05 Mei 2011

Dinas PPO Targetkan 73 Persen Tingkat Kelulusan

  • Lakukan Sosialisasi dan Tryout

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Ende menargetkan tingkat kelulusan tingkat SMP dan SMA pada tahun 2011 73 persen.. untuk bisa mencapai target yang ditetapkan ini, dinas terus melakukan sosialisasi, pendataan peserta dan tryout di sekolah-sekolah.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas PPO Ende, Yeremias Bore di kantor bupati Ende, Sabtu (26/2). Yeremias Bore mengatakan, target kelulusan untuk tingkat SMP, SMA/SMk ini merupakan persentase kelulusan yang diperoleh pada tahun ajaran 2008/2009 lalu

. namun pada tahun ajaran 2009/2010 tingkat kelulusan SMP dan SMA/SMK mengalami penurunan yang sangat drastis. Karena itu berbagai upaya telah dilakukan dan untuk tahun ajaran 2010/2011 ini, dinas menargetkan tingkat kelulusan SMP dan SMA/SMK 73 persen.

Sedangkan untuk tingkat SD, dinas menargetkan tingkat kelulusannya 92 persen. Dia berharap, dengan berbagai upaya dan persiapan baik yang dilakukan pemerintah dan bekerjasama dengan satuan pendidikan masing-masing target kelulusan yang sudah ditetapkan ini dpat tercapai.

Dinas bersama satuan pendidikan, kata Bore telah melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah untuk persiapan pelaksanaan ujian. Selain sosialisasi, dinas juga bekerjasama dengan satuan pendidikan menggelar tryout. Sekolah-sekolah juga melakukan tryout di sekolah masing-masing. Tryout yang dilaksnakan itu diharapkan dapat dilakukan beberapa kali sehingga dari setiap pelaksanaannya dapat dievaluasi.

Dikatakan, melihat persoapan di setiap satuan pendidikan yang ada saat ini berjalan cukup baik. Setiap satuan pendidikan sepertinya belajar dari pengalaman tahun ajaran lalu di mana hasil yang sangat merosot sehingga persiapan yang dilakukan tahun ini cukup gencr.

Dia mengatakan, untuk tahun ajaran 2010/2011 ini, mekanisme penentuan kelulusan tidak semata-mata berpatok pada hasil ujian nasional. Penentuan kelulusan tahun ajaran kali ini juga menghargai nilai proses dalam kelulusan. Nilai rapor dan nilai ujian sekolah ditambah dengan hasil ujian nasional yang menentukan kelulusan seorang siswa. “Jadi UN tidak enjadi satu-satunya penentu kelulusan,” kata Bore.

Terkait pendataan pesetrta UN baik dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK, kata Bore sudah dilakukan. Hasil pendataan peserta ujian yang dilakukan yakni untuk tingkat SMP terdapat sebanyak 4.400 peserta. Sedangkan untuk tingkat SMA sebanyak 3000 peserta dan SMK sebanyak 1200 orang peserta ujian nasional. Sementara peserta ujian untuk tignkat sekolah dasar, kata Bore sebanyak 5.700. dengan demikian, total peserta ujian baik dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK di Kabupaten Ende seluruhnya sebanyak 14. ribu peserta.

Tidak ada komentar: