19 Januari 2010

Kades Kebirangga Selatan Minta Perbaikan Jalan

* Sudah pernah Dibahas dalam APBD 2010-01-19

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Kepala Desa Kebirangga Selatan Agustinus Mosa meminta perhatian DPRD Ende dan pemerintah untuk melakukan pengerjaan perbaikan jalan di jalur jalan Boafeo-Kebirangga Selatan. Kondisi jalan sepanjang tujuh kilometer tersebut saat ini sangat memprihatinkan dan tidak dapat dilewati kendaraan. Setiap kendaraan yang datang dari Ende tidak bisa sampai ke Kebiranga Selatan dan hanya sampai di Boafeo.


Kepada Flores Pos di gedung DPRD Ende saat bertemu dengan Wakil Ketua DPRD Ende, M Liga Anwar, Sabtu (16/1), Mosa mengatakan, jika tidak secepatnya ditanggapi, kondisi jalan ini akan semakin memburuk dan tidak tertutup kemungkinan ruas jalan ini bisa tidak dapat digunakan sama sekali. Padahal pada wilayah-wilayah yang sulit dijangkau kendaraan seperti di Kebirangga Selatan ini, banyak komoditi pertanian seperti vanili, kemiri, kopra, kakao. Jika kendaraan tidak dapat menjangkau wilayah tersebut, jelas komoditi petani ini sulit dipasarkan. Jika ingin memasarkan hasil mereka baik ke pasar Maukaro maupun ke Ende, masyarakat terpaksa harus mengangkutnya sendiri dengan tenaga manusia. “Kondisi jalan seperti ini sangat menyulitkan kami,” kata Mosa.


Mosa meminta kepada pemerintah dan lembaga Dewan untuk memprioritaskan pembangunan jalan jurusan Boafeo-Kebirangga Selatan pada tahun 2010 ini. Menurutnya, jika pemerintah dapat merealisasikan pembangunan jalan ini maka jalur jalan Nangaba-maukaro bida dileweti kendaraan dengan baik.


Wakil ketua DPRD Ende, M Liga Anwar di ruang kerjanya mengatakan, ruas jalan Boafeo-Kebirangga Selatan tersebut memang merupakan jalur jalan yang menjadi prioritas pada tahun 2010 ini. Hal itu karena alokasi anggaran untuk jalur jalan ini sudah dibahas dan ditetapkan dalam APBD 2010.


Liga Anwar juga berharap, dengan telah dialokasikannya anggaran untuk perbaikan jalur jalan ini maka tahun 2010 ini sudah dapat direalisasikan. Apalagi, kata dia, seperti yang disampaikan oleh kepala desa Kebirangga Selatan bahwa di lokasi-lokasi pada jalur jalan tersebut banyak hasil pertanian yang sulit dipasarkan. Karena itu, katanya, diharapkan agar isolasi ini dapat dibuka sehingga komoditi masyarakat petani dapat lebih mudah dipasarkan dan dapat memberikan dampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Karena menurutnya, sasaran dari pembangunan adalah bisa memberikan dampak secara ekonomi kepada masyarakat di mana adanya peningkatan pendapatan yang dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat.




Tidak ada komentar: