06 April 2009

Kantor Pos Mulai Lakukan Pembayaran Dana Bantuan Langsung Tunai

* Prioritas Wilayah Kota Ende
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Sejak Jumad (4/4), Kantor Pos Ende mulai melakukan pembayaran dana bantuan langsung tunai (BLT) kepada rumah tangga miskin yang berhak menerima dana bantuan dimaksud. Pembayaran selama Jumad-Sabtu ini hanya diprioritaskan bagi RTM yang terdapat di dalam wilayah Kota Ende. Sedangkan untuk penerima di luar kota pelaksanaannya baru dilakukan setelah pemilu legislatif 9 April 2009 nanti.
Hal itu dikatakan Kepala Kantor Pos Ende, Kadek Sumardana kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Sabtu (5/4). Suardana mengatakan, pembagian dana BLT kepada penerima sudah dilakukan sejak Jumad (4/4) kepada empat kelurahan masing-masing Paupanda, Mbongawani, Rukun Lima dan Tetandara. Sedangkan untuk Sabtu (5/4) pembayaran dilakukan kepada tujuh kelurahan. Pembayaran di wilayah kota semuanya dipusatkan di Kantor Pos Ende.
Dikatakan, penjadwalan pembagian BLT ini hanya sampai hari Sabtu. Berkaitan dengan pelaksanaan pemilu legislatif maka pelaksanaan selanjutnya belum dapat dilanjutkan. Jadwal pembagian untuk wilayah-wilayah lainnya di luar Kota Ende baru dibuat setelah selesai pelaksanaan pemilu. “kemungkinan setelah 14 April baru kita mulai kembali lakukan pembayaran.” Apalagi, katanya, Kantor Pos Ende wilayah cakupannya cukup luas yakni membawahi Kantor Pos Cabang Ngada, Nagekeo hingga Manggarai Barat. “Tapi kita prioritaskan yang dekat Ende lebih dahulu.”

Gunakan Data 2008
Dalam pembagian BLT tahun ini, masih menggunakan data penerima yang lama yakni data tahun 2008. pembagian diberikan kepada 29.148 rumah tangga miskin. Total dana yang disalurkan sebanyak Rp5,829 miliar. Pembayaran yang dilakukan katanya, untuk dua bulan dan setiap RTM berhak menerima Rp100 ribu ber bulan sehingga dalam pembagian kali ini setiap RTM menerima Rp200 ribu. Pembagian ini, kata Sumardana juga tidak ada kartu baru. Penerima hanya menunjukan kartu lama yang pernah dibagikan tahun 2008 lalu. Jika kartu tidak ada, katanya penerima harus menunjukan bukti diri yang resmid an sah seperti KTP, SIM atau surat keterangan dari aparat pemerintah yang sah.
Kepada penerima, dia mengimbau agar dalam setiap jadwal pembayaran mengikuti setiap aturan yang ditetapkan. Langkah itu perlu agar pembayaran dapat berjalan aman, tertib dan lancar dan mempermudah pelaksanaan pembayaran.

Untuk Beli Makan
Ibu Yuliana Nggula, salah seorang penerima BLT dari Keluarahan Onekore kepada Flores Pos mengatakan, sangat berterima kasih dengan bantuan yang diberikan oleh pemerintah itu. Bantuan dimaksud, katanya akan dimanfaatkan untuk beli makanan. Ketika diinformasikan bahwa pembagian tahun ini hanya untuk dua bulan dan selanjutnya tidak ada lagi bantuan serupa, Ibu Yuliana Nggula katakan dia tidak tahu kalau bantuan ini hanya dua bulan. Yang dia tahu, setelah dibagikan untuk jatah dua bulan ini, nanti akan ada lagi bantuan di bulan-bulan mendatang. Menurutnya, mereka sangat berharap bantuan dari pemerintah. “Kalau bantuan yang baik-baik kami terima yang begini ini. Asal jangan yang jelek-jelek.”

Tidak ada komentar: