05 Mei 2011

Dinas Nakertrans Siapkan Keterampilan Para Pencari Kerja

  • Gelar Pelatihan Keterampilan

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam upayanya menyiapkan sumber daya manusia dan keterampilan bagi para pencari kerja yang ada di Kabupaten Ende kembali menggelar pelatihan kejuruan bagi 160 pencari kerja. Pelatihan selama satu bulan itu diberikan agar para pencari kerja dapat diserap di dunia kerja dan dapat menciptakan lapangan kerja sendiri untuk bisa mandiri.

Pelatihan keterampilan tenagakerja program peningkatan kompetensi tenagakerja dan produktifitas kejuruan las, menjahit, komputer, processing, sepeda motor, ukir kayu dan bordir elektronik itu dibuka Asisten II Setda Ende Don Randa Ma di aula LKK Dians Nakertrans, Sabtu (30/4).

Don Randa Ma pada kesempatan itu mengatakan, pelatihan ini sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Setelah memperoleh pelatihan seperti ini dan sudah memiliki ilmu dan keterampilan hendaknya dapat ditindaklanjuti degan membuat usaha sendiri. Ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, diharapkan untuk tidak hanya untuk diri sendiri tetapi dapat ditularkan kepada yang lain. “Kadang setelah kembali ilmu disembunyikan. Waktu ditanya katanya itu rahasia,” kata Randa Ma.

Menurutnya, dengan menularkan ilmu dan keterampilan yang diperoleh selama pelatihan, makin banyak tenaga terampil. Dari situ dapat diajak bekerjasama dalam kelompok. Dengan bekerja dalam kelompok, akan lebih mudah menghasilkan sesuatu juga dapt memudahkan dalam mencari pasar. Dengan bekerja kelompok akan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

Dikatakan, saat masih menjadi kepala Dinas Pertanian, sudah banyak pelatihan yang diberikan kepada kelompok tani untuk pengolahan hasil pertanian. Selama ini banyak hasil pertanian yang dijual keluar daerah dalam bentuk gelondongan. Dengan pelatihan yang diberikan diharapkan hasil pertanian tidak lagi dijual dalam bentuk gelondongan. Ada banyak hasil pertanian yang dapat diolah seperti jagung yang dapat diolah menjadi kerikip atau chips. Ubi, pisang juga dapat dibuat keripik demikian juga dengan labu yang dapat dibuat chips.

Permasalahan di Kabupaten Ende saat ini, kata Randa Ma adalah masih tingginya angka pengangguran. Karena itu, setelah pelatihan ini tidak lagi menjadi penganggur. Ada sebanyak 4.186 pencari kerja yang saat ini terdaftar di Dinas Nakertrans. Kondisi ini terjadi karena rendahnya permintaan tenaga kerja yang berbanding terbalik dengan besarnya pencari kerja.

Dia berharap, dari pelatihan ini para peserta dapat mulai berusaha dengan apa yang dimiliki. Jika sudah berjalan dan mandiri, ada bantuan-bantuan pendampingan dari dinas teknis terkait seperti di Dinas Kopersi dan UKM. “Dengan modal kemauan dan tekad saya harapkan dari pelatihan ini para peserta bisa memulai berusaha. Setelah pelatihan harus bermental wirausaha jangan lagi bermental pengemis,” kata Randa Ma.

Kepala Dinas Naskertrans, Petrus Poto melalui panitia Sunyoto mengatakan, pelatihan diikuti 160 peserta. Pelatihan dilaksanakan selama satu bulan. Pelatihan keterampilan yang diberikan ini diikuti peserta dari pencari kerja dan kelompok-kelompok usaha. Jenis kejuruan yang diberikan berupa kejuruan las, menjahit, komputer, ukir kayu, bangunan kayu, bordir elektronik, sepeda motor dan komputer kejuruan.

Istruktur dalam pelatihan ini adalah para instruktur dari LKK Dinas tenaga Kerja dan Transmigrasi. Dalam pelatihan ini materi pokok dan penunjang dengan 70 persen praktik dan 30 persen teori. Seluruh peralatan latihan, kata Sunyoto dan materi teori dan praktik disiapkan oleh panitia. Panitia juga memberikan biaya transportasi kepada peserta setelah selesai pelatihan. Kepada para peserta nantinya akan diberikan sertifikat. Editor : Syarif Lamabelawa

Tidak ada komentar: