09 November 2013

ETMC mulai Kehilangan Makna

TURNAMEN dua tahunan El Tari Memorial Cup saat ini tengah bergulir di Labuan Bajo, Manggarai Barat. Hanya 14 kabupaten yang mengirimkan tim kebanggaannya untuk mengikuti perhelatan akbar sepakbola NTT ini diusianya yang XXVI. Keikutsertaan tim dalam setiap penyelenggaraan semakin berkurang. Greget ETMC kian tahun kian surut dan hampir kehilangan makna.

Turnamen ini semula bernama El Tari Cup. Namun dalam perjalanan, disempurnakan menjadi Turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC). Turnamen yang digelar untuk mengenang tokoh pemimpin pemersatu mendiang El Tari. Maka, ETMC sebenarnya mau mengangkat dan mengingatkan persaudaran sejati yang merupakan bahasa pemersatu mendiang EL Tari.

Suasana keakraban dan kekeluragaan sesama warga Flobamora harus menjadi garda terdepan dalam setiap perhelatan. Memaknai bunga cinta berarti menjunjung tinggi sportivitas dalam meraih prestasi.

Flobamora yang dicetuskan mendiang El Tari berarti bunga cinta. Bunga cinta yang mempersatukan masyarakat NTT. Cinta ke dalam, cinta kepada sesama, sehingga di sana tidak ada lagi Sabu, Sumba, Rote, Timor, Alor, Flores, dan Lembata. Tetapi di sana adalah Flomabora, NTT.

Apalagi, di tengah krisis yang melanda sebagian besar wilayah di NTT seiring pelaksanaan pilkada, semisal Pilkada Sumba Barat Daya yang harus berujung pertumpahan darah, maka ajang ETMC harusnya menjadi ajang teduh. Ajang mempersatukan masyarakat NTT, masyarakat Flobamora.

Namun, ETMC sebagai ajang bertemunya pesepakbola NTT justru makin kehilangan makna. Persatuan dan kesatuan sebagai bunga cinta, tak lagi menjadi roh. Setiap laga selalu diakhiri kericuhan, tidak saja antarpemain, namun juga antar pendukung.

ETMC lebih dimaknai sebagai turnamen menjadi jawara sejati sepakbola Flobamora. Intrik dan trik dimainkan untuk mendapatkan trofi ETMC.

Karena itu, sudah saatnya semua kita bertanggung jawab mengembalikan ETMC pada makna sesungguhnya. Flobamora tanpa sekat, tanpa ada pembedaan Flores, Sumba, Timor, Rote, Sabu, Alor, dan Lembata. Kita adalah satu Flobamor, satu NTT. ETMC hanyalah wadah untuk semakin mengakrabkan, dan semakin menyatukan segala perbedaan sebagai satu kekuatan membangun NTT. Semoga.

Tidak ada komentar: