10 April 2011

PLN Cabang FBB Targetkan Capai Ratio Elektrifikasi 60 Persen

  • Gelar Apel Siaga SUKSES

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

PT PLN Cabang Flores Bagian Barat (FBB) bertekad mencapai target ratio elektrifikasi 60 persen pada tahun 2011 sebagaimana dicanangkan PT PLN Wilayah NTT. PLN Cabang FBB mendapatkan kepercayaan melakukan penyambungan 16.677 pelanggan baru. Untuk itu, akan dilakukan berbai upaya demi mencapai target tersebut.

Hal itu dikatakan Manajer PT PLN Cabang Flores Bagian Barat, Audi R Damal di kantor PLN Cabang FBB, Selasa (1/2) saat memimpin apel siaga SUKSES. Audi mengatakan, pada saat pencanangan GRASS untuk menyambung satu juta pelanggan pada 27 oktober 2010 lalu, PLN Cabang FBB telah bnerhasil melaksanakan tugas menyambung 2.400 pelanggan baru dalam waktu satu bulan.

Atas keberhasilan itu, direksi mempercayakan kepada jajaran PLN Cabang FBB melanjutkan ekerjkaan tersebut melalui gerakan perbaikan ratio elektrifikasi di daerah ini. untuk perbaikan ratio elektrikal tersebut, area kerja PLN Cabang FBB diberikan kepercayaan menyambung 16.677 pelanggan listrik baru.

“Ini bukan pekerjaan mudah, tetapi bukan merupakan hal yang tidak mungkin,” kata Audi.

Seluruh jajaran PLN baik dari sisi pembangkit, jaringan, logistik, pelayanan maupun administrasi sudah mempersiapkan segala sesuatu dengan matang untruk mensukseskan pekerjaan penyambungan listrik baru. Satu hal yang perlu diyakinkan adalah kesiapan mitra dalam menunjang kegiatan ini.

PLN, kata Audi akan terus berupaya agar seluruh masyarakat berkesemptan menikmati listrik. Diakuinya, upaya meningkatkan penyambungan baru memang tidak mudah karena harus memiliki jaringan yang mampu menjangkau seluruh masyarakat. Terkadang, PLN mengalami kendala baik dari masyarakat maupun hutan lindung. Hal itu mengingat, dalam perluasan jaringan, tidak disiapkan dana untuk ganti rugi namun hanya disiapkan dana untuk pengembangan jaringan.

Asisten Manajer Niaga, Martinus Mitang mengatakan, apel siaga SUKSES (sistematis, unggul, kompak, santun, efektif, setia) ini sasaran komtimennya adalah untuk meningkatkan ratio elektrifikasi 60 persen. Ratio elektrifikasi, kata Mitang adalah perbandingan jumlah penduduk berlistrik dengan jumlah penduduk belum berlistrik.

Saat ini, kata dia, untuk PLN Cabang FBB ratio elektrifikasinya telah mencapai 27,97 persen. Sedangkan untuk Ende secara khusus, telah mencapai 51,15 persen. Dikatakan, kesiapan untuk mensukseskan ini yakni dari seluruh elemen baik dari sisi pembangkit, distribusi termasuk perluasan jaringan baru yakni dana dari PLN dan APBN melalui wilayah. Dari sisi niaga, lanjut dia, persiapan pemetaan calon-calon pelanggan, sosialisasi ke calon pelanggan.

Mitang mengatakan, dalam pemasangan baru ini, diberikan kepercayaan melakukan penyambungan baru sebanyak 16.677 juga dari program SEHAN ( super hemat energi) dan diberikan kepercayaan memasang baru sebanyak 35.361 sehingga total keseluruhan menjadi 47.986.

Tidak ada komentar: