-orang Makasar itu. D. Joao mengatakan, dia bermaksud memusnahkan agama kristen di Pulau Ende tetapi mereka akan membiarkan orang-orang Portugis selamat. Pater Mascarenhas kemudian mengirimkan kabar ini ke Pulau Ende dan dari sana secepatnya meminta bantuan dari Solor.
Pater Mascarenhas seolah-olah bertindak sebagai pengantara tetapi terutama untuk mengulur-ulur waktu sampai datangnya bantuan dari Solor. Bantuan yang diharapkan itu datang, tepat pada saat orang Makasar hendak mendarat di Pulau Ende. Sekarang, D. Joao melihat apa sebenarnya maksud Pater Mascarenhas yang saat itu ada di atas kapal yang ditumpangi D. Joao. Dia lalu menyuruh orang-orangnya membunuh imam itu dan seorang pemuda yang menyertainya dengan tombak.
Datangnya secara mendadak orang Portugis dari Solor, maka timbulah kekacauan yang besar di kalangan pasukan-pasukan pendarat orang Makasar. Dengan banyak kerugian, mereka terpaksa kembali ke kapal mereka. Armada Makasar itu menderita kerugian sekitar 800 orang tewas. Ama Kera dan D. Joao mengancam akan kembali sesudah dua bulan, tetapi ternyata mereka tidak muncul lagi. Raja Makasar tidak mau mencoba lagi untuk kedua kalinya. `
Sumber Dominikan menyebutkan dari tahun 1614, selama sembilan tahun lamanya orang Ende sudah tidak mempunyai imam dan dari tahun 1617 sudah 11 tahun tidak ada imam di sana. Bulan Nopember 1613, Van der Velde, orang Belanda yang berhasil merebut benteng Solor mengunjungi Pulau Ende. Ia melaporkan, delapan tahun sebelumnya penghuni benteng diusir oleh penduduk pribumi. Van der Velde ingin menciptakan perdamaian antara orang islam dan orang kristen. Dia mau menyuruh orang merusak benteng itu tetapi tidak berhasil. Datang Don Cosmo dari Sika, seorang katolik yang berani dan setia. Dengan bantuan orang kristen, mereka memperbaiki benteng dan mengusir orang islam dari sana.
Antara tahun 1620 dan 1630, terjadi sesuatu namun sumber tentangnya tidak jelas. Rouffaer berpendapat peristiwa itu bisa direkonstruksikan. Seorang jurubahasa Portugis rupanya telah melakukan ”hubungan gelap” dengan seorang gadis dari Barai. Setelah itu, orang-orang Barai menyerbu gereja induk di dalam benteng dan membunuh semua orang Portugis. Karena takut orang Portugis akan balas dendam maka penduduk kembali lagi melarikan diri ke Flores dan seterusnya menetap di sana.
Menurut penduduk daerah ini, serangan dan pembunuhan terhadap orang Portugis terjadi karena cerita yang agak lain. Di Pulau Ende pada waktu itu terdapat seorang gadis yang cantik, namanya Rendo, puteri panglima benteng yaitu Luis Parela Kumi Toro (Luis Pareira yang berjanggut merah). Gadis ini jatuh cinta pda seorang letnan yang bernama Djebe dan letnan inipun jatuh cinta pada gadis itu. Tetapi gadis cantik ini juga diincar oleh seorang imam dari benteng. Imam ini membunuh Djebe.
Rendo melarikan diri ke Flores dan di sana dia meninggal duni karena sedih dan letih. Untuk membalas dendam atas pembunuhan Djebe itu, orang Barai lantas menyerbu benteng dan membunuh orang Portugis di dalamnya. Orang-orang katolik melarikan diri dan untuk sementara masih tetap beragama Katolik juga di tempat tinggal mereka yang baru. Baru dalam tahun 1772 pastor terakhir meninggalkan Numba. Penduduk Pulau Ende yang masih tinggal lambat laun menjadi islam semuanya.
Dalam bulan Desember 1637, diberitakan dari Betawi bahwa Van Tombergen sudah berada di Pulau Ende dan menyuruh ribuan orang mengangkat sumpah setiap kepada kompeni. Mereka diminta mengibarkan bendera Belanda di kampung-kampung dan daerah Pulau Ende menjadi daerah kompeni (Sejarah Gereja Katolik Indonesia, 1974).
Pada bulan Juni 1614, komandan Adrian van der Velde datang lagi ke Pulau Ende. Di sana semua stasi tidak ada imam. Ada tiga orang bapa keluarga yang bertindak menjadi pemimpin mereka. Ketiga orang ini yang saat pembatisan mendapatkan nama Portugis sesuai kebiasaan pater-pater Portugis dengan nama masing-masing Salvador Carvalhaes, bekas siswa semniari koleses Dominikan di Solor. Waktu itu dia berumur 28 tahun dan sudah berkeluarga, rupanya dia seorang guru agama. Kedua adalah Pedro carvalhaes juga seorang bapa berumur 40 tahun. Ia adalah pemimpin umat. Pedro dan Salvador berasal dari Numba dengan gerejanya Santu Dominikus. Yang ketiga adalah Manuel da Lima, berusia 40 tahun, ia dari Stasi Saraboro. Manuel adalah seorang yang saleh yang selalu mengajak umat agar selalu berkunjung dalam doa menghadapi percobaan demi Tuhan dan Agama.
Ketiga bapak penduduk asli Pulau Ende ini kemudian diculik dan dibawa ke kapal dan berlayar menuju Volowona (Wolowona saat ini). di sana orang-orang islam memaksa ketiganya agar membuang agama mereka dan masuik agama Islam. ketiganya tetap menolak dan diancam dengan kekerasan. Karena tetap bertahan dengan agamanya, ketiganya diserahkan kepada algojo yang menyiksa mereka dengan kejam. Tiga hari mereka bertiga diikat pada tiang di pantai, dipukul dan ditusuk-tusuk benda tajam sehingga tubuhnya penuh luka dalam. Selanjutnya mereka dijemur dan dipenggal kepalanya (Sejarah Kota Ende, FX Soenaryo dan kawan-kawan, 2006).

Pengaruh Islam Sulawesi
Keberhasilan Portugis merebut Malaka pada tahun 1511 berpengaruh pada wilayah-wilayah Nusantara bagian timur, termasuk NTT. Meski tidak diketahui kapan persisnya agama Katolik mulai berkembang, tetapi ketika tahun 1556 Portugis tiba pertama kali di Solor, Pater Antonio Tavera OP telah membaptis 5.000 orang di Timor, juga di Ende, Larantuka, dan Lewonama di Flores.
Pengaruh Portugis dalam penyebaran agama Katolik mulai terlihat ketika misi Katolik mulai diatur dengan kehadiran Uskup Pertama Jorge de Santa Luzia OP di Malaka tahun 1561. Portugis mengirimkan tiga orang misionaris Dominikan pertama ke Solor. Tahun 1566 Pastor Antonio da Cruz membangun sebuah benteng di Solor dan sebuah Seminari di dekat kota Larantuka. Dari Solor dan Larantuka inilah kemudian agama Katolik berkembang di Flores dan Timor. Di akhir abad ke-16, agama Katolik telah meluas dan mempunyai sekitar 25.000 penganut. Terbesar berada di Solor, Adonara, Flores, dan (Pulau) Ende (Sejarah Gereja Katolik Indonesia, 1974).
Sementara itu, perkembangan agama Protestan secara luas baru terjadi setelah Belanda berhasil menggeser kedudukan Portugis di Kupang. Pada tahun 1701, untuk pertama kali di Kupang didirikan sekolah dasar dan persatuan jemaat Kristen oleh pendeta keliling. Pusat agama Kristen mula-mula di Bau-bau kemudian pindah ke Kupang. Sejak itu wilayah NTT di bagian selatan banyak dikuasai oleh Zending gereja Protestan. Terlebih, kemudian Belanda dengan cerdik mengikat raja-raja di wilayah ini dengan kontrak.
Di samping dua kekuatan agama tersebut, Islam telah pula hadir. Ketika Portugis datang ke NTT, Solor, Alor, Pulau Ende dan Manggarai telah dikuasai orang-orang Islam. Di Alor, pada abad ke-15, telah terdapat perintis Islam yang belajar dari Ngampel, Surabaya. Selain pengaruh Jawa, ada tiga kerajaan Islam yang memberikan warna pada persebaran Islam di NTT, yaitu Bima, Bugis, dan Ternate. Kesultanan Bima mempunyai hubungan erat dengan wilayah bagian barat Pulau Flores, yaitu Manggarai. Menurut JL Gordon (1972), mulai tahun 1600 Manggarai memberikan upeti kepada Sultan Bima.
Kesultanan Bima bersaing dengan Kerajaan Gowa Makassar dalam memperebutkan pengaruh dan penguasaan ekonomi. Bagi Bugis/Makassar, kepentingan perdagangan menjadi alasan utama penguasaan wilayah ini. Sementara itu, bagi Kesultanan Ternate, NTT merupakan wilayah penting untuk menunjukkan kedaulatannya.
Penyebar agama Islam pada awal masuknya Islam pertama di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah para pedagang dan ulama yang telah dimulai pada abad ke-15 di Pulau Solor, Kabupaten Flores Timur.
Peneliti dan penulis buku tentang sejarah Islam di NTT, Munandjar Widiyatmika mengatakan, penyebaran agama Islam ini pertama dilakukan seorang ulama pedagang dari Pelembang yang bernama Syahbudin bin Salman Al Faris yang kemudian dikenal dengan sebutan Sultan Menanga. Dari sumber-sumber sejarah yang berhasil dia himpun, agama Islam masuk pertama kali di pulau Solor di Menanga pada abat ke-15 kemudian ke Pulau Ende dan Alor. Solor menjadi daerah pertama penyebaran agama Islam di NTT karena letaknya strategis dengan bandar-bandar penting di Pamakayo, Lohayong, Menanga dan Labala, sangat penting bagi kapal yang menunggu angin untuk melanjutkan pelayaran ke Pulau Timor dan Maluku, demikian pula di Pulau Ende dan Alor.
Masuknya agama Islam ini dibawa oleh pedagang sehingga sangat wajar kalau penyebarannya dilakukan mulai di sekitar bandar-bandar startegis yang banyak dikunjungi para pedagang Islam dari luar, dan Solor adalah daerah peristirahatan sebelum ke pusat penghasil cendana di Pulau Timor.
Mengenai pola pendekatan, perintis penyebar agama Islam di NTT asal Palembang ini menggunakan pendekatan kekeluargaan dan memegang tokoh-tokoh kunci daerah setempat. Di Solor misalnya, penyebar agama ini kawin dengan seorang puteri raja Sangaji Dasi dan menjadi orang pertama yang memeluk agama Islam di NTT dan kemudian diikuti anggota keluarganya.
Artinya, berkat pengaruh Sangaji Dasi, keluarga dan pengikutnya dengan mudah diajak menjadi pemeluk agama Islam. Bahkan untuk kepentingan pengembangan agama Islam di Solor, Sultan Menanga kemudian ditempatkan di perbatasan antara kerajaan Lamakera dan Lohayong dan berhasil membangun kampung muslim pertama di Menanga.
Agama Islam kemudian tersebar ke daerah lain seperti Alor, dan seluruh Flores, Timor dan Sumba.
Sejak masuknya agama Islam di NTT sampai abat ke-16, para perintis belum tergerak mewujudkan lembaga sosial keagamaan Islam dan lembaga pendidikan Islam sebagai penunjang penyebaran agama Islam.
Hal ini berbeda dengan penyebaran agama Islam di pulau Jawa yang tidak saja ditunjang para wali dan ulama tetapi juga sistem pendidikan di Pondok Pesantren.
Sejak orang-orang dari Numba menyerang dan membunuh orang-orang Portugis di benteng dan orang-orang Portugis lari ke Flores, orang-orang katolik di Pulau Ende lambat laun menganut agama Islam.
Orang-orang (Pulau) Ende yang telah menganut agama Islam kemudian menjadi penyebar agama Islam ke Sumba. Ketika itu Sumba yang masih menganut sistem swapraja, banyak pedagang Islam dari Ende-Flores kawin dengan putri dan putra seorang kepala suku atau raja seperti Umbu Kamballu dari Kabizu Laimuru di desa Patawang yang beristerikan seorang putri asal Ende-Flores juga seorang putri Sumba, Rambu Hana Ndapanjalu yang menikah dengan seorang putera Ende bernama Pua Ali termasuk Rambu Ndanga Leu adik dari Rambu Hana Ndapanjalu yang menikah dengan Da,e Saruni dari kampung Roja di Ende (Menyisir Sejarah Islam di Sumba Timur, Djunaidi Garib, Waingapu).
Ketua Majelis Ulama (MUI) Kabupaten Ende, Abdurahman Aroeboesman yang adalah keturunan Raja Ende mengatakan, pada masa penjajahan Portugis, seluruh warga di Pulau Ende menganut agama Katolik. Namun pada abat ke-13, para bajak laut dari Jawa dan Sulawesi (Makasar) melakukan penyerbuan ke Pulau Ende. Penyerbuan dan pembakaran yang dilakukan itu menyebabkan orang-orang Katolik lari ke Solor dan pulau Flores. Orang-orang Barai yang takut terhadap bajak laut dari Jawa dan Sulawesi ini kemudian lari ke Barai yang ada di Pulau Flores. Mulai saat itu, Pulau Ende dikuasai para pedagang dan bajak laut dari Jawan dan Sulawesi dan mulai menyebarkan agama Islam di sana. Para penyebar agama Islam di Pulau Ende semula berasal dari Mesir dan ada yang dari Jawa juga Makasar.
Waktu itu, kata Abdurahman Aroeboesman, sekitar akhir abat ke-16, datanglah Karaeng Aru Sambayang ke Pulau Ende. Namun saat dia tiba, warga sudah memeluk agama Islam. Kemudian raja Ende juga memeluk agama Islam dan mulai menyebar ke penduduk. Orang pertama yang diyakini menyebarkan agama Islam pertama di Pulau Ende adalah Batullah yang berasal dari Mesir. Orang Pulau Ende yang pertama memeluk agama Islam terdapat di Kemo di dekat Kerimando namun tidak diketahui secara pasti siapa yang saat itu memeluk agama Islam pertama di Pulau Ende. Sedangkan orang yang menjadi pemilik tanah pertama adalah Embu Tipo dari Rodja yang masuk pertama di Metinumba.
Menurutnya, orang pertama yang tempati Pulau Ende adalah Redodori dan Ndoriwoi. Ndoriwoi adalah perempuan jelmaan sedangkan Redodori adalah laki-laki nelayan di Pulau Ende. Setiap hari di bekerja membuat perahu dan saat kembali ke rumah makanan sudah disiapkan. Dia sangat kaget dan berupaya mencari tahu siapa yang telah menyiapkan makanan untuknya. Maka dicarinya siasat untuk menemukan orang yang telah menyiapkan makanan untuknya. Dipanggilnya warga desa dan dikumpulkan. Dia meminta seluruh warga memakan sirih pinang dan airnya dikumpulkan. Warna merah dari sirih pinang itu disiram keliling perahu dan kepada warga diminta untuk menyiarkan khabar bahwa Redodori telah meninggal. Mendengar khabar itu, Ndoriwoi yang sudah terlanjur jatuh cinta pada Redodori datang dan menangis mengelilingi perahu milik Redodori yang berlumuran darah sirih pinang. Melihat kehadiran Ndoriwoi dalam wujud manusia yang tidak pernah mereka kenal sebelumnya, Redodori bersama warga langsung menangkapnya. Ndoriwoi kemudian kawin dengan Redodori dan anak keturunan mereka kemudian menjadi penghuni Pulau Ende hingga saat ini. Namun, lanjutnya, selain didiami penduduk asli, Pulau Ende juga didiami oleh penduduk yang berasal dari Luwuk, Bone, Sulawesi.
Abdurahman Aroeboesman mengakui, sejarah masuknya agama Islam di Pulau Ende memang belum dicatat secara baik sehingga saat ini sumber-sumber tentang penyebaran agama Islam di Pulau Ende bahkan Ende secara umum sulit ditemukan. Namun, lanjutnya, Pulau Ende yang pada masa penguasaan Portugis penduduk seluruhnya beragama Katolik, saat ini semuanya menganut agama Islam.
Pulau Ende masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Ende dan merupakan salah satu kecamatan dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Ende. Letak Pulau Ende tepat berada di depan Kota Ende yang adalah Ibukota Kabupaten Ende. Pulau dengan luas keseluruhan 63,03 kilometer persegi ini, saat ini didiami lebih kurang 8.621 penduduk. Pulau Ende memiliki tujuh desa yakni Desa Redodori, Aejeti, Rorurangga, Puutara, Paderape, Rendoraterua, Ndoriwoi dan Redodori. Pulau Ende berada tepat persis di depan Kota Ende. Jarak tempuh dari Ende ke Pulau Ende hanya memakan waktu 45 menit sampai satu jam. Jaraknya diperkirakan sepanjang 65 kilometer atau sebanding dengan jarak Ende ke Kecamatan Nangapanda jika melalui jalan darat.
TABEL LUAS WILAYAH, JUMLAH PENDUDUK DIPERINCI PER DESA DI KECAMATAN PULAU ENDE
D E S A
Luas Wilayah (KM)
Penduduk
Laki-laki
Perempuan
Jumlah
  1. Ndoriwoy
  2. Rendoraterua
  3. Paderape
  4. Aejeti
  5. Puutara
  6. Rorurangga
  7. Redodori
9,53
6,50
4,69
9,73
14,29
14,29
4,00
624
508
538
737
821
500
581
570
572
527
841
816
541
505
1 194
1 020
1 065
1 578
1 637
1 041
1 086
J u m l a h
63,03
4 309
4 312

8 621










Pulau Ende dengan luas yang hanya 63,03 kilometer persegi sangat tidak bisa menunjang kehidupan masyarakat dari hasil pertanian. Lahan yang sempit tidak dapat
ditanami tanaman pertanian dalam jumlah yang besar. Penduduk hanya menanam jagung, ubi dan kelapa. Hasilnya pun tidak seberapa sehingga hanya untuk memenuhi kebutuhan sendiri yang terkadang tidak mencukupi itu. Tanaman lain yang masih dapat dinikmati hasilnya oleh masyarakat adalah jambu mete dan mangga. Namun, tanaman ini juga tidak seberapa sehingga mereka tidak bisa sepenuhnya menggantungkan hidup dari hasil-hasil pertanian. Padahal dari tingkat kesuburan, masyarakat mengakui tanah di Pulau Ende tergolong subur. “Tanam apa saja tumbuh dan bisa menghasilkan dengan baik,” Kata Abdul Madjid Pua Ngepa, warga Pulau Ende.
Haji Muhamad Yasin, pensiunan guru warga Desa Rorurangga mengatakan, masyarakat Pulau Ende merupakan masyarakat mayoritas pelaut yang kehidupannya sepenuhnya bergantung pada hasil-hasil laut. Hasil dari berkebun tidak seberapa dan hanya untuk mencukupi kebutuhan harian. Selain karena lahan yang sempit, ada warga juga tidak punya lahan untuk berkebun. Kalaupun mau berkebun, warga yang tidak punya lahan harus menyewanya kepada pemilik lahan. Satu-satunya sumber penghidupan masyarakat yang tidak akan pernah habis-habisnya hanyalah dari hasil laut. Selain mengharapkan hasil laut, warga Pulau Ende juga menggantungkan hidup dari laut lewat menjalankan usaha taxi laut, perahu penumpang yang oleh warga Pulau Ende lebih dikenal dengan taxi.
Walau hanya menggantungkan hidup dari hasil laut, kata Haji Muhamad Yasin, namun kebutuhan masyarakat tercukupi. Dia mengakui, Pulau Ende memang memiliki keunggulan tersendiri. Hasil laut tidak pernah habis-habisnya walau diambil setiap hari. Bahkan, setiap tahun Pulau Ende selalu menjadi daerah penyumbang jamaah calon haji terbanyak. “Tiap tahun pasti ada calon haji dari Pulau Ende. Hanya satu sekalipun, tetap ada calon haji dari sini,” katanya bangga.
Kehidupan masyarakat yang hanya bergantung dari hasil laut namun terkadang masih disalahgunakan. Memang tidak dapat dipungkiri. Masyarakat nelayan Pulau Ende selalu diidentikan dengan nelayan tukang bom ikan. Di NTT sudah sering warga nelayan Pulau Ende ditangkap aparat dan diproses hukum gara-gara membom ikan. Namun, kebiasaan itu saat ini sudah mulai berkurang dan hanya tersisa di satu dua desa nelayan. Menurut pengakuan Kepala Desa Rorurangga, Juanidi P.S, hampir setiap hari selalu terdengar dentuman bom ikan di perairan laut Pulau Ende. Hanya saja mereka tidak tahu nelayan dari desa mana yang masih menangkap ikan menggunakan bom di perairan laut Pulau Ende.
Omong soal bom ikan, Abdul Madjid Pua Ngepa (50), nelayan dari Dusun Ekoreko Desa Rorurangga bilang, di dalam keluarganya sejak nenek moyangnya dulu, sangat anti terhadap penggunaan bom ikan. Orangtua dulu selalu berpesan agar tidak menangkap ikan menggunakan bom. Kalau menggunakan bom, pesan orangtuanya, kalian tidak bisa bersahabat dengan semua orang. Kalau melihat ada orang berseragam langsung takut karena dikira petugas yang akan menangkap. Menggunakan bom juga membuat rusak lingkungan laut dan itu sama saja dengan membuat susah sesama karena kalau laut rusak hasil tangkapan akan berkurang. Apalagi, nelayan di Pulau Ende rata-rata masih menggunakan alat tangkap sederhana dan tradisional. Sehingga, para nelayan masih menangkap ikan di seputar perairan Pulau Ende. Karena itu, Abdul Madjid Pua Ngepa katakan, orangtuanya selalu berpesan agar tidak boleh menggunakan bom untuk dapatkan ikan.
Kehidupan masyarakat Pulau Ende memang terbilang sederhana. Selama tiga hari tinggal bersama Bapak Abdul Madjid Pua Ngepa, saya begitu merasakan kesederhanaan itu. Kendati memasuki hari raya Idul Fitri, persiapan tidak begitu mentereng. Ada tetangga yang sudah mulai mengecat aneka warna rumah mereka namun keluarga bapak Pua Ngepa memilih merayakannya dengan persiapan yang biasa saja. Ibu Arfah hanya membuat beberapa kue kering untuk disajikan kepada tamu. Dodol yang menjadi penganan khas Pulau Ende tidak dibuatnya.
Keramahtamahan warga Pulau Ende juga sangat terasa. Mereka sangat menghormati tamu. Bahkan kehadiran saya pada saat hari puasa diterima begitu familiar. Semula saya mau tidur di rumah bapak Imam Masjid Nurul Iman, Jaidun Mandar. Namun kemudian pindah lagi ke rumah bapak Pua Ngepa. Saat tiba di Pulau Ende, saya sudah disambut bapak Jaidun Mandar di tepi pantai pelabuhan rakyat.
Walau sudah menolak dibuatkan minum demi menghargai yang sedang berpuasa, toh tetap dibuatkan juga. Memang sudah menjadi adat, setiap tamu harus disuguhkan minum. Saya tetap disuguhkan kopi susu dan dodol khas Pulau Ende. Seorang kerabat bapak Jaidun Mandar yang katanya sudah berbuka lebih dahulu menemani minum sore itu. Sebelumnya, mereka sudah tahu bahwa saya bukan Muslim. Secara pribadi, saya merasa begitu dihargai karena walau sedang berpuasa, toh mereka masih menyiapkan minuman untuk saya bahkan ada kerabat yang sudah berbuka dan menemani saya minum.
Pada titik ini, toleransi masyarakat Pulau Ende sangat tinggi. Walau berada di Pulau yang seratus persen Islam, toh mereka masih menunjukan toleransi bagi sesama saudara yang beragama lain yang datang di Pulau Ende.
Pulau Ende memang unik. Pertama unik karena seratus persen penduduknya beragama Islam. mereka mayoritas di tengah minoritas mengingat NTT dikenal mayoritas beragama Kristen. Kedua, di Pulau Edne tidak ada air tawar. Sumur yang ada di sana airnya berasa payau. Namun sekarang mereka sedikit terbantu dengan hadirnya program penampung air hujan (PAH) dari UNICEF sehingga saat ini semua rumah di Pulau Ende sudah memiliki bak penampung air hujan. Keunikan yang ketiga adalah di pulau ini tidak ada mobil penumpang sehingga satu-satunya alat transportasi adalah sepeda motor ojek. Warga pulau ini dulunya juga terkenal dengan kebiasaan buruk buang air besar (BAB) di pinggir pantai. Tapi, kebiasaan ini kata Kepala Desa Rorurangga, Junaidi P.S kian berkurang. Hal itu karena saat ini semua rumah sudah memiliki jamban yang juga merupakan bantuan dari UNICEF. Tapi kebiasaan itu tidak bisa dihilangkan secara total. Kebiasaan yang sudah lama ada itu butuh waktu untuk menghilangkannya.
Masyarakat Pulau Ende yang seratus persen penduduknya beragama Islam tidak menutup diri terhadap kehadiran orang luar. Ada juga warga dari luar yang beragama lain diterima dengan baik di sana. Ada pegawai pemerintah yang beragama Katolik dan Hindu pernah juga ditempatkan di sana. Mereka juga diterima dengan baik dan bertugas di sana hingga masa tugas berakhir. Hanya saja mereka terkadang mengalami kesulitan. Terutama tempat ibadah karena memang di Pulau Ende tidak ada rumah ibadah dari agama lain. Di sana hanya ada masjid dan langgar. Jumlah masjid yang ada di tujuh desa itu sebanyak 13 dan langgar sebanyak tiga buah.
Menariknya lagi, masjid dan langgar itu dibangun dari swadaya masyarakat walau mereka sadari mengalami keterbatasan ekonomi.
Sebagaimana diakui Imam Masjid Nurul Iman Ekoreko, Jaidun Mandar, masjid Nurul Iman yang direhab merupakan swadaya murni masyarakat. Mereka tidak pernah meminta bantuan dari pihak luar. Bahkan, penduduk di desa tetangga pun tidak pernah dimintai bantuan saat membangun masjid dimaksud.
Penduduk Pulau Ende terbilang sangat menjaga ketentaraman dan hubungan baik dengan masyarakat Kota Ende yang mayoritas bergama Katolik. Penduduk tidak pernah mau mengambil sikap ketika terjadi persoalan yang terkait dengan masyarakat di Kota Ende. Kendati beberapa kali di Kota Ende terjadi perkelahian antar kampung yang menjurus ke persoalan agama, toh penduduk Pulau Ende tidak mengambil urus persoalan seperti itu.
Kehidupan masyarakat Pulau Ende demikian tentram dan damai. Damai menjelang hari raya Idul Fitri. Hujan makin membesar di luar rumah. Waktu telah beranjak memasuki pukul 22.45 saat terdengar alunan irama dangdut menghentak di tengah laut Pulau Ende. Malam takbiran di atas perahu yang sebelumnya sekira pukul 19.00 bergerak dari Dermaga Pulau Ende mengumandangkan takbir shalawat Allah hu Akbar, kini telah berganti dengan irama dangdut yang menghentak membuat suasana malam takbiran dalam perjalanan pulang itu kian semarak.

BNI Ende Serahkan Hadiah Undian BNI Taplus

  • Diraih Nikolaus Mema dari Nangaroro

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

BNI Cabang Ende bertempat di Kantor BNI menyerahkan hadiah BNI Taplus kepada Nikolaus Mema, nasabah dari Nangaroro. Penyerahan sepeda motor hadian undian BNI Taplus ini diserahkan langsung Kepala Cabang BNI Cabang Ende, Ferry Sinaga.

Ferry Sinaga pada kesempatan penyerahan hadiah undian BNI Taplus, Jumad (24/9) mengatakan, selama ini banyak nasabah yang mempertanyakan apakah BNI juga memberikan hadiah kepada nsabah seperti bank yang lain. Menurutnya, BNI dalam setiap periode selalu membagi-bagikan hadiah kepada nasabah yang beruntung.

Dikatakan, program “Rejeki BNI Taplus” dengan tagline tarik rejeki menariknya berarti memberikankesempatan kepada nasabah dan calon nasabah untuk menarik rejeki BNI Taplus dengan melakukan penambahan saldo maupun bertranssaksi. Keistimewaan program ini, lanjutnya adalah pajak hadiah sebesar 25 persen akan ditanggung oleh bank. “Artinya hadiah diberikan bebas pajak bagi pemenang karena pajak sepenuhnya ditanggung BNI,” kata Ferry Sinaga.

Dikatakan, pada saat dilakukan penarikanundian di Jakarta pada 31 Juli yang lalu, salah seorang nasabah BNI Cabang Ende atas nama Nikolaus Mema berkesempatan memenangkan undian berupa satu unit sepeda motor Honda Scoopy sehingga hadiahnya diserahkan langsungkepada yang bersangkutan.

Kepada nasabah BNI yang berada di ruang pelayanan BNI Ende, Ferry Sinaga mengajak untuk terus meningkatkan saldo dan terus melakukan aktifitas perbankan di BNI agar dapat memiliki peluang meraih hadiah pada penarikan undian periode yang akan datang.

Nikolaus Mema, peraih hadiah sepeda motor kepada Flores Pos sebelum penyerahan hadiah mengatakan, sangat senang dengan hadiah yang diberikan BNI Ende ini. pemberian hadiah ini, lanjutnya dirasakan akan sangat membantu meringankan bebannya dalam membiayai sekolah anaknya. Hal itu karena sebelum mendapatkan khabar bakal meriah hadiah undian berhadiah dari BNI dia sedang dililit persoalan keuangan yakni mengurus anaknya kuliah dan urusan adat di Kupang.

Menghadapi rumitnya persoalan itu, dia sempat melakukan upacara memberi makan nenek moyang. Pada saat itu, kepalanya terasa sejuk seperti ada tetesan air di kepalanya. Dia lalu menyentuh kepalanya dan dengan tangannya mengusapnya di dahi. Selang dua hari kemudian dia mendapatkan kahabar dari temannya bahwa dia mendapatkan hadiah undian BNI Taplus.

Dikatakan, hadiah yang dia raih itu merupakan bentuk terima kasih BNI kepadanya karena telah menjadi nasabah di BNI sejak tahun 2006. uang yang disimpan tersebut merupakan uang kiriman dari anaknya yang bekerja di Malaysia. Selain itu, uang simpanan juga berasal dari keluarga dan rekan-rekannya yang mengirim uang dari Malaysia menggunakan rekeningnya. Dari setiap kali pengiriman untuk kiriman di bawah satu juta dia memotong Rp50 ribu untuk uang buku. Sedangkan kiriman di atas satu juta dia memotong Rp100 ribu untuk biaya uang buku. Dari kiriman anaknya dan potongan yang dilakukan itu, lanjut Mema tabungannya terus meningkat dan total tabungan pernah mencapai angka Rp27 juta. Namun kemudian perlahan-lahan berkurang karena diambil untuk kebutuhan biaya sekolah anak. “Sekarang tabungan tinggal Rp9 juta lebihsaja. Tapi saya juga sudah rencana mau buka buku untuk anak karena tabung di BNI sudah buktikan saya dapat hadiah,” kata Mema.

Menurutnya, pilihan menabung di BNI dilakukan karena dia pernah dipersulit saat menyimpan di bank lain. Namun saat menabung di BNI, lanjut Mema, segala urusan lancar dan tidak mengalami kesulitan sama sekali. Apalagi, kata dia, untuk kiriman uang dari Malaysia masuknya lancar dan tidak ada masalah. Karena itu, ke depan dia akan terus berupaya menggunakan jasa BNI untuk menabung dan juga untuk menerima kiriman uang dair anak dan keluarganuya di Malaysia.

Sedangkan motor yang dia terima, kata Mema, akan di bawa pulang ke Nangaroro terlebih dahulu. “Kami bawa pulang dulu di rumah. Di sana baru pikirkan bagiamana. Tapi motor ini nanti saya pakai sendiri tidak mau jual karena ini kenangan dari BNI untuk keluarga saya,” kata Mema.

Pemerintah Siap Diaudit BPK

  • Tanggapan Pemeirntah atas Pandangan Umum Fraksi

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Terkait stersing dari Fransi Partai Amanat Nasional (PAN) menyangkut rekomendasi DPRD Ende tentang audit lanjutna oleh BPK terhadap laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2009, pemerintah telah menindaklanjuti saran Pansus LKPj bupati Ende. Pemerintah telah melakukan perbaikan-perbaikan sebagaimana yang disarankan Pansus khususnya dalam penjelasan tentang catatan laporan keuangan pemerintah daerah dengan melakukan koreksi dan penyesuaian atas pengungkapan aset dan ekuitas dana. Pemerintah Kabupaten Ende juga menyatakan siap untuk diaudit oleh BPK jika BPK melakukan audit lanjutan sesuai rekomendasi Pansus DPRD Ende.

Hal itu dikatakan Bupati Ende, Don Bosco M Wangge saat membacakan jawaban pemerintah atas padangan umum fraksi-fraksi dalam rapat paripurna DPRD Ende, Jumad (24/9). Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Ende, Fransiskus Taso.

Terkait saran Fraksi PAN atas kelemahan dalam sistem pengendalian interen atas laporan keuangan harus menjadi skala prioritas pemerintah ke depan sehingga proses penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah sesuai dengan standar akuntansi pemerintah dan pengelolaan keuangan mendapat tanggapan serius pemerintah. Pemerintah akan mengeluarkan peraturan penjabaran peraturan pemerintah dimaksud dengan peraturan bupati Ende tentang penyelenggaraan sistem pengendalian interen Pemerintah Kabupaten Ende dan mengeluarkan keputusan bupati tentang pembentukan satuan tugas pelaksana sistem pengendalian interen di tingkat SKPD.

Sementara terkait pandangan umum Fraksi Kebangkitan Bangsa terkait dengan ketidakseriusan pemerintah dalam pelaksanaan tugas dan kewajiban penagihan dan pengelolaan pendapatan yang bersumber dari pajak dan retribusi daerah. Terhadap hal ini, pemerintah terus melakukan kegiatan intensifikasi dan ekstensifikasi PAD melalui optimalisasi kegiatan penagihan pajak dan retribusi daerah dengan upaya mendata kembali potensi melalui kegiatan heregistrasi. Ditegaskan, tahun 2010 langkah strategis dan prioritas pendapatan yang dilakukan adalah pembenahan manajemen pemungutan dengan menggunakan sistem informasi yang lebih kredibel dan akuntabel. Sistem informasi diharapkan dapat menyediakan data secara menyeluruh terhadap objek pajak dan objek retribusai daerah.

Langkah lainnya adalah menurunkan tingkat kebocoran pemungutan pajak maupun retribusi daerah melalui peningkatan sistem pemungutan, sistem pengawasan dan peningkatan kesejahteraan. Penagihan kepada penunggak pajak dan retribusi daerah. Akurasi data dan pelaporasn pendapatan daerah. Juga mobilisasi terhadap semua potensi sumber pendapatan masyarakat dan daerah secara berkelanjutan. Optimalisasi peningkatan pelayanan publik melalui dinas-dinas teknis hendaknya berdampak pada peningkatan penerimaan daerah.

Terkait saran Fraksi Kebangkitan Bangsa agar pemerintah kembali menganggarkan uang lauk pauk bagi PNS akan menjadi perhatian pemerintah dan DPRD untuk dibicarakan lebih lanjut pada sidang penetapan APBD 2011.

Soal sorotan fraksi adanya efisiensi 6,47 persen menggambarkan kinerja perencanaan dan pengelolaan keuangan daerah yang tidak akurat pemerintah menjelaskan bahwa dalam merencanakan anggaran belanja, sama sekali tidak berniat untuk mengabaikan amanat peraturan perundang-undangan. Aturan selalu menjadi landasan pijak roda pemerintahan dan karena aturan pula maka apa yang sudah direncanakan terpaksa tidak dapat dilaksanakan. Penganggaran yang ditetapkan dengan peraturan daerah pada setiap tahun anggaran merupakan rencana keuangan tahunan pemerintah yang dibahas dan disetujui secara bersama oleh pemerintah dan DPRD.