18 September 2009

UKMI Universitas Flores Gelar Buka Puasa Bersama

* Banyak Mahasiswa belum Paham Makna Puasa
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Universitas Flores menggelar kegiatan buka puasa bersama di kampus Universitas Flores. Acara buka puasa bersama ini dihadiri lebih kruang 230 mahasiswa anggota UKMI. Acara ini digelar untuk memberikan pemahaman kepada mahasiswa soal manfaat dan kegunaan puasa juga untuk meningkatkan ulhuwah antara mahasiswa Islam di Universitas Flores.

Ashari Sewnjahari Rawe, mantan pengurus UKMI Universitas Flores disela-sela pelaksanaan acara buka puasa di Kampus I Universitas Flores, Kamis (10/9) mengatakan, pelaksanaan buka puasa bersama itu untuk meberikan pemahaman kepada mahasiswa agar semakin mengetahui manfaat dari puasa bagi kaum muslimin. Langkah itu dipandang perlu mengingat sejauh pengamatannya masih banyak generasi muda khususnya mahasiswa yang belum sepenuhnya memahami makna dari berpausa itu sendiri.

Dikataka, untuk itu dipandang perlu menyongsong bulan suci Ramahdan kalangan mahasiswa khususnya yang ada di UKMI Universitas Flores diajak untuk instrospeksi diri dan mulai menjauhi larangan dan hal-hal yang melanggar perintah agama dalam kehidupan sehari-hari.

Ketua UKMI Universitas Flores, Nursyawal juga mengatakan hal yang sama. Menurut Nursyawal berpuasa tidak hanya menahan lapar dan dahaga tetapi juga sebagai momen membentuk kepribadian yang lebih beriman dan berakhlak mulia. Berpuasa juga dapat memberikan motifasi kepada mahasiwa lebih sabar dalam menjalankan perintah Allah dalam menghadapi berbagai tantangan dalam bulan suci Ramadhan.

Acara buka puasa bersama yang digelar UKMI Universitas Flores ini dibuka dan diawali dengan pembacaan ayat-ayat suci Alquran oleh Ramli Siweti. Acara juga diisi sambutan dari rektor yang dibacakan Ketua BEM Universitas Flores Agustinus Kembari Sumbi. Tausiyah dibawakan oleh Jafar H Abdullah mengangkat topik peningkatan ukhuwah Islamiyah demi mewujudkan insan kampus yang Qurani. Usai tausiyah, acara buka puasa bersama dilanjutkan dengan dzikir dan buka puasa bersama. Acara diakhiri sholat magrib berjamaan dipimpin ustad Jafar H Abdullah.

UKMI Universitas Flores, kata Nusyawal selain menggelar kegiatan buka puasa juga melaksanakan tablik akbar, idul kurban, talim akbar dan bhakti sosial berupa kegiatan pembersihan masjid di wilayah Kota Ende.




Tidak ada komentar: