19 Desember 2009

Jelang Akhir Tahun 2009, Tingkat Kriminalitas Menurun

* Pengamanan Natal Libatkan 549 Personil Polres

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Tingkat kriminalitas menjelang akhir tahun 2009 mengalami penurunan yang cukup berarti. Dibandingkan dengan akhir tahun 2008 yang lalu, tingkat kriminalitas pada akhir tahun 2009 ini sedikit mengalami penurunan. Kondisi ini diharapkan tetap dipertahankan hingga memasuki tahun baru 2010 mendatang terutama menjelang perayaan hari raya Natal dan tahun baru.

Hal itu dikatakan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ende, AKBP Bambang Sugiarto kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Kamis (10/12) lalu. Menurut Kapolres Sugiarto, kondisi keamanan dan ketertiban di Kabupaten Ende terutama di dalam Kota Ende saat ini kondusif. Tingkat kriminalitas yang biasanya cukup tinggi berangsur menurun. Hal itu dapat terlihat dari jumlah tahanan polisi yang saat ini hanya sebanyak 17 orang. Dari jumlah ini lima orang ditahan karena kasus kecelakaan lalu lintas, empat lainnya merupakan titipan dari Polsek. “Kasus-kasus yang ditangani sedikit. Ini menunjukan adanya penurunan angka kriminalitas. Mudah-mudahan sampai akhir tahun kondusif terus.”

Dikatakan, menjelang perayaan Natal dan tahun baru ini, pengamanan akan terus ditingkatkan. Langkah ini perlu dilakukan guna menjamin keamanan, kenyamanan dan ketertiban selama perayaan hari raya Natal bagi umat Kristiani di Kabupaten Ende. Untuk pengamanan pada hari menjelang perayaan dan pada saat perayaan Natal, kata Sugiarto, akan dilakukan pengamanan pada rumah-rumah ibadat, tempat-tempat umum dan tempat-tempat vital lainnya seperti SPBU, PLN, Bandara dan pelabuhan laut serta di tempat-tempat wisata.

Kapolres Sugiarto mengatakan, perkiraan ancaman keamanan lebih banyak datang dari minuman keras yangmengakibatkan orang mabuk dan bertindak di luar kontrol serta pelanggaran lalu lintas. Untuk itu menjelang perayaan dan pada saat perayaan, petugas akan diplotingkan atau ditempatkan di gereja-gereja bekerja sama dengan pemuda gereja terutama pada saat ada ibadah. Petugas juga akan ditempatkan di tempat-tempat umum dan tempat-tempat vital lainnya di dalam Kota Ende. “Tapi mudah-mudahan amanlah.”

Sementara untuk di Polsek-Polsek di seluruh wilayah kerja Polres Ende, diinstruksikan untuk tetap memantau di lokasi-lokasi longsor terutama jalur jalan Ende-Maumere. Mereka juga diminta untuk berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan terutama dengan Dinas Pekerjaan Umum manakala terjadi longsoran yang dapat menghambat perjalanan. “Kalau ada longsor agar dilapprkan segera dan koordinasi dengan PU (Dinas PU).”

Sedangkan untuk personil yang akan dilibatkan dalam pengaman, kata dia, sebanyak 549 perseonil. Selain dari unsur Polri, pengamanan juga melibatkan instansi penopang lainnya seperti dari Kodim 1602 Ende, Kompi, Satuan Polisi Pamong Praja, Kelompok Masyarakat, LLAJR, RAPI yang semuanya diperkirakan sebanyak 300 personil.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ende, Iptu Sutrisno kepada Flores Pos, Sabtu (12/12) mengatakan, mendukung operasi lilin menjelang perayaan Natal tahun ini, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Ende akan menggelar operasi lilin dalam minggu-minggu ini. Pelaksanaan operasi lilin bakal melibatkan personil gabungan dari beberapa fungsi. Dalam operasi lilin ini lebih dikedepankan adalah unit lalu lintas. Kegiatan pengaturan lalu lintas, kata dia akan lebih ditingkatkan pada pagi dan sore hari terutama di lokasi Pasar Senggol dan di seputar pertokoan di Jalan Kelimutu.

Kegiatan ini, kata Iptu Sutrisno dilakukan dalam rangka menciptakan kondisi yang makin kondusif agar perayaan Natal dan tahun baru nanti dapat terlaksana dengan aman, lancar dan tertib. Selain untuk menjamin kelancaran, ketertiband an keamanan pada hari raya, pelaksanaan ini juga dalam rangka sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Melalui kegiatan ini, kata Sutrisno, masyarakat diharapkan untuk lebih mentaati dan mematuhi peraturan lalu lintas sehingga dapat mengurangi pelanggaran dan tingkat kecelakaan lalu lintas dapat dikurangi.

Operasi lilin yang dilakukan ini, kata dia akan mengedepankan penindakan khusus pada pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan kemacetan arus lalu lintas. Kepada masyarakat juga dihimbau dalam menghadapi perayaan Natal dan tahun baru agar lebih tertib di jalan dan saling menghargai antar sesama pengguna jalan lainnya. “Kita minta masyarakat agar menggunakan helm dan mengikuti isyarat lampu.”




Tidak ada komentar: