22 Juli 2009

Jamu PSNK Nagekeo, PSN Ngada Menang Tipis

* Primus Kadju, Puji Permainan PSN
Oleh Hieronimus Bokilia


Bajawa, Flores Pos
PSN Ngada yang turun bermain dilaga keduanya di Stadion Lebijaga Bajawa menjamu saudara mudanya PSNK Nagekeo hanya menang tipis satu gol. Kedua tim yang memiliki kemampuan rata-rata sama dan merasa bermain di hadapan public sendiri bertaruh habis-habisan mempertahankan gengsi. Namun begitu banyak peluang hanya mampu dimanfaatkan oleh PSN Ngada melalui tendangan first time dari Heru Nery yang mengenai tiang jauh dan bolapun menggelinding masuk gawang PSNK Nagekeo. Keunggulan satu gol atas PSNK Nagekeo ini mengantarkan PSN Ngada memuncaki klasemen sementara dengan poin enam dari dua laga yang sudah dijalani.

Riuh rendah penonton di Stadion Lebijaga Selasa (21/7) kemarin memberikan motifasi tersendiri bagi PSN Ngada yang turun dengan kostum putih-putih. PSNK Nagekeo yang juga mendapat simpati suporter tuan rumah juga memberikan perlawanan sengit. Permainan kedua tim berlangsung dalam tempo cepat. Bola-bola panjang selalu dimainkan kedua tim. PSN Ngada yang diperkuat pemain nasional Heru Nery bermain taktis. Pergerakan Otha Pone, Hendro Toda, Dami Ria dan Kletus Gabhe di setiap lini membuat repot pertahanan PSNK Nagekeo. Solidnya pertahanan Nagekeo yang juga sesekali balik menekan sempat membuat sters anak asuh Jhoni Dopo. Hingga menit ke-40 tak satupun gol yang mampu tercipta.

Heru Nery memang memiliki pengalaman segudang. Tembakan first time-nya tidak mampu ditepis dengan sempurna Billy Ferdin. Bola tips yang membentur tiang jauh lolos dan berhasil merobek jala PSNK Nagekeo. Kedudukan pun berubah 1-0 untuk keunggulan PSN. Berada di atas angin, No Liko dan kawan-kawan semakin meningkatkan tempo permainan. Namun beberapa peluang Otha Pone membobol gawang Nagekeo masih mampu dijinakan Billy Ferdin kiper tangguh PSNK Nagekeo. Keunggulan satu gol bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Primus Kadju pelatih Nagekeo mulai mencoba merombak pola permainan. Masduknya Maxi Kami di pertengahan babak pertama sedikit menghidupkan lapangan tengah Nagekeo. Suplai bola ke Man Busa mulai nampak. Namu kettatnya lini belakang PSN membuat Man Busa dan kawan-kawan tidak dapat berbuat banyak. Kedua tim juga tak jarang saling takel hingga Idris Boli menghadiahi kartu kunig. Menit-menity akhir babak kedua, PSNK Nagekeo justru semakin mempertasjam serangan. Satu serangan yang dibangun dari sisi kanan pertahanan PSN Ngada oleh Edward Togo dan Frans Damasus yang masuk menggantikasn Man Busa nyaris membuahkan gol. Namun hingga berakhirnya pertandingan kedua tim tidak dapat merubah kedudukan.

Mengomentari partai ini, pelatih PSNK Nagekeo, Primus Kadju mengakui kualitas dan performa anak asuh Jhoni Dopo. Menurutnya, kedua tim bermain sangat bagus sehingga kendati kalah tipis dari PSN Ngada namun dia puas dengan hasil yang diraih. Para pemain sudah sangat luar biasa mampu meladeni PSN Ngada yang memiliki skil dan pengalaman.
Jhoni Dopo mengatakan partai yang dimainkan sangat bagus namun PSN Ngada lebih beruntung dalam memanfaatkan setiap peluang gol yang ada. Dengan kemenangan ini, membuat langkah PSN semakin mantap di dua laga terakhir. “Lawan paling berat kita adalah Nagekeo. Bukan berarti mau meremehkan tim lain karena Nagekeo tahu benar karakter PSN Ngada.”

Sementara partai Persami Maumere vs Persesba Sumba Barat di Lapangan Seminari Mataloko berakhir imbang 2-2. Persami Maumere yang unggul lebih dahulu lewat gol Yon Ramba di menit ke-23 dan digandakan kembali oleh Ciu Kleopas di menit ke-42 menjelang turun minum. Namun unggul; 2-0 dibabak pertama tidak mampu dipertahankan anak-anak Nyiur Melambai. Persesba Sumba Barat mampu menyamai kedudukan di menit ke-53 melalui Marsel Zaimot dan Zola berhasil membawa Persesba mencuri satu poin dengan menggandakan gol di menit ke-93. dengan hasil ini, Persami Maumere harus berbagi poin satu-satu degan Persesba Sumba Barat.



Tidak ada komentar: