23 Mei 2009

Lima Pejabat Tempati Staf Ahli, Tiga Non Job

* Pelantikan Pejabat Eselon II dan III Lingkup Pemkab Ende
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Setelah dilantik dan mulai menjalankan tugas, Bupati Ende, Don Bosco M Wangge menegaskan akan melakukan mutasi pejabat eselon II pada 1 Mei 2009. Setelah melalui proses panjang, Bupati Don Wangge akhirnya melantik pejabat eselon II dan pejabat eselon III lingkup Pemerintah Kabupaten Ende. Dari pelantikan pejabat eselon II dan III ini ada pejabat yang dimutasikan dan menempati jabatan baru dan ada pejabat yang dipromosikan dari eselon III ke eselon II.

Lima pejabat yang selama ini dipercaya memimpin dinas, badan dan kantor, masing-masing Agustinus Ambi, Anton David Dalla, Fransiscus Lasa, Abraham Badu dan Thom R. Benge, dimutasikan dan menempati posisi baru menjadi staf ahli bupati Ende. Sedangkan tiga pejabat lainnya masing-masing Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informastika, Mansyur Do, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Agus Naga dan Sekretaris DPRD Ende, Musa Djamal tidak diberikan jabatan baru atau non job pasca pengisian jabatan yang mereka tempati selama ini.

Selain melantik pejabat eselon II dan III, pada kesempatan pelantikan di lantai dua kantor bupati Ende, Jumad 922/5) itu, dibacakan pula keputusan pemberhentian sementara Sekretaris Daerah Ende, iskandar Mohamad Mberu. Serta keputusan pengangkatan Bernadus Guru yang saat ini menjabat Asisten III Setda Ende sebagai pelaksana tugas (Plt) Sekretaris Daerah Kabupaten Ende.

Pada pelantikan yang dilakukan tersebut, ada sejumlah pejabat eselon II yang diturunkan eselonneringnya seperti Kepala Badan Kepegawaian Daerah Mango Magnus yang menempati salah satu jabatan di Dinas Perikanan dan Kelautan. Kepala Badan Litbang, Gati Gabriel menjadi Sekretaris di Dinas Perhubungan. Tili Anfridus yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah menempati posisi baru sebagai Sekretaris pada dinas yang sama.

Reformasi Birokrasi
Pelantikan dilakukan oleh Bupati Ende, Don Bosco M Wangge di lantai dua kantor bupati Ende, Jumad (22/5). Dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah pejabat eselon II dan III, Bupati Don Wangge menegaskan, terdapat empat prioritas yang dikedepankan dalam kepemimpinan yakni reformasi birokrasi, penegakan supremasi hukum, peningkatan kualitas pelayanan dan pembangunan. Terkait reformasi birokrasi, katanya, akan disusul dengan perampingan birokrasi dan penyesuaian jabatan. Terkait reformasi birokrasi dan mutasi jabatan, kata Bupati Don Wangge, pada mutasi yang lalu hanya mengacu pada kemauan indifidu tanpa erujuk pada aturan. Mutasi, kata dia hanya atas kemauan Baperjakat (Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan). Banyak pejabat senior yang dikesampingkan dan pejabat junior yang dipercaya menduduki jabatan. Mutasi kali ini, tegasnya, disesuaikan dengan daftar urutan kepangkatan (DUK) yang selama ini diplesetkan menadi daftar urutan keluarga atau daftar urutan kedekatan.

Ditegaskan, dalam mutasi ini, terdapat tiga pejabat yang baru golongan IV-A dipercayakan menempati jabatan eselon II. Ketiganya, kata dia mempunyai kemampuan dan keahlian khusus seperti di Dinas Kesehatan, Pekerjaan Umum dan Dinas Perikanan dan Kelautan. Penempatan pejabat, didasarkan pada kompetensi yang dimiliki dan dipandang cakap. Sesuai dengan syarat jabatan seperti DUK dan setelah melihat DUK akhrinya melakukan penataan ulang dan mengembalikan pada habitatnya. “jadi kepala jangan taruh di kaki dan kaki taruh di kepala.” Persyatan lain seperti kualifikasi ijasah juga menjadi perhatian dalam penempatan pejabat. “Jangan lagi di dinas PU SH. Apa yang dia tahu di sana?”

Tekankan Moralitas Pemimpin
Persyaratan lainnya, lanjut Bupati Don Wangge adalah kualitas keahlian dan kemampuan, loyalitas dan kerja sama dengan pimpinan, moral. Terkait moral, bupati beberapa kali menekankan hal ini. “Bagaimana anda bisa jadi pemimpin kalau kandang kambing dijadikan pelaminan. Apa yang bisa dijadikan contoh kepada staf kalau jalan raya dijadikan pelaminan pengantin. Kalau lurus sesuai aturan ini ada yang tidak dipromosikan.” Ke depan, dia berharap para pejabat yang dipercayakan bisa memperbaiki diri dan untuk bisa memperbaiki diri harus dimulai dari diri sendiri.

Ditegaskan pula, pada semua jabatan yang dipercayakan, tidak ada tempat basah dan tempat kering. Tempat basah, katanya kecuali disiram sendiri atau dikencing di atasnya. Ditegaskan pula bahwa selama masa jabatannya, tidak ada pejabat yang menduduki jabatan sampai tiga tahun. Selama ini, katanya, banyak pejabat yang dimutasi tapi ada pula yang duduk tenang karena penuh dengan KKN.

Diakhir sambutannya, Bupati Don Wangge menyampaikan proficiat kepada para pejabat baik eselon II maupun eselon III yang dilantik dan berterima kasih kepada pejabat lama atas pengabdian di unit kerja masing-masing selama ini. Dia juga menyampaikan permohonan maaf jika mutasi kali ini tidak memuaskan semua karena tentu tidak memuaskan.

Siap Mengabdi
Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Anton David Dalla yang sebelumnya menjabat Inspektur Inspektorat Kabupaten Ende kepada Flores Pos usai pelantikan mengatakan, atas jabatan baru sebagai staf ahli bupati bidang pemerintahan yang telah dipercayakan kepadanya dia siap menerimanya. Sebagai staf ahli bidang pemerintahan yang telah dipercaya oleh bupati dia akan bekerja sesuai tugas pokok dan fungsinya sebagai staf ahli. Prinsipnya, kepercayaan yang telah diberikan akan dijalankan degan baik dan bekerja sungguh untuk membantu bupati dalam pelaksanaan pemeritnahan selama lima tahun ke depan dan selama masih dipercaya oleh bupati.

Dari sejumlah pejabat yang dimutasi dan dipromosikan itu terdapat sejumlah pejabat eselon II yang tetap dipercayakan menempati posisinya yang lama. Antara lain, Asisten I Hendrikus Seni, Asisten II, Don Randa Ma, Asisten III Bernadus Guru. Kepala Dinas Kesehatan, Agustinus G. Ngasu, Kepala badan Perencanaan Pembangunan, Dominikus M Mere, Kepala Dinas Sosial, Marni Kusumo, Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah, Siprianus Reda Lio dan Kepala Badan Kesbanglinmas, Gabriel Tobi Sona.

Tabel Pejabat Eselon II yang Dilantik

No. Nama Pejabat Jabatan Baru

1. Agustinus Ambi Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik
2. Anton David Dalla Staf Ahli Bidang Pemerintahan
3. Abraham Badu Staf Ahli Bidang Pembangunan
4. Fransiscus Lasa Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM
5. Thom R. Benge Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Keuangan
6. Sebastianus Suka Damai Sekretaris DPRD Ende
7. Fransiskus Hapry Kadis PPO
8. Abdullah Ali Kadis Perhubungan, Informatika dan Telekomunikasi
9. Yos Mario Lanamana Pj Kadis PU
10. Agustinus Wale Wae Kadis Koperasi dan UMK
11. Ana Ani Labina Kadis Kebudayaan dan Pariwisata
12. Wilhelmus Enga Pj Kadis Perikanan dan Kelautan
13. Petrus Poto Kadis Nakertrans
14. Mohamad Saleh Thamrin Kadis Kependudukan dan catatan Sipil
15. Flavianus Senda Kadis Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan
16. Woge Yosef Kaban Penanaman Modal Daerah
17. Abdul Syukur Muhamad
Kadis Pendapatan, Pengelola Keuangan dan Aset Daerah
18. Martinus Ndate Kepala BPMD
19. Muslim Rauf Kaban Penelitian dan Pengembangan
20. Felix Pandji Kepala BKBKK
21. Uran Muhidin Kepala BKP3
22. Barnabas L. Wangge Kadis Pertambangan dan Energi
23. Djuma Fransiskus Kepala Badan Kepegawaian Daerah
24. Yohanes Dua Inspektur Inspektorat Kabupaten Ende.




Tidak ada komentar: