05 Juli 2010

Ketua Kwarda Pramuka NTT Kunjungi Lokasi Jamda

* Gelar Dialog dengan PNS Lingkup Pemkab Ende

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Ketua Kwartir Daerah Pramuka NTT, Lusia Adinda Lebu Raya dalam kunjungan ke Ende berkesempatan meninjau lokasi jamda yang akan dipusatkan di Desa Wologai Tengah Kecamatan Detusoko. Sebelum mengunjungi lokasi jamda, terlebih dahulu menggelar tatap muka dan dialog dengan pejabat eselon II dan istri dan segenap PNS lingkup Pemkab Ende.


Lusia Adinda Lebu Raya pada kesempatan dialog yang digelar di lantai dua kantor bupati Ende, Sabtu (5/6) mengatakan, jambore daerah yang nanti akan dipusatkan di Wologai Tengah Kecamatan Detusoko akan dilaksanakan selama tujuh hari yakni dari tanggal 5-11 Juli. Jamda ke-7 ini akan diikuti 21 kabupaten/kota seluruh NTT. Peserta yang diperkirakan hadir dalam jamda ini yakni sebanyak 1.357. setiap kabupaten dialokasikan 20 mputra dan 20 putri. Sedangkan untuk Kabupaten Ende sebagai tuan rumah diberikan jatah 40 putra dan 40 putri.


Dalam pelaksanaan jamda ini, lanjut Lusia Lebu Raya, akan mengambil tema sehati sesuara kobarkan semangat kebangsaan. Moto yang diusung adalah satyaku kudarmakan, dharmakku kubaktikan.


Dikatakan, dalam setiap pelaksanaan jambore, kendala yang sering dihadapi adalah terkadang pembina dari luar sistem yang ingin melibatkan diri. Kondisi ini terkadang menyuklitkan lagi para peserta yang harus dibebani biaya tambahan. Kendala lainnya adalah terkait distribusi air bersih dan air minum yang selalu kurang mengingat jumlah peserta jambore yang cukup besar. Kendala lainnya yakni koordinasi antar instansi yang terkadang kurang berjalan maksimal. Persoalan pasokan listrik juga terkadang menjadi kendala dalam pelaksanaan jambore.


Untuk itu, lanjutnya, dukungan dari Pemerintah Kabupaten Ende dan Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Ende sangat diharapkan. Dia juga mengharapkan peran serta paguyuban dari setiap kontingewn dari 21 kabupaten di NTT yang ada di Ende untuk mengambil bagian dalam kegiatan ini. paguyuban yang ada diharapkan bisa membantu penerimaan dan memperhatikan para peserta sebelum mereka memasuki bumi perkemahan. “Kita juga mengharapkan dukungan dari seluruh warga masyarakat Kabupaten Ende guna mensukseskan Jamda VII di Wologai Ende,” kata Lusia Lebu Raya.


Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Ende, Achmad Mochdar mengatakan, kwartir cabang Ende baru berusia empat bulan dikukuhkan oleh gubernur selaku ketua majelis pembimbing Gerakan Pramuka Provinsi NTT. Namun dalam usia empat bulan itu, kwartir cabang telah berupaya mengemas kegiatan jambora cabang keempat pada bulan Mei lalu. Lokasi jambore cabang dilakukan di Wologai lokasi mana yang akan dipersiapkan untuk pelaksanaan jamda.


Pada pelaksanaan jambore cabang itu, kata Mocdar, sukses dan mendapatkan dukungan penuh dari dinas, bdan yang terjun langsung sukseskan kegiatan. Bahkan, lanjutnya, pihak swasta juga turut membantu pelaksanaan jambore cabang. Diakui, persoalan air bersih dan listrik memang menjadi kendala utama di lokasi yang akan dijadikan bumi perkemahan. Terkait listrik karena berada jauh dari jaringan listrik dan pemerintah berupaya mendatangkan genzet berkapasitas besar untuk bisa menjangkau penyelenggaraan kegiatan.


Terkait lokasi jamda, kata Mochdar, merupakan tanah yang dipercayakan dan diserahkan mosalaki kepada Pemkab Ende. Lokasi tersebut merupakan lokasi transmigrasi lokal bagi para korban bencana gempa 1992. lokasi jamda merupakan bagian dari lokasi translok tersebut dan lokasi di luar areal translok yang belum terpakai dan dipersiapkan untuk bumi perkemahan ini seluas 6,8 hektare. “Mosalaki mengijinkan dipakai untuk kegiatan pramuka sepanjang waktu selama pramuka membutuhkan,” kata Wabub Mocdar.


Pada kesempatan itu, Wabub Mocdar juga mengatakan, jika saat ini Ende sudah dipercayakan menggelar jamda diharapkan ke depan Ende juga bisa dipercayakan menjadi tuan rumah pelaksanaan jambore nasional. Untuk kepentingan itu, lanjutnya, Kwartir Cabang tinggal mendapatkan dukungan dan bimbingan dari kwartir daerah agar bisa menyelenggarakan jambore nasional di waktu mendatang.

1 komentar:

ScoutAddict mengatakan...

Salam Pramuka !

Salam kenal dari Kedai Pramuka Online
http://scoutaddictindo.blogspot.com/