28 Juni 2010

Lima Atlit Shoto-Kai Ende Siap Berlaga di Kejurnas Makasar

* Dilepas Sekda Ansar Rera

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Lima atlit karate dari perguruan Shotokan Karate-do Indonesia (Shoto-kai) Cabang Ende menyatakan kesiapan mereka untuk mengikuti ajang pemusatran latihan di Surabaya dan siap untuk berlaga di ajang kejuaraan nasional (Kejurnas) karate di Makasar. Keberangkatan mereka dilepas Sekretaris Daerah (Sekda) Ende, Yoseph Ansar Rera di ruangkerjanya, Rabu (2/6).

Ansar Rera di hadapan para atlit dan pelatih sebelum acara pelepasan terlebih dahulu meminta para atlit untuk memperagakan jujur-jurus karate dalam kata peroangan dan kata beregu. Kepada para atlit dan pelatih, Ansar Rera mengatakan, melihat gerakan para atlit dalam memperagakan jurus nampak sangat bagus karena menunjukan kekuatan dan semangat. Dia berharap kekuatan dan semangat yang ada tetap dipertahankan saat mengikuti pelatihan di Surabaya dan jika lolos ke kejurnas dapat menampilkan yang terbaik.


Pemerintah, lanjutnya, sangat mendukung berbagai kegiatan olahraga karena olah raga merupakan bagian dari kehidupan manusia. Kepada para atlit, dia berharap agar mengikuti pemusatan latihan secara sungguh-sungguh agar bisa terpilih mengikuti kejurnas di Makasar. “saya berharap semua bisa ikut kejurnas di Makasar. Memang tidak bisa langsung juara tetapi usaha menempa diri dengan bertanding. Syukur kalau satu kali bertanding langsung bisa raih prestasi,” kata Ansar Rera.


Ketua Majelis Sabuk Hitam Shoto-Kai Ende, Agus Raja mengatakan, lima atlit yang terpilih ini merupakan atlit yang telah mengikuti pemusatan latihan selama satu bulan lebih. Mereka yang terpilih ini merupakan yang terbaik dan benar-benar mengikuti pemusatan latihan secara penuh.


Kelima atlit yang diberangkatkan kata Raja antara lain, Maria Cs Fernandez (Siswi SDK Ende 2), Oktaviani Tiodora Gete (siswi SDK Ende 3), Ida Hubertin Kedhi (siswi SD Inpres Onekore 5), Enjelina Edithia Ere (siswi SD Inpres Ende XIV) dan Sebastianus Racardus Nago (siswa SD Inpres 16 Perumnas).


Ara atlit ini jika lolos ke kejurnas nanti, lanjut Raja akan bertanding di kelas usia dini 8 dan 9 tahun putri komite kelas bebas dan kata perorangan, kelompok prapemula usia 10 dan 11 tahun putra/putri komite kelas bebas dan kata perorangan.


Ketua Harian Shoto-Kai Cabang Ende, Daniel Kusnadi mengatakan, kelima atlit yang diberangkatkan ini jika nanti lolos ke kejurnas di Makasar, tidak dibebankan dengan target. Apalagi, mereka merupakan atlit pemula yang baru pertama berlaga di ajang kejuaraan apalagi bertaraf nasional seperti itu. Hanya saja dia berharap, mereka mampu bertanding dan menunjukan kemampuan yang maksimal demi mengharumkan nama Ende di mata nasional.


Para atlit yang diberangkatkan, lanjut Daniel akan didampingi tiga pelatih masing-masing Simpae Agus Raja, Fian Tena dan dia sendiri. “Kami bertiga yang akan mendampingi mereka. Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat agar kami bisa pergi dan pulang dengan selamat,” kata Daniel.

Tidak ada komentar: