05 Mei 2011

Rumah Makan Cita Rasa Resmi Beroperasi

* Setelah Diberkati dan Diresmikan

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Rumah Makan Cita Rasa di Jalan Kelimutu resmi beroperasi. Pengresmian dilakukan Bupati Ende Don Bosco M Wangge ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti. Pengoperasian rumah Makan Cita Rasa juga diberkati oleh Uskup Agung Ende, Mgr Vincentius Sensi Potokota pada Sabtu (30/4).

Mgr Sensi Potokota pada kesempatan itu mengatakan, kehadiran rumah makan ini merupakan bentuk dukungan bagi Flores yang indah. Selama ini banyak orang datang menikmati keindahan panorama Flores namun tidak ada cita rasa khas yang dapat dinikmati. Kehadiran Rumah Makan Cita Rasa menjadi pendukung untuk membuat Flores semakin memiliki daya pikat dan daya tarik untuk datang dan menikmati panorama Flores. Kehadiran rumah makan ini diharapkan dapat menyiapkan pangan lokal dengan cita rasa modern. Flores terus berupaya untuk menggalakan ini.

DikatakanMgr. Sensi mengatakan, Valens Kale sebagai pemilik adalah seorang guru yang bersama keluarganya bisa sukses dengan membangun usaha ini. Dari sini, hikmah yang dapat dipetik adalah mereka mau sukses dengan hidup dari mengandalkan modal usaha sendiri. Daya jiwa dan resep yang dipercayakan Tuhan harus dikembangkan dan akan mati jika tidak dikembangkan.

Bupati Ende, Don Bosco M Wangge mengatakan, selama ini banyak orang yang datang di Ende mengeluhkan sulitnya menemukan temat makan yang menggugah selera dan cukup baik. Mereka juga kesulitan mendapatkan rumah makan yang buka 24 jam. Rata-rata rumah makan sudah tutup pukul 22.00 malam.

Hadirnya Rumah Makan Cita Rasa harus mampu membuat orang betah. Harus membuat orang sekali makan dan mau datang makan lagi. Banyak rumah makan di Ende yang menyiapkan menu makanan mengiktui selera pemilik. Harusnya, kata Don Wangge, rumah makan menyiapkan menu masakan sesuai selera pengunjung.

Selain itu, rumah makan ini juga harus menyiapkan menu masakan spesifik yang menjadi daya tarik tersendiri bagi pelanggan. “Menu itu milik pelanggan bukan menu sesuai selera pemilik rumah makan,” katanya.

Hadirnya Rumah Makan Cita Rasa, lanjut Don Wangge menambah jumlah rumah makan di Ende. Kehadirannya semakin memberikan pilihan bagi mereka yang mau makan. Dia berharap, usaha ini dapat berkembang baik. Untuk bisa berkembang baik maka dalam menjalankannya harus dilandasi perasaan cinta pada pekerjaan.

Sebelumnya, Atiek Julianingsih mengatakan, rumah makan ini didirikan karena dia dan anaknya memiliki hobi yang sama yakni memasak. Apalagi anaknya yang sudah lulus sekolah pariwisata mau membantu mengembangkan usaha rumah makan.

Mereka terlah menyiapkan sejumlah menu andalan yang dapat menggugah selera makan. Fasilitas yang disiapkan dan pelayanan yang diberikan juga diupayakan sebaik mungkin agar membuat pengunjung betah dan berharap sekali mreka makan di Cita Rasa merka akan kembali untuk menikmatinya.

Acara pengresmian dan pemberkatan Rumah Makan Cita Rasa dihadiri sejumlah kerabat dan undangan lainnya. Tampak hadir selain bupati dan Uskup Agung Ende, hadir juga Sekda Ende, Yoseph Ansar Rera, Asisten III Setda Ende, Abdul Syukur Muhamad dan sejulah undangan lainnya. Editor : Syarif Lamabelawa

Tidak ada komentar: