06 Januari 2010

Amankan Natal, Polisi Libatkan berbagai Instansi Terkait

* Hari ini Gelar Pasukan

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Dalam mengamankan perayaan Natal dan tahun baru, Kepolisian Resor (Polres) Ende akan melibatkan sejumlah instansi terkait. Jumlah personil yang dipersiapkan baik yang langsung terlibat dalam pengamanan maupun yang bersifat on call sebanyak 549 personil. Untuk mempersiapkan pelaksanaan operasi lilin dimaksud, Polres Ende telah menggelar rapat koordinasi dengan instansi terkait pada Senin (21/12).

Hal itu dikatakan Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Ende, AKBP Bambang Sugiarto kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Senin (21/12). Rapat gelar persiapan operasi lilin dimaksud, kata Kapolres Sugiarto, dihadiri aparat dari Kodim 1602 Ende, TNI AD Kompi C, pihak-pihak gereja, LLAJ, Satpol PP yang dilaksanakan di aula Polres Ende.

Dalam pengamanan ini, melibatkan sebanyak 549 personil masing-masing dari unsur Polres dan Brimob sebanyak 271 perseonil, Satpol PP (30), LLAJ (15), Kodim (60), Kompi (60). Khusus untuk Kodim dan Kompi C, kata Sugiarto sifatnya on call. “Sewaktu-waktu dibutuhkan baru diturunkan,” kata Kapolres Sugiarto.

Dalam perayaan Natal ini, lanjutnya, antisipasi utama yang dilakukan adalah pencemaran hostia atau penodaan agama. Untuk itu, kata dia, dalam rangka pengamanan perlu melibatkan pemuda-pemuda gereja. Hal itu karena mereka lebih mengetahui tatacara perayaan di gereja masing-masing. Dengan melibatkan para pemuda gereja mereka dapat mengamati setiap orang baru yang tidak pernah ibadah di gereja tersebut. Jika ada tindakan mencurigakan mereka bisa langsung bertindak dan bisa membantu aparat pada saat seperti itu. Terkadang kalau ada kejadian kita (polisi) sulit masuk karena sudah terlalu banyak orang.”

Namun, kata dia, dalam rapat koordinasi tersebut, hanya dua gereja yang mngirim utusan. Untuk itu, agar ada kesepahaman dalam proses pengamanan maka dia akan kembali mengumpulkan pemuda-pemuda gereja untuk kembali bertemu. “Kita harapkan panitia gereja dan pihak gereja bantu mengamankan perayaan.”

Dikatakan, untuk kesiapan pelaksanaan operasi lilin nanti, pada 24 Desember akan dilakukan gelar pasukan di halaman kantor polisi. Pada gelar perkara ini, akan dihadiri instansi terkait.

Sebelumnya, Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Ende, Iptu Sutrisno kepada Flores Pos, Sabtu (12/12) mengatakan, mendukung operasi lilin menjelang perayaan Natal tahun ini, jajaran Satuan Lalu Lintas Polres Ende akan menggelar operasi lilin dalam minggu-minggu ini. Pelaksanaan operasi lilin bakal melibatkan personil gabungan dari beberapa fungsi. Dalam operasi lilin ini lebih dikedepankan adalah unit lalu lintas. Kegiatan pengaturan lalu lintas, kata dia akan lebih ditingkatkan pada pagi dan sore hari terutama di lokasi Pasar Senggol dan di seputar pertokoan di Jalan Kelimutu.

Kegiatan ini, kata Iptu Sutrisno dilakukan dalam rangka menciptakan kondisi yang makin kondusif agar perayaan Natal dan tahun baru nanti dapat terlaksana dengan aman, lancar dan tertib. Selain untuk menjamin kelancaran, ketertiband an keamanan pada hari raya, pelaksanaan ini juga dalam rangka sosialisasi Undang-Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Melalui kegiatan ini, kata Sutrisno, masyarakat diharapkan untuk lebih mentaati dan mematuhi peraturan lalu lintas sehingga dapat mengurangi pelanggaran dan tingkat kecelakaan lalu lintas dapat dikurangi.

Operasi lilin yang dilakukan ini, kata dia akan mengedepankan penindakan khusus pada pelanggaran-pelanggaran yang berpotensi menimbulkan kecelakaan dan kemacetan arus lalu lintas. Kepada masyarakat juga dihimbau dalam menghadapi perayaan Natal dan tahun baru agar lebih tertib di jalan dan saling menghargai antar sesama pengguna jalan lainnya. “Kita minta masyarakat agar menggunakan helm dan mengikuti isyarat lampu.”




Tidak ada komentar: