21 Juli 2009

PSN Ngada Pecundangi Persewa Waingapu

* Skor Akhir 2-0
Oleh Hieronimus Bokilia
Bajawa, Flores Pos

Piala Bergilir ETMC diarak juara bertahan PSN Ngda
untuk diperebutkan kembali pada ETMC XXV 2009 di Ngada






Raja bola NTT, PSN Ngada membuka langkah awal di ajang ETMC dengan mulus di Stadion Lebijaga Bajawa, Minggu, (19/7), PSN bermain mulus setelah berhasil mempecundangi Persewa Waingapu dengan skor telak dua gol tanpa balasan. Dua gol PSN Ngada masing-masing dipersembahkan Otha Pone lewat gol indah dari sundulan kepala memanfaatkan bola umpan Heru Nery di menit ke-60 dan Kletus Gabhe di menit ke-75 dari titik pinalti.

Bermain di hadapan ribuan penonton tuan rumah dan penonton yang dating dari kabupaten tetangga dan dihadapan semua tim peserta ETMC yang memadati Stadion Lebijaga-Bajawa kesebelasan PSN Ngada langsung bermain agresif membangun serangan. Anak Asuh Jhoni Dopo langsung menekan pertahanan Persewa Waingapu. Umpan-umpan panjang cirri khas PSN Ngada membuat lini pertahanan Persewa harus bekerja keras. Namun di awal pertandingan, permainan PSN sempat belum menemukan pola. Kondisi ini membuat setiap serangan yang coba dibangun No Liko dan kawan-kawan masih dapat dipatahkan Saiful Rahim yang mengawal gawang Persewa.

Usaha PSN Ngada untuk menjebol gawang Persewa selalu berhasil dikandaskan lini pertahanan yang dikawal ketat Agus Ibrahim, Umbu Willy dan Mohamad Adha. Persewa yang bermain aman dengan menumpuk sejumlah pemain di lini tengah dan sesekali balik menyerang namun serangan yang dibangun tidak membahayakan gawang PSN Ngada yang dikawal Hans Dore.

Jhoni Dopo mulai memberikan instruksi agar para pemain melaklukan serangan dngan beberapa fariasi setelah melihat anak asuhnya gagal menembus pertahanan Persewa. Serangan mulai dibangun dari bberapas lini baik dari lini kiri maupun kanan. Usaha tersebut nyaris membuahkan hasil ketika Heru Nerly yang bergerak dari sayap kanan berhasil lepas dari kawalan lini pertahanan Persewa. Namun saying, tendanganya masih melebar di sisi kiri gawang Persewa.
Usaha keras pemain PSN Ngada nyaris membuahkan gol ketika Heru Nerly yang mengambil tendangan bebas melepaskan bola melewati pagar betis pemain Persewa namun kesigapan penjaga gawang, Saiful Rahim dengan menepis bola membuat PSN Ngada gagal menghasilkan gol.

Di menit ke-38, satu tendangan bebas yang dilesakan Ridwan nyaris membobol gawang Hans Dore. Penonton tuan rumah dibuat gugup. Namun usaha kedua tim untuk membuat gol gagal hingga wasit Sahrul Anwar meniup pluti turun minum babak pertama.

PSN yang tidak mau kehilangan muka di hadapan supporter fanatiknya langsung menekan pertahanan Persewa. Pergerakan Otha Pone yang ditopang oleh Jhon “No” Liko dan Heru Nerly beberapa kali nyaris membuahkan gol bagi timnya. Otha Pone berhasil membuka kebuntuan dengan melesekan gol indah elalui sundulan kepala memanfaatkan umpan terukur Hery Nerly dari sector kiri pertahanan Persewa. Gol pembuka di ajang El Tari Memorial Cup 2009 yang diciptakan Otha Pone mendapat pujian dari banuyak pihak dan mengangkat semangat supporter tuan rumah. Gol ini juga membuat semangat juang anak-anak Bajawa mulai meningkat. Serangan demi serangan dilakukan secara bergelombang ke lini pertahananan Persewa.

Persewa yang terus ditekan hanya mampu bertahanan dan sekali-kali melakukan serangan balik yang tidak membahayakan lini pertahanan PSN Ngada. Kletus Gabhe malah kembali membuat Stadion Lebijaga gegap gempita lewat eksekusi gol dari titik pinalti. Penalti diberikan wasit setelah bola yang dilepaskan pemain PSN Ngada menyentuh tangan pemain Persewa di kotak pinalti saat terjadi kemelut di kotak terlarang Persewa.

Persewa berusaha bangkit mengimbangi permainan PSN Ngada namun solidnya lini pertahanan berlapis PSN Ngada membuat lini depan Persewa selalu kandas untuk membuat gol. Hingga pertandingan berakhir kedudukan tetap tidak berubah untuk kemenangan tuan rumah dengan skor akhir 2-0.

Jhoni Dopo usai pertandingan mengatakan, dalam pertandingan tersebut PSN Ngada belum menemukan permaianan yang sebenarnya. Kondisi ini akibat bola, lapangan dan sepatu para pemain masih baru dan belum pernah dicoba. Namun hasil ini membuat dia cukup puas. Dia menjanjikan di laga-laga selanjutnya PSN akan menunjukan permainan yang lebih bagus.



Tidak ada komentar: