29 Juli 2009

Lagi-Lagi Perse Ende Dipermalukan

* Kalah 1-3 dari Perss Soe
Oleh Hieronimus Bokilia


Bajawa, Flores Pos
Perse Ende pada laga terakhirnya menghadapi tim Perss Soe lagi-lagi dipermaulukan dengan skor telask 1-3. dengan kekalahan telak yang kedusa ini maka Perse Ende terpaksa gulung tikar lebih awal dari ajang turnamen ETMC Bajawa. Sedangkan Perss Soe kendatipun menang dari Perse Ende juga tidak dapat meloloskan diri ke babak perdelapan final karena pada laga pertamanya menghadapi Persiteng Sumba Tengah dan PSK Kabupaten Kupang menelan dua kali kekalahan. Namun dengan kemenangan ini mendongkrak posisinya ke urutan tiga klasemen sedangkan Perse Ende terdepak dan menempati juru kunci di poul D.

Perse Ende dan Perss Soe yang turun bertanding di Stadion Lebijaga usai pertandingan PSKK Kota Kuang vs PSN Ngada sudah mulai saling tekan sejak kick of babak pertama. Turun dengan kostum putih-putih, Saiban Basri alias Bule dan kawan-kawan berjuang keras untuk merebut poin penuh dari laga dengan Perss Soe. Di laga ini, Umar Ismail dan Jamal Thayeb nyaris merubah total line up pemain yang diturunkan di awal pertandingan. Galang yang dua kali membela Perse di ajang ETMC ini dibangkucadangkan dan digantikan dengan Eman Dawa Rae di posisi penjaga gawang. Di lini tengah, kapten tim M Lanar juga dibangkucadagkan. Perubahan line up pemain ini sedikit membawa perubahan di pertandingan ini.

Namun serangan-serangan yang coba dibangun Laskar Tri Warna selalu berhasil dipatahkan lini bertahan Perss Soe yang dikoordinir kapten tim Hendra Takunama. Sebaliknya Perss Soe melalui satu serangan balik cepat nyaris menjebol gawang PersE Ende. Easn Dawa Rae yang sudah terlanjur keluar dari posisinya mencoba menghalau bola mengakibatkan pemaion depan dengan leluasa mengusai bola. Namun insiden gol itu berhasil diselamatkan M Abdul Azis yang dengan cepat menghalau bola keluar lapangan. Satu peluang gol Perse Ende tercipta dimenit ke30 namun sayang Bulew yang sendirian menguasai bola kurang tenang menyarangkan bola ke gawang Perss Soe. Sontekannya malah membuat bola melambung tinggi di atas mistar gawang.

Memasuki babak kedua, Perss soe mengambil inisiatif menyerang. Tekanan bertubi-tubi dilakukan ke lini pertahanan Perse Ende. Seringnya ditekan membuat konsentrasi pemain belakang agak terganggu. Menit ke-58 satu umpan krosing dari lini tengah berhasil dikejar oleh Yostan Boimau. Boimau yang tanpa kawalan ketat pemain Perse Ende dengan leluasa merobek jala Perse dan memaksa Eman Rae memungut bola dari gawangnya. Gol pertama Perss Soe ini tidak bertahan lama. Baru berselang satu menit Yostan Boimau lagi-lagi mampu mempedayai Eman Rae dan membungkam Laskar Tri Warna.

Tertinggal dua gol, anak-anak Kelimutu mulai balik menekan. Tembakan keras M Edison yang masuk menggantikan M Bento nyaris menciptakan gol balasan. Tapi sayang, tembakannya masih terbaca Nur Iman Santoso kiper Perss Soe yang dengan mudah menepis bola keluar lapangan. M edison yang bekerja keras membantu lini serang kembali melepaskan umpan krosing dari sayap kanan namun bola umpannya kurang cermat dimanfaatkan oleh Bule. Bola dibiarkan lewt begitu saja.

Bahkan dimenit ke-78 Perss Soe kembali menggandakan keunggulan. Tembakan keras Hakim Jaskari yang baru masuk menggantikan Yunus Sankoko memaksa Galang Leonis harus kembali memungut bola dari gawangnya. Galang yang masuk menggantikan Eman Rae kurang cermat engamankan bola yang telah jatuh kepelukannya. Dalam posisi terjatuh bola lepas dari pelukannya dan berhasil diraih Yunur dan kembali menggetarkan gawang Perse Ende.

Satu-satunya gol balasan Perse Ende baru tercipta dimenit ke-86. Rustam yang berhasil lewat dari pengawalan pemain belakang Perss Soe langsung tidak mensia-siakan kesempatan emasnya. Tembakan kerasnya memaksa Nur Santoso memungut bola dari gawangnya. Perse Ende msih terus melakukan tekanan ke jantung pertahanan Perss Soe namun tekanan demi tekanan tidak membuahkan gol. Kedudukan 1-3 untuk kemenangan Perss Soe bertahan hingga wasit Umar Wongso meniup pluit panjang.

Sementara di Lapangan Seminari Mataloko berhadapan antara Persim Manggarai dan Persedaya Sumba Barat Daya. Laga ini berhasil dimenangkan oleh Persim Manggarai dengan skor akhir 1-0. gol tunggal kemenangan Persim diciptakan oleh Willy A Pong. Dengan kemenangan ini menempatkan Persim urutan pertama klasemen sementara dengan mengantongi poin tujuh. Sambil menunggu hasil pertandingan antara Persematim vs Persab Belu. Laga Persematim vs Persab Belu juga sebenarnya tidak berpengaruh mengingat tanpa bermain pun sudah dapat dipastikan Persematim tampil sebagai runer up di pul ini.



Tidak ada komentar: