26 September 2009

Bantu Masyarakat Kurang Mampu, Haji Sarwo Edi Gelar Pasar Murah

* Antusias Masyarakat Cukup Tinggi
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Menjelang hari raya Idulfitri 1430 Hijriah dan dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu di wilayah Kota Ende, Haji Sarwo Edi H Mohamad menggelar pasar murah di beberapa titik di dalam wilayah Kota Ende. Selain membuka pasar murah, juga diberikan bantuan paket Idulfitri kepada 70 janda di Desa Borokanda.

Haji Sarwo Edi H Mohamad kepada Flores Pos disela-sela acara pasar murah di Lingkungan Arubara Kelurahan Tetandara, Jumad (18/9) mengatakan, kegiatan pasar murah sudah digelar sejak Minggu (13/9) bertempat di Barai Desa Borokanda yang digelar di halaman Masjid Mustaqim Barai. Pasar murah yang digelar di Barai itu, kata Sarwo Edi mendapat tanggapan positif dari masyarakat. “Saya kaget waktu tiba di sana sudah banyak warga yang menunggu. Antusias warga cukup tinggi.”

Dikatakan, pelaksanaan pasar murah di Barai juga diisi dengan penyerahan bantuan dalam hal ini pembagian beras gratis kepada 70 janda. Selain di Barai, pada Rabu (16/9) juga digelar pasar murah di Lingkungan Kampung Baru kelurahan Tanjung. Dilanjutkan pada Jumad bertempat di Lingkungan Arubara Kelurahan Tetandara. Selanjutnya, kata Haji Edi, pasar murah akan dilanjutkan pada Sabtu (19/9) mengambil lokasi di Lingkungan Khorowara Kelurahan Mautapaga.

Dikatakan, barang-barang kebutuhan masyarakat yang dijual di pasar murah yang diselenggarakan ini berupa beras bramo dengan harga relatif murah yakni Rp5000 per kg, tepung terigu dengan harga Rp7.500 per kg juga gula pasir, telur ayam ras, minyak bimoli dan sirup abc. Bagi yang membeli dalam paket terdiri atas beras (2 kg), bimoli (1 botol), gula pasir (1 kg). Selain menjual secara paket, pasar murah juga melayani pembelian per jenis barang kepada masyarakat dengan harga murah.

Haji Edi mengatakan, pelaksanaan pasar murah ini bukan baru pertama dilakukan. Sebelum duduk sebagai anggota DPRD Ende, pasar murah sudah biasa dilaksanakan. Tradisi seperti ini sudah berjalan lebih kurang tiga tahun. Pasar murah, kata dia dilaksanakan dalam rangka menyambut hari raya Idulfitri. Selain itu, pasar murah ini juga merupakan bentuk kepeduliannya kepada sesama warga yang kurang mampu apalagi dengan kenaikan harga yang cukup memberatkan warga di saat hendak merayakan hari raya keagamaan seperti ini. “Pasar murah ini juga sebagai bentuk ingin berbagi rasa kebahagiaan saya dengan sesama warga.”

Dikatakan, sumber dana yang dia pakai untuk memberikan subsidi kepada setiap barang kebutuhan yang dijual secara murah dalam pasar murah ini adalah hasil kerja kerasnya selama ini. Selain itu, sumber dana juga dia ambil dari gajinya yang pertama saat duduk di lembaga Dewan. “Ini adalah nazar saya bagi masyarakat yang membutuhkan. Saya mau tepati janji saya bahwa saya tidak hanya buat pasar murah selama kampanye tetapi setelah saya duduk di Dewan juga saya masih tetap gelar pasar murah.”

Muhamad Saleh Rubu, Ketua RK Arubara kepada Flores Pos mengatakan, pasar murah yang diselenggarakan ini sangat membantu masyarakat kecil apalagi menjelang hari raya seperti ini. Pasar murah yang langsung digelar di kampung, kata dia, warga tidak perlu lagi mengeluarkan biaya atau ongkos transportasi ke pasar untuk belanja kebutuhan hari raya. Dia mengakui, selama ini yang sering turun membbantu masyarakat dengan menggelar pasar murah baru dilaksanakan oleh Haji Sarwo Edi. Pasar murah seperti itu bukan baru kali ini tetapi sudah rutin dibuat oleh Haji Edi. “Kami sangat senang. Beli langsung disini kami tidak keluar uang bayar ojek ke pasar lagi.”




Tidak ada komentar: