09 November 2013

Terobosan Fenomenal Universitas PGRI NTT

UNIVERSITAS PGRI NTT boleh dikatakan sebagai perguruan tinggi swasta yang fenomenal di NTT. Berbagai terobosan tak henti-hentinya dilahirkan. Setelah menabuh gong prestasi, Rektornya yang juga fenomenal Semuel Haning melahirkan terobosan Jaminan Kesehatan Mahasiswa (Jamkesmawa) untuk membantu mahasiswa kurang mampu yang sakit ataupun meninggal dunia. Lembaga ini sebelumnya juga memberikan beasiswa selama kuliah dan beasiswa S-2 bagi salah satu mahasiswanya yang berprestasi dan mengharumkan nama NTT dan Universitas PGRI NTT di ajang nasional dalam Kopertis Wilayah VIII.
Tidak berhenti pada terobosan itu. Dalam wisuda angkatan XIII tahun 2013 ini, Rektor Semuel Haning dengan lembaganya Universitas PGRI NTT kembali melahirkan terobosan fenomenal baru.
Kali ini, Semuel Haning kembali menggebrak dengan terobosan membayar honor lulusan/wisudawan terbaik angkatan XIII untuk bekerja sesuai bidang dan latar belakang pendidikan di lingkup pemerintah kabupaten asal wisudawan bersangkutan. Misalkan wisudawan terbaik seorang guru, maka pemerintah tempat asal wisudawan terbaik diminta memberikan tempat baginya untuk mengajar. Honor selama dua tahun akan ditanggung oleh Universitas PGRI NTT. Setelah dua tahun, pemerintah kabupaten di tempat wisudawan terbaik itu mengabdi diharapkan dapat mengakomodir yang bersangkutan untuk bekerja di daerah tersebut.
Ide ini sepintas memang biasa saja. Namun, ketika melihat banyak universitas di NTT yang lagi dipusingkan dengan izin operasional yang tak kunjung tuntas, Universitas PGRI NTT justru sudah jauh melangkah. Ia tidak sekadar memikirkan keberadaan lembaga. Ia tidak lagi sekadar berpikir izin operasional kampus, namun ia telah berpikir tentang nasib sarjana yang ia hasilkan. Ia tidak mau sarjana lulusan Universitas PGRI NTT menjadi pengangguran intelek. Karena itu, selain mendorong para sarjana membuka lapangan kerja sendiri atau berwirausaha, ia juga tak malu-malu membangun jaringan kerja sama dengan pemerintah kabupaten untuk maksud mulia tersebut.
Langkah fenomenal ini tentunya tidak saja untuk nama besar lembaga karena ia hadir bukan untuk sekadar meramaian pendidikan tinggi di NTT. Namun hadirnya adalah ingin menjadi salah satu universitas berkualitas di NTT.
Karena itu, terobosan ini tentunya akan menjadi daya pacu tersendiri bagi para mahasiswa untuk berprestasi. Karena mereka tahu, di Universitas PGRI NTT selalu memberikan reward kepada mereka yang benar-benar berbuat yang terbaik.

Editorial HU Victory News edisi 19 September 2013

Tidak ada komentar: