07 Juli 2009

Realisasi Penerimaan Dinas Perhubungan Capai 52 Persen

* Optimalkan Empat Sumber Penerimaan
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Hingga akhir bulan Juni, realisasi penerimaan di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ende baru mencapai 52,13 persen dari target penerimaan pada tahun 2009 sebesar Rp354,522 juta atau realisasi mencapai sebesar Rp184,823 juta. Dengan sisa waktu enam bulan ini, dinas optimis dapat mencapai target yang ditetapkan. Untuk bisa mencapai target itu, akan dioptimalkan penagihan retribusi untuk empat suber utama penerimaan yakni retribusi pengujian kendaraan bermotor, retribusi ijin trayek, retribusi parkir dan retribusi terminal.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Infpormatika Kabupaten Ende, Abdullah Ali di ruang kerjanya, Kamis (2/7) didampingi Kepala Bidang Perhubungan Darat, Robiyanto She dan Kepala Seksi Pengujian, Irwan Jafar. Ali mengatakan, memperhatikan realisasi yang telah dicapai senilai Rp184,823 juta tersebut boleh dikatakan sudah memenuhi target semester pertama. Selanjutnya untuk sisa waktu enam bulan ini, dia optimis dapat mencapai target yang sudah ditetapkan sebesar Rp354,522 juta dalam tahun 2009. “Sisa waktu yang ada kita optimalkan untuk penuhi tarhet yang sudah ditetapkan. Saya sangat yakin target itu bisa dicapai karena enam bulan ini sudah capai 52 persen.”

Optimalkan Empat Sumber
Dikatakan, dalam rangka mengejar target yang telah ditetapkan itu, pihak dinas terutama Bidang Perhubungan Darat akan dioptimalkan untuk melakukan penagihan terutama pada empat komponen retribusi seperti retribusi pengujian kendaraan bermotor, retribusi ijin trayek, retribusi parkir dan retribusi terminal. Hingga saat ini, penerimaan dari masing-masing sumber tersebut juga sudah mendekati target yang telah ditetapkan. Untuk retribusi pengujian kendaraan bermotor, pada tahun 2009 ditargetkan sebesar Rp171,072 juta sejauh ini telah terealisasi sebesar Rp100,677 juta. Retribusi ijin trayek yang ditargetkan sebesar Rp30 juta hingga akhir Juni sudah terealisasi sebesar rp13,396 juta. Retribusi terminal dari yang ditargetkan sebesar Rp85 juta telah terealisasi sebesar Rp33,150 juta dan retribusi terminal dari yang ditargetkan sebesar Rp66,950 juta hingga saat ini sudah terealisasi sebesar Rp33,800 juta.

Khusus untuk terminal, lanjut Ali selama ini dinas melakukan optimalisasi penarikan atau penagihan retribusi di enam terminal masing-masing tiga terminal mini dalam kota, terminal Wolowaru, terminal Detusoko dan terminal Maukaro. Sedangkan penerimaan dari retribusi jasa toilet sejauh ini belum dapat dilakukan penagihan mengingat belum ada dasar aturan berupa peraturan daerah yang mengaturnya.

Lakukan Tilang Bersama
Kepala Bidang Perhubungan Darat, L Robiyanto She mengatakan, apa yang dikatakan kepala dinas untuk mengoptimalkan penerimaan dari empat sumber itu patut didukung. Pihaknya akan mendukung kebijakan tersebut dengan terus melakukan aktifitas bersama staf di Bidang Perhubungan Darat melakukan penagihan retribusi. Untuk itu, telah diprogramkan bersama anggota untuk rutin melakukan pemeriksaan kendaraan dan tilang bersama. Pemeriksaan kendaraan akan libatkan tim terpadu dari Satuan lalulintas Polres Ende, UPT Dinas Pendapatan Daerah Perwakilan NTT, Jasa Raharja dan Satuan Polisi pamong Praja. Tiap sektor, kata dia harus saling mendukung untuk untuk bisa menopang peningkatan retribusi agar bisa mencapai target yang disepakati itu.



Tidak ada komentar: