01 Mei 2009

SKPD Lingkup Pemkab Ende Diminta Segera Lepas Proyek

* Dinas PU Maíz Lakukan Desain Teknis
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Satuan kerja perangkat daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Kabupaten Ende yang hingga kini belum melepas atau melakukan proses lelang atas proyek tahun anggaran 2009 diimbau untuk secepatnya melakukan. Jika tidak, keterlambatan itu akan berpengaruh pada pelaksanaan perhitungan anggaran perubahan tahun angaran 2009 dan akan berdampak pada banyaknya proyek yang di-DPAL-kan.

Hal itu dikatakan Ketua Komisi B DPRD Ende, Yustinus Sani kepada Flores Pos, Rabu (29/4). Menurut Sani, Dinas Pekerjaan Umum dan dinas-dinas pengelola anggaran lainnya harus secepatnya melepas dan melakukan proses lelang atas proyek-proyek yang mereka kelola untuk tahun anggaran 2009 ini. Hal itu, katanya perlu dilakukan mengingat penetapan APBD tahun anggaran 2009 sudah dilakukan sejak Desember 2008 yang lalu.

Desember 2008 APBD Ditetapkan
Seharusnya, kata Sani dua bulan setelah penetapan APBD, dinas pengelola anggaran harus sudah mulai melakukan persiapan-persiapan teknis seperti gambar desain pekerjaan yang akan dilakukan. Sehingga, katanya, setelah semua persiapan teknis telah dilakukan proses pelelangan sudah dapat dilaksanakan. Jika sampai akhir bulan April dan awal bulan Mei ini semua proyek belum juga dilelang atau ditenderkan, kondisi itu akan sangat bepengaruh pada pelaksanaan proyek-proyek yang ditetapkan dalam APBD perubahan. Hal ini bisa mengakibatkan akan banyak dana sisa lebih perhitungan (silpad) serta banyak proyek yang dibawa ke tahun anggaran 2010 atau masuk dalam daftar penggunaan anggaran lanjutan (DPAL).

Jika terjadi seperti itu, kata Sani maka SKPD pengelola anggaran yang akan dinilai kinerjanya. Bila banyak proyek yang tidak selesai dikerjakan dan harus masuk DPAL dan akan banyak dana silpa maka kinerja SKPD patut diragukan. Selain itu, kondisi itu menunjukan bahwa kinerja SKPD tidak maju. Untuk itu dia berharap, akhir bulan April atau awal bulan Mei ini semua proyek sudah harus dilelang dan dilepas untuk mulai diekrjakan.

Masih Desain Teknis
Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Agustinus Naga beberapa waktu lalu kepada Flores Pos mengakui hingga saat ini proyek-proyek yang dikelola dinas belum dilepas atau ditenderkan. Belum ditenderkannya proyek-proyek yang ada di Dians PU karena sampai saat ini desain teknis belum selesai dibuat dan masih dalam proses desain gambar kerja. Menyangkut pelaksanaan pelelangan, katanya, kemungkinan pada bulan Mei baru dapat dilakukan. Dia mengakui, belum dilelangnya proyek-proyek itu tidak saja terjadi di Dinas PU tetapi juga terjadi di dinas-dinas pengelola lainnya.


Tidak ada komentar: