03 Desember 2009

Dinas Sosial Gelar Sosialisasi HIV/AIDS Bagi PNS

* Bertujuan Menjadikan PNS Agen Informasi

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Menurut rencana, Selasa (1/12) hari ini, Dinas Sosial Setda Ende menyelenggarakan sosialisasi HIV/AIDS kepada pra PNS lingkup Pemerintah Kabupaten Ende. Sosialisasi ini menghadirkan dua pembicara dari provinsi yakni Husen Pankratius (Sekretaris KPA Provinsi NTT) dan Samson E Teron. Pembicara lainnya adalah Wakil Bupati Ende, Achmad Mochdar selaku Ketua Komisi penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Ende.

Demikian dikatakan Sekretaris KPA Kabupaten Ende, Ayub Mithe kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Senin (30/11). Ayub Mithe mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh para PNS unit Pemda Ende, SKPD, para camat dan staf. Pemateri yang akan tampil dalam kegiatan sosialisasi ii, kata dia yakni Sekretaris KPA Provinsi NTT, Husen Panktratius, Samson E Teron dan Wakil Bupati Ende selaku ketua KPA Kabupaten Ende.

Kegiatan sosialisasi ini, kata Mithe bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan kelompok potensial para Pegawai Negeri Sipil (PNS) lingkup Setda Ende tentang HIV/AIDS serta peran serta mereka dalam upaya penanggulangan. Selain itu untuk membangun kepedulian eksekutif dan legislatif dalam upaya mendukung kebijakan anggaran yang mendukung program penanggulangan HIV/AIDS. Sosialisasi juga bertujuan untuk menjadikan kelompok potensial sebagai agen informasi yang dapat menyampaikan masalah HIV/AIDS kepada masyarakat serta menggalang komitmen bersama dalam upaya penanggulangan HIV/AIDS.

Kepala bagian Sosial Setda Ende, Haris A. Madjid mengatakan, jumlah penderita HIV/AIDS terus mengalami penambahan setiap tahun. HIV, kata Madjid telah menjadi epidemi yang mengancam kesehatan dan kehidupan generasi penerus bangsa yang secara langsung membahayakan perkembangan sosial dan ekonomi serta keamanan negara. Sebagaian besar penderita HIV/AIDS adalah kelompok usia produktif dan separuh diantaranya adalah kaum muda. “Lebih menakutkan lagi adalah pola infeksi inter populasi dari ibu ke bayi sudah bukan menjadi hal baru lagi.”

Persoalan HIV dan AIDS, kata Madjid bukan sekedar persoalan kesehatan namun merupakan permasalahan yang sangat kompleks. Masyarakat harus dibuat paham dngan baik dan benar termasuk mereka yang bersentuhan langsung dengan pola hidup yang sangat berisiko. Kabupaten Ende sebagai kabupaten yang berada di tengah Flores merupakan daerah strategis. Peningkatan jumlah penderita HIV/AIDS juga meningkat dari tahun ke tahun di Kabupaten Ende. Kasus yang berhasil dihimpun oleh KPA Kabupaten Ende dari tahun 2000-2009 tercatat sebanyak 35 kasus dengan perincian empat orang HIV, tiga orang AIDS dan 28 orang diantaranya telah meninggal.

Kondisi ini, kata dia tentu menggugah semua pihak termasuk PNS agar sedapat mungkin memperkecil atau menekan jumlah pendeita HIV/AIDS. Langkah ini tentu sulit jika hanya dibebankan kepada pemerintah. Masalah HIV/AIDS telah menajdi masalah dunia sehingga penanganannya juga membutuhkan kerja sama dari semua pihak. Penyuluhan dan pemberian informasi yang baik dan benar mutlak harus secara terus menerus dilakukan. Untuk itu, kata Madjid, Bagian Sosial Setda Ende memandang perlu untuk melakuykan sosialisasi HIV/AIDS dengan kelompok sasaran kali ini kepada kalangan PNS di lingkup Pemerintah Kabupaten Ende.

Untuk diketahui, sosialisasi yang sama tidak baru dilakukan saat ini. Namun, KPA Kabupaten Ende dan Dinas Sosial sudah beberapa kali melakukan sosialisasi di lima kecamatan yakni Nangapanda, Ende, Maurole, Lio Timur dan Kelimutu. Sosialisasi yang dilakukan di lima kecamatan tersebut antusias dari masyarakat cukup tinggi untuk mengikutinya.




Tidak ada komentar: