21 Juli 2009

Raih Prestasi Dalam Persaudaraan Sejati

* Pembukaan ETMC XXV Ngada
Oleh Hieronimus Bokilia
Bajawa, Flores Pos
Gubernur NTT Frans Lebu Raya ancang-ancang untuk melakukan tendangan perdana pada pertandingan pembuka antara juara bertahan yang juga tuan rumah ETMC XXV 2009 PSN Ngada berhadapan dengan Persewa Waingapu di Stadion Lebijaga, Minggu (19/7).




Pembukaan Turnamen El Tari Memorial Cup (ETMC) XXV di Bajawa Kabuapaten Ngada dihadiri 17 tim dari 17 kabupaten di NTT. Pembukaan oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya di Stadion Lebijaga.Dengan moto Meraih Prestasi dalam Persaudaraan Sejati Lebu Raya meminta seluruh tim untuk menjunjung tinggi sportifitas dalam setiap pertandingan. Momen ETMC pada prinsipnya punya tujuan mulia yakni bertujuan untuk mencapai kesehatan untuk jasmani, rohani juga untuk menjaga kebugaran dan kesejahteraan hidup juga untuk memperbaiki prestasi dan prestise. Tetapi yang terpenting adalah untuk merajut kebersamaan, persaudaraan dan kekeluaragaan.

Acara pembukaan ETMC XVV tahun 2009 di Stadion Lebijaga Bajawa, Minggu (19/7) diawali dengan defile pemain dari setiap perserikatan. Daroi 20 kabupaten, hanya 17 kabupaten yang berpartisipasdi dalam ETMC 2009 Bajawa. Tiga Kabupaten yakni Alor, Lermbata dan TTU tidak mengikuti ETMC kali ini. Acara pembukaan dimeriahkan pula dngan atraksi marching band dari SMA Regina Pacis Bajawa dan drum band dari SMAN 1 Bajawa. Selain atrakti tersebut, panitia juga menghadirkan atraksi tenaga dalam dari De Colores Bajawa dan atraksi tarian Ja’i yang melibatkan kurang lebih 1000 penari dari pelajar tingkat SD, SMP dan SMA di Kota Bajawa. Tartian Ja’i menjadi hiburan tersendiri bagi ribuan pasang mata yang memadati acara pembukaan. Para penari menampilkan gerakan-gerakan dinamis dan membentuk formasi yang bertuliskan ETMC 2009. Usai acara pembukaan, acara dilanjutkan dengan pertandingan perdana antara tuan rumah PSN Ngada menghadapi Persewa Waingapu.

Gubernur NTT, Frans Lebu Raya pada acara pembukaan mengatakan, kondisi NTT saat ini masih menghadapi kedala pada sumberdaya manusia dan pengembangan olahraga. Penyelenggaraan ETMC merupakan manifestasi dan kerja keras dalam upaya pembangunan SDM dan olahraga di daerah NTT. Untuk itu Lebu Raya mengharapkan, turnamen ini dapat berjalan aman, kondusif dan berjalan lancar dan bisa sukses dari pembukaan sampai pada acara penutupan nanti.

Kehadiran semua tim, lanjut Lebu Raya disadari dalam setiap turnamen pada prinspinya mempunyai tujuan mulia yakni untuk mencapai kesehatan jasmani, rohani dan kebugaran dan kesejahteraan hidup juga untuk meraih prestasi dan prestise. Lebu Raya mengatakan bahwa kejuaraan tersebut bukan saja menjadi ajang unjuk prestasi dan prestise daerah namun juga menjadi ajang untuk merajut tali persaudaraan sebagai sesama warga NTT.
Karena sebagai ajang persaudaraan maka diharapkan dalam kejuaraan tersebut semua komponen yang terlibat didalamnya baik pemain, wasit, panitia dan juga penonton dapat menampikan sikap yang sportif, elegen dan transparan karena dengan demikian kejuaraan sepakbola tersebut berjalan baik dan sekses hingga babak akhir.

Pada bagian lain sambutanya Lebu Raya menjanjikan pada El Tari Cup tahun 2010 Piala El Tari akan dirubah dari bentuk semula dari kaca menjadi lebih kecil yang terbuat dari kayu cendana ditambah dengan bahan emas sehingga demikian piala tersebut lebih kecil dan praktis namun memiliki nilai lebih.
Usai menyampaikan sambutan, Gubernur Lebu Raya menandai pembukaan Turnamen El Tari Memorial Cup 2009 dengan menekan sirene didampingi Bupati Ngada, Piet Nuwa Wea. Gubernur juga berkesempatan melakukan tendangan perdana pada pertandingan pembukaan antara tuan rumah PSN Ngada dan Persewa Waingapu.

Selain Gubernur NTT, hadir pula dalam pembukaan ETMC XXV 2009 Bajawa Bupati Nagekeo, Yohanes S Aoh, Wakil Bupati Flores Timur, Yosep Lagadoni Herin dan anggota DPRD NTT serta para pejabat eselon II lingkup Setda NTT. Pejabat eselon II Setda NTT pada kesempatan ini melakukan pertandingan eksebisi melawan para pejabat dan Muspida Ngada yang dimenangkan pejabat Setda NTT dengan kedudukan 2-0 melalui gol yang dicetak oleh Andre Koreh dan Stef Bria.



Tidak ada komentar: