15 Juli 2009

Sekda Ende Akan Diseleksi dari Seluruh Kabupaten di NTT

* Pejabat Golongan IVC yang Memenuhi Persyaratan
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Bupati Ende, Don Bosco M Wangge mengatakan, sejauh ini Pemerintah Kabupaten Ende belum mengusulkan nama untuk diseleksi menjadi sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Ende. Namun untuk figur sekda, pemerintah akan melakukan seleksi terhadap seluruh pejabat golongan IVC yang memenuhi syarat di kabupaten-kabupaten yang terdapat di wilayah Provinsi NTT. Pejabat yang memenuhi persyaratan nantinya akan diusulkan ke provinsi untuk diseleksi.

Hal itu dikatakan Bupati Don Bosco M Wangge di ruang kerjanya, Senin (13/7) menjawab pertanyaan para wartawan terkait proses pengusulan sekda Ende. Dikatakan, untuk dapat mengusulkan nama-nama calon sekda ke provinsi, pemerintah terlebih dahulu duduk bersama untuk membaicarakannya. Hasil dari pembicaraan bersama di tingkat kabupaten itu baru diusulkan ke provinsi. “Kita akan duduk bersama untuk diusulkan segera.”

Tidak Harus Putra Daerah
Ditanya soal figur yang akan diusulkan apakah memprioritaskan putra daerah, Bupati Don Wangge mengatakan bicara soal figur sebenarnya belum waktunya dibicarakan karena belum dibicarakan bersama. Namun secara pribadi, kata Bupati Don Wangge calon sekda nanti akan diambil dari semua kabupaten yang memenuhi persyaratan. “Jadi tidak ada harga mati harus dari Ende. Tapi yang terbaik disodorkan ke pak gubernur.” Bupati menegaskan dia tidak melihat soal putra daerah tetapi yang terpenting baginya adalah adanya kemauan untuk mengabdi untuk daerah ini. Jadi figur yang dapat menjadi sekda Ende adlah figur yang memenuhi syarat secara kepangkatan dan golongan di mana sudah golongan IVC dan meneuhi syarat-syarat yang diwajibkan.

Dari nama-nama pejabat yang diseleksi dari setiap kabupaten itu, lanjutnya akan dilihat kembali nama-nama yang memenuhi persyaratan. Dari situ pemerintah akan mengusulkan tiga nama kepada gubernur untuk dilakukan proses seleksi di provinsi. Para calon tersebut, nantinya akan memaparkan visi dan misi di hadapan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) Provinsi NTT dan dari hasil itu baru dibuat pengurutan yang terbaik dari hasil fit and proper test dimaksud. Dari ahsil tersebut baru diusulkan ke Menteri Dalam Negeri untuk ditetapkan.

Bupati Don Wangge sempat menyebutkan beberapa nama pejabat yang memenuhi syarat kepangkatan dan golongan seperti Yos Biron Aur, Agus Harapan, Stef Manafe, Yos Mamulak, Dominikus Minggu Mere, Yos Ansar Rera, dan banyak nama lain. Nama-nama tersebut, katanya adalah mereka yang dikenal baik memiliki kemampuan dan bisa bekerja sama. Menurutnya, Ende tidak boleh membatasi diri hanya melirik figur dari putra daerah. Menurutnya, dengan memilih calon sekda dari kabupaten lain justru akan memberikan nilai tambah terutama dalam kaitan dengan kerja sama antar kabupaten. “Mungkin dengan ini ke depan bangun kerja sama antar kabupaten lebih mudah.”

Patut Didukung
Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten Partai Demokrasi Kebangsaan Ende, Gaspar Gatot kepada Flores Pos, Selasa (14/7) mengatakan, pilihan bupati untuk tidak memprioritaskan putra daerah dalam proses seleksi sekda tetapi melibatkan para pejabat yang memenuhi syarat dari setiap kabupaten perlu didukung. Menurut gatot, kebijakan seperti itu merupakan langkah maju yang perlu diapresiasi positif karena dengan demikian menunjukan bahwa Ende membuka diri bagi siapapun yang berkehendak baik membangun Ende. Terpenting menurut Gatot, adalah pejabat yang akan dipercayakan sebagai sekda baik itu putra daerah Ende maupun yang direkrut dari kabupaten-kabupaten lain di NTT memiliki kesamaan visi dan misi dengan bupati dan wakil bupati Ende dalam membangun Kabupaten Ende menuju Ende Lio Sare Pawe. “Jangan sampai bupati jalan sendiri sekda jalan sendiri.”



Tidak ada komentar: