29 Juli 2009

Persesba Sumba Barat Tahan Imbang 1-1 Persamba Manggarai Barat

* PSK Kabupaten Kupang Tekuk Perss Soe 3-1
Oleh Hieronimus Bokilia


Bajawa, Flores Pos
Pada pertandingan kedua di Stadion Lebijaga, Kamis (23/7) mempertemukan Persesba Sumba Barat menghadapi Persamba Mangarai Barat. Pada laga ini, Persesba Sumba Barat di laga ini berhasil menahan imbang Persamba 1-1 atas Persamba Manggarai Barat. Dengan hasil ini, langkah Persesba kian mulus. Sedangkan Persamba tertutup langkahnya melaju ke babak perdelapan final ETMC 2009 Bajawa.
Sejak kick of babak pertama ditiupkan wasit Linus Mitang, Persesba yang turun dengan kostum hijau-hijau langsung menghentak pertahanan Persamba. Sum Idris, Junaidi dan Pua Jasmin menekan pertahanan Persamba dari beberapa lini. Suplai bola yang memadai dari lapangan tengah membuat hidup pertandingan. Lini bertahan Persamba yang dikoordinir Sahlan Umar bekerja apik dengan Berthi Agung, kapten tim Edu Bhoko dan Faruk. Ketatnya lini bertahan Persamba menyebabkan Persesba sulit menciptakan gol.
Sebaliknya, serangan Persamba yang dibangun apik dari lini tengah berkat suplai bola dari Yanto Beo, Ismail, Marsi Ambotang dan Adi Adrianus membuat serangan bertubi terus dilakukan Dion Nonggor, Yance Ledo mudah memasuki jantung pertahanan Persesba. Beberapa kali pergerakan Yance Ledo dan Dion Nonggor sulit dibaca pertahanan Persesba. Namun pelang-peluang menciptakan gol belum berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh Persamba. Hingga babak pertama berakhir kedua tim hanya mampu bermain imbang tanpa gol.
Memasuki babak kedua, Persamba dan Persesba semakinngkatkan tekanan ke jantung pertahanan lawan. Sejumlah pemain mulai ditarik dan digantikan oleh pemain yang baru. Masuknya sejumlah pemain baru mulai memberikan nuansa baru di lapangan. Menit ke-57, Dion Nonggor yang bermain satu dua dengan Yance Ledo mampu mempedayai barisan belakang Persesba. Umpan silang Dion dari sisi sayap kanan mampu dusundul dengan sempurna Yance Lado dan memaksa Stepanus Bili memungut bola dari gawangnya.
Para pemain Persesba pun bersorak merayakan keberhasilan mereka menahan imbang 1-1 Persamba. Namun anak-anak Persamba tampak menangisi hasil imbang yang mereka raih. Hasil ini membuat langkah mereka kian tertutup. Sejumlah pemain bahkan menangis.
Sementara pertandingan di Lapangan Seminari Mataloko antara PSK Kabupaten Kupang vs Perss Soe berakhir dengan kemenangan PSK 3-1. Gol-gol PSK masing-masing diciptakan oleh Rustam Labuka, Lukas Kapitan sedagkan satu gol lainnya dihasilkan dari gol bunuh diri pemain Perss Soe, Hendra Takunama. Dengan hasil ini, PSK Kabupaten Kupang semakin membuka peluang dengan mengoleksi empat poin setelah bermain imbang 0-0 Perse Ende di laga perdana. Sedangkan Perss Soe yang sudah dua kali kalah masih menyisahkan satu pertandinan menghadapi Perse Ende pada Jumad hari ini.



Tidak ada komentar: