23 Juni 2009

Pemilik dan Sopir Travel Kembali Datangi Dinas Perhubungan

* Minta Kembali ke Pangkalan di KM 5
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Sejumlah pemilik travel bersama para sopir travel yang tergabung dalam Solidaritas Majikan dan Pengemudi Travel (Flores Tour ‘n Travel Group) yang melayani rute jalur Ende-Maumere dan selama ini mangkal di KM 5 mendatangi Kantor Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ende. Mereka menolak ditempatkan di pangkalan yang telah disiapkan pemerintah di Simpang tiga Jalan A. Yani depan Toko Cristal. Mereka meminta agar pangkalan yang telah mereka gunakan selama ini di KM 5 arah timur Kota Ende tetap dimanfaatkan sebagai pangkalan travel wilayah Timur.

Dalam aksi damai para pemilik dan sopir travel pada Senin (22/6), selain berdialog mereka juga menyerahkan pernyataan sikap mereka yang diterima Kepala Bidang Perhubungan Darat, Robiyanto She.

Penetapan Atas Kesepakatan
Robiyanto She kepada para pemilik dan sopir travel yang hadir pada saat itu mengatakan, keberatan atas penempatan lokasi pangkalan di Jalan A Yani yang telah disediakan oleh pemerintah wajar-wajar saja yang terpenting disampaikan secara santun. Dia berterima kasih kepada para pemilik dan sopir travel yang datang dalam aksi damai dengan santun. Terkait permintaan agar tempat mangkal yang telah mereka sediakan dan gunakan selama ini di KM 5 tetap digunakan, She katakan permintaan itu sah-sah saja. Namun pihaknya tidak dapat mengambgil keputusan secara sepihak karena penetapan lokasi itu atas persetujuan bupati setelah berkompromi dengan perwakilan pemilik dan sopir travel.

Namun demikian, kata She, permintaan agar untuk sementara kembali menggunakan pangkalan di KM 5 bisa ditolerir namun itu tidak permanen. Hasil pembicaraan itu, akan dilaporkan terlebih dahulu kepada kepala dinas untuk kemudian diteruskan kepada bupati guna meminta pertimbangan. Berbagai alasan yang dikemukakan pra pemilik dan sopir travel dalam dialog akan dijadikan dasar untuk mengajukan permohonan pemindahan lokasi ke KM 5 kepada bupati.

Sudah Siapkan Lahan Sendiri
Solidaritas Majikan dan Pengemudi Travel dalam surat pernyataan mereka yang ditandatangani penasihat I, Riwu Lambertus, Penasihat II Yohanes Vinsensius Pius, Ketua, Agustinus Woge dan Sekretaris P Eventius Langgi, mereka menyatakan tidak menyetujui atau menolak lahan parkir yang telah diberikan oleh Dinas Perhubungan yang terletak di Jalan A. Yani di kompleks Toko Cristal. Mereka menyatakan bahwa telah menyediakan lahan parkir sendiri yang menurut mereka dianggap lebih layak dan memenuhi persyaratan sebagai lahan parkir tetap yang terletak di Jalan S. Hasanudin KM 5.

Para sopir dan pemilik travel juga mempersoalkan pada lokasi yang ditetapkan saat ini di Jl. A. Yani juga tidak memiliki fasilitas memadai seperti WC dan tempat peristirahatan sebagaimana layaknya sebuah agen travel.

Usai berdialog dengan para pemilik dan sopir travel, atas permintaan mereka, dilanjutkan dnegan peninjauan lokasi pangkalan yang telah disiapkan di KM 5. Kabid Perhubungan Darat bersama para pemilik dan sopir travel turun langsung memantau lokasi tersebut.



Tidak ada komentar: