02 September 2009

Belum Pernah Bersidang, 17 Anggota Dewan Berangkat Ikut Orientasi

* Gelombang Kedua Menyusul
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Sebanyak 17 anggota DPRD Ende dipastikan akan mengikuti orientasi di Jakarta. Padahal, sejak dilantik Jumad (27/8) Dewan belum menggelar sidang. Namun mengingat pentingnya kegiatan orientasi dimaksud maka 17 anggota Dewan tetap dijadwalkan berangkat ke Jakarta mengikuti kegiatan orientasi penyusunan susunan dan kedudukan pimpinan dan anggota DPRD serta penyusunan tata tertib DPRD.

Ketua Sementara DPRD Ende, marselinus YW Petu di ruang kerjanya, Senin (31/8) kepada wartawan mengatakan, sejak pelantikan pada Jumad lalu hingga Senin (31/8) Dewan belum mengelar persidangan. Pada Jumad, setelah selesai pelantikan, seluruh anggota Dewan masih disibukan dengan kegiatan internal masing-masing. Sedangkan pada Sabtu keesokan harinya, Dewan hanya datang ke gedung Dewan untuk melihat kondisi yang ada dan pada Senin kembali masuk.

Diakui, pada Senin pimpinan sementara baru menggelar pertemuan dengan pihak Sekretariat DPRD. Dalam pertemuan itu, kata Petu dibahas menyangkut hal-hal yang perlu dijabarkan pihak sekretariat dalam kaitan dengan keberadaan mereka di lembaga Dewan dalam kaitan dengan martabat dan kewibawaan lembaga Dewan. Berbicara soal kewibawaan dan martabat lembaga maka berbicara soal penampilan anggota Dewan, penampilan pimpinan dan seluruh sekretariat serta sarana dan prasana yang ada. Selain itu, dibicarakan juga kinerja baik dalam kerja dan fungsi pelayanan administrasi, persiapan-persiapan penyusunan draf tata tertib dengan mendasari pada peraturan susduk yang baru.

Dikatakan, pelaksanaan rapat perdana di lembaga Dewan baru dijadwalkan untuk digelar pada Selasa (1/9). Rapat tersebut, kata Petu dihadiri anggota dan pimpinan sementara DPRD Ende. Hal-hal yang akan dibahas dalam rapat tersebut adalah menyangkut informasi terkait pelaksanaan tugas sampai menunggu informasi yang pasti terkait susduk dan tata tertib.

Sedangkan menyangkut orientasi yang akan dilakukan dalam dua tahap dan dalam tahap pertama ini 17 anggota Dewan akan berangkat mengikuti orientasi dimaksud, petu mengatakan, orientasi perlu dilakukan. Hal itu karena dari 30 anggota Dewan yang dilantik tersebut didominasi wajah baru dan hanya lima anggota yang lama. Karena itu, keberangkatan mereka bukan semata mengisi kekosongan menunggu kepastian pengundangan susduk namun terutama untuk memberikan bekal pemahaman kepada anggota Dewan terkait susuduk dan penyusunan tata tertinb DPRD nantinya. Selain mengikuti orientasi, kata Petu, keberangkatan 17 anggota Dewan ini juga untuk berkonsultasi ke Departemen Dalam Negeri terkait susduk dan tata tertib Dewan.

Wakil Ketua Sementara DPRD Ende, Fransiskus Taso menambahkan, langkah kegiatan orientasi yang akan diikuti sejumlah anggota Dewan itu bukan asal dilaksanakan. Orientasi itu diatur dengan aturan dan regulasi yang jelas. Jadi, lanjut Taso, keberangkatan sejumlah anggota Dewan ke jakarta mengikuti orientasi tidak perlu dicurigai apalagi sampai menganggap bahwa keberangkatan mereka hanya akan menghabiskan uang daerah. “Soal uang kita jangan bicara. Orientasi itu penting bagi anggota Dewan agar ke depan anggota Dewan memiliki bekal dalam menjalankan tugas kedewanan di lembaga ini.” Selain itu, kata Taso, dengan mengikuti orientasi dimaksud, nantinya anggota Dewan bisa memiliki pemahaman yang sama baik menyangkut pemberlakuan susduk dan tata tertib Dewan juga soal keberadaan mereka di lembaga Dewan.





Tidak ada komentar: