06 April 2009

Logistik Pemilu Legislatif Mulai Didistribusikan

* Paling Lambat H-1
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende sejak Sabtu (5/4) mulai melakukan pendistribusian logistic pemilu ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). Pendistibusian awal ini diprioritaskan pada kecamatan-kecamatan yang jauh dan sulit jangkauan trapsortasinya seperti Kota Baru, Maukaro, Maurole dan Ndona serta Ndona Timur.
Hal itu dikatakan anggota KPUD Ende Divisi Logistic Pemilu, Djamal Umar kepada Flores Pos di Sekretariat KPUD Ende, Sabtu (5/4). Dikatakan, pendistribusian logistik pemilu yang dilakukan oleh KPUD sudah dikoordinasikan dengan PPK untuk menerima logistik pemilu.
Djamal Umar katakan, prioritas pendistribusian saat ini adalah PPK yang terjauh dan sulit dari jangkauan transportasi. Pada Sabtu kemarin, logistik yang sudah siap dan langsung didistribusikan adalah untuk PPK Kota Baru, Maukaro, Ndona dan Pulau Ende. KPUD, katanya, hanya mendistribusikan logistik pemilu sampai di tingkat PPK. Pendistribusian selanjutnya ke PPS oleh PPK. “Untuk distribusi lanjutan ini kita sudah koordinasi dengan PPK. Lagian ada dana untuk distribusinya.”

Khawatir Terlambat
Dia mengakui, dengan sisa waktu yang ada jika tidak dimaksimalkan dikhawatirkan logistik pemilu belum dapat didistribusikan sampai hari pelaksanaan pemilu. Bahkan, katanya, hingga Sabtu, logistik pemilu untuk wilayah pemilihan Ende I belum dikemas dan dipak. Jika hanya memanfaatkan tenaga yang ada, dia yakin distribusi logistik pemilu bisa terhambat. Direncanakan akan dilakukan penambahan tenaga untuk membantu mengepak logistik yang ada agar dapat secepatnya didistribusikan ke PPK.
Paling lambat, kata Umar, satu hari sebelum pelaksanaan pemilu semua logistik pemilu sudah tiba di PPK dan didistribusikan ke PPS. Menyangkut daerah-daerah yang sudah menerima logistik pemilu, sudah dikoordinasikan untuk melanjutkan distibusi. Sedangkan menyangkut penjagaan selama berada di PPK dan PPS sudah diatur untuk pengamanan logistik pemilu tersebut. Sedangkan dalam proses distribusi, setiap kendaraan yang membawa logistik pemilu dikawal oleh dua anggota polisi demi keamanan sampai ke tempat tujuan.

Dana Monitoring Sudah Cair
Sekretaris KPUD Ende, Yoseph Woge mengatakan, dana monitoring untuk PPK dan PPS dalam kaitan dengan pelaksanaan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah Kabupaten Ende yang sebelumnya belum dicairkan pemerintah sudah dicairkan. Dana tersebut, katanya telah diterima pihak KPUD Ende dan selanjutnya didistribusikan kepada PPK dan PPS. Dia sangat berterima kasih atas dicairkannya dana itu sehingga dengan pencairan dana itu segala kekhawatiran menyangkut terhambatnya proses pemilu legislatif tidak lagi terjadi.
Berakhirnya pelaksanaan masa kampanye pemilu legislatif di Kabupaten Ende tanpa melalui suatu seremoni seperti pada pelaksanaan pemilu kepala daerah dan wakil kepala daerah yang lalu. Namun memasuki masa tenang pemilu legislatif ini, partai politik dan para calon legislatif secara sukarela mulai menurunkan atribut partai dan alat peraga calon legislatif. Namun ada satu dua bendera partai dan alat peraga calon legislatif yang terpasang di beberapa ruas jalan utama di dalam Kota Ende.

Tidak ada komentar: