15 Juni 2009

PSSI Ende Persiapkan Tim Perse Berlaga di ETMC

* Pemain Sudah Direkrut
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Pengurus PSSI Cabang Ende hingga kinintelah melakukan persiapan-persiapan tim Perse Ende untuk berlaga di ajang El tari Memorial Cup (ETMC) Bajawa Juli mendatang. Tim pelatih yang akan mengarsiteki Ti Perse Ende sudah ditunjuk dan mereka telah memanggil sejumlah pemain untuk melakukan berbagai persiapan.

Hal itu dikatakan Ketua Harian PSSI Ende, Janto Dharmawan di kediamannya, Jumad (12/6). Dikatakan, untuk pembentukan tim pelatih telah ditetapkan di mana Emil Sadipun sebagai pelatih kepala dibantu dua asisten pelatih masing-masing Dominggus Renggi dan Afrizal Abuwaru. Kepada tim pelatih diberikan kewenangan untuk memanggil sejumlah pemain.

Sesuai pantauan, tim pelatih telah memanggil 31 pemain yang didominasi pemain yang sebelumnya telah memperkuat Perse Ende pada Laga Piala Gubernur beberapa waktu lalu. Selain itu, pemain yang dipanggil adalah para pemain yang diseleksi pada ajang turnamen piala Dandim beberapa waktu yang lalu. Dari jumlah pemain yang telah dipanggil itu, akan kembali dilakukan pemanggilan terhadap sejumlah pemain lagi sehingga total pemain yang dipanggil untuk pemusatan pelatihan sebanyak 40 orang.

Dari jumlah pemain yang dipanggil itu, kata Janto, selanjutnya akan diseleksi oleh tim pelatij selama sesi latihan bersama itu. Idealnya, seleksi akan berlangsung dalam beberapa tahapan hingga menyisahkan 20 atau 22 pemain. “Idealnya satu tim untuk di bawa ke ETMC paling banyak 22 pemain.” Dikatakan, tim pelatih akan berupaya seselektif mungkin melakukan seleksi sehingga pemain yang dibawa adalah para pemain yang benar-benar siap berlaga di ajang ETMC nanti.

Ditanya adanya kemungkinan menaggil pemain dari luar Ende untuk memperkuat Perse Ende, janto katakan, dengan melihat materi pemain yang dimiliki Ende seindiri saat ini, rasanya sudah cukup dengan materi pemain yang ada. Pemain dari luar, kata dia sangat kecil kemungkinan untuk dipanggil karena prinsipnya lebih mengutamakan pemain lokal. “Kita prioritaskan pemain lokal kita dulu.”

Pengamat Bola yang juga pengurus Persami Maumere, Vicky da Gomez kepada Flores Pos mengatakan, berdasarkan hasil drawing ETMC 2009 di Kupang beberapa waktu lalu, telah dilakukan pembagian pool untuk setiap tim yang akan berpartisipasi di ETMS Bajawa nanti. Semua tim telah dibagi ke dalam empat pool masing-masing di pool A bercokol raja bola NTT PSN Ngada, disusul Persewa Waingapu, Perserond Rote Ndao, PS Kota Kupang dan PS Nagekeo. Di pool B ada kuda tua Perseftim Flores Timur, Persemabar Manggarai Barat, Persesba Sumba Barat, Persami Maumere dan Persebata Lembata. Di pool C ada PSKN TTU, Persematim Manggarai Timur, Persim Manggarai, Sumba Barat Daya, dan Persab Belu. Sedangkan di pool D ada Sumba tengah, Perss SoE, Perse Ende dan PSK Kupang.

Melihat hasil drawing di setiap pool ini, dari pool A bakal didominasi PSN Ngada apalagi sebagai tuan rumah yang tidak mau kehoilangan muka di publik sendiri. Di pool B, Perseftim, Persemabar dan Persami akan berjuang keras untuk bisa lolos ke putaran kedua demikian pula di pool C Persim Manggarai yang pernah menjadi juara di kandang sendiri dan Persab Belu yang pernah menjadi runer up tentu akan mempertaruhkan gengsi tidak pulang kampung lebih awal. Sedangkan di pool d, Perse Ende dan PSK Kupang lebih diunggulkan untuk mewakili pool ini melaju ke babak selanjutnya.



Tidak ada komentar: