18 Juni 2009

Jelang Hari Koperasi, Dinas Koperasi dan UKM Gelar Cerdas Cermat

* SMKN 1 Raih Juara Satu
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Menjelang hari Koperasi pada 12 Juli nanti, Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah Kabupaten Ende menggelar aneka kegiatan. Salahs atunya adalah cerdasa cermat koperasi tingkat SMA yang diikuti lima sekolah. Dari lima sekolah yang berpartisipasi pada kegiatan ini, SMKN 1 keluar sebagai juara pertama disusul SMA Islam Mutmainah sebagai juara dua, juara tiga SMAN II Ende. Juara satu pada cerdas cermat ini akan mewakili Kabupaten Ende pada lomba cerdas cermat tigkat provinsi yang akan diselenggarakan di Kabupaten Flores timur.

Ketua Panitia, Wilhelmus Wangga diawal dan diakhir pelaksanaan lomba cerdas cermat yang digelar di lantai dua Kantor Dinas Koperasi, Selasa (16/6) mengatakan, penyelenggaraan lomba cerdas cermat ini merupakan satu dari sekian kegiatan yang telah dirancang panitia. Sebelumnya, telah diselenggarakan sejumlah kegiatan seperti penilaian koperasi berprestasi, pendidikan koperasi dan nanti akan digelar pula workshoop tentang perkoperasian. Kegiatan-kegiatan lain akan digelar pada waktu-waktu mendatang.

Diikuti Lima Sekolah
Terkait penyelenggaraan cerdas cermat, lanjut Wangga, diikuti oleh lima sekolah dari enam sekolah yang mendaftar. Lima sekolah tersebut yakni SMAN II Ende, SMA Taruna Vidya, SMA Islam Mutmainah, SMKN I Ende dan SMA Alsiora. Masig-masing sekolah diwakili oleh tiga peserta. Kegiatan ini, kata dia, selain untuk memeriahkan hari koperasi juga dalam rangka mendukung program pemerintah mewujudkan Ende sebagai kabupaten koperasi.

Dikatakan, melihat hasil pelaksanaan lomba, masih banyak hal yang perlu dievaluasi dan dibenah ke depan. Terkait materi yang diberikan yang masih dalam lingkup koperasi, banyak yang belum dipahami oleh para peserta lomba. “Kalau pelajari benar pasti bisa jawab.” Kesiapan peserta, kata dia rata-rata sama di mana belum maksimal mempersiapkan diri. Kekompakan tim dalam lomba juga masih sangat kurang terlihat masih ada yang hanya hadir tanpa memberikan kontribusi pada saat lomba.

Kepada sekolah dari SMKN 1 Ende yang keluar sebagai juara satu dan akan mewakili Ende ke tingkat provinsi, Wangga berpesan agar kembali mempelajari materi-materi yang menjadi pertanyaan dalam lomba tersebut agar lebih siap mengikuti ajang perlombaan mendatang.

Motifasi Siswa Berkoperasi
Kepala Bidang Pengembangan Koperasi pada Dinas Koperasi dan UKM Ende, Mari Luis kepada Flores Pos mengatakan, keterlibatan sekolah dalam pelaksanaan lomba ini untuk mendorong dan memotifasi siswa dan lembaga pendidikan bahwa proses berkoperasi dimulai dari bangku sekolah. “Lembaga pendidikan dijadikan laboratorium perkoperasian.”

Dikatakan, dari sisi koperasi siswa (Kopsis) di Kabupaten Ende, dari sejumlah sekolah baik dari tingkat SD-SMA/SMK Cuma satu Kopsis yang eksis dan berjalan yakni Kopsis Maju di SMKN 1 Ende yang diberi pengakuan pada tahun 2007. melalui pelaksanaan lomba ini, kata dia, sekolah dan lembaga pendidikan didorong untuk mendirikan koperasi siswa di sekolah-sekolah.

Pada kegiatan pembukaan mewakili kepala dinas, mari Luis juga berpesan kepada empat sekolah peserta lomba yang belum memiliki koperasi untuk kembali dan mulai emndorong pendirian koperasi siswa di sekolah masing-masing. Para guru didorong untuk memotifasi OSIS dan Komite Sekolah untuk mulai mengembangkan kopsis di masing-masing lembaga pendidikan. Koperasi siswa, kata dia sangat penting karena berguna bagi siswa setelah tamat. “Mereka bisa berwirausaha karena sudah belajar koperasi dan organisasi di sekolah.”

Selain itu, kata dia, dengan berkoperasi dapat membentuk pribadi siswa untuk berwirausaha. Berkoperasi juga mendukung mereka dalam bermasyarakat karena mereka akan menjadi tokoh-tokoh muda yang punya keterampilan berorganisasi di masyarakat. Mengikutsertakan sekolah dalam membangun koperasi siswa di sekolah akan memperoleh dampak positif di mana bisa membangun karakter dan kompetensi serta menyiapkan siswa siap terjun ke masyarakat. Dinas, kata dia berkewajiban mendampingi dan memfasilitasi melalui penyiapan pinjaman dan bimbingan teknis kepada koperasi siswa.

Hasil lengkap lomba cerdas cermat juara 1 SMKN I (nilai 530), juara 2 SMA Islam Mutmainah (440), juara 3 SMAN 2 (375), juara harapan 1 SMA Taruna Vidya (165) dan juara harapan 2 dari SMA Alsiora dengan nilai nol akibat salah menjawab pertanyaan dibabak rebutan sehingga nilainya dipotong.



Tidak ada komentar: