29 Juli 2009

Persewa Tahan Imbang Tanpa Gol Perserond

Oleh Hieronimus Bokilia

Bajawa, Flores Pos
Persewa Waingapu yang turun dengan kostum kunig-kuning berhsail enahan imbang tanpa gol Perserond Rote Ndao. Hasil ini membuat keduanya memiliki peluang sangat tipis untuk lolos ke babak selanjutnya. Selain karena keduanya hasnya menyisahkan satu pertandingan, juga tim yang akan dihadapi dilaga terakhir mereka adalah tim tim tangguh. Persewa pada laga terakhirnya harus menjamu PSKK Kota Kupang dan Perserond Rote Ndao harus menghadapi ketangguhan tuan rumah PSN Ngada.

Sejak kick off babak pertama, laga di Stadion Lebijaga, Jumad (24/7) pagi kemarin yang dipimpin wasit Saleh Wongso kedua tim bermain lamban. Rote Ndao yang lebih banyak menurunkan pemain-pemain lapis kedua nampak hanya bermain aman dengan Persewa. Sedangkan Persewa yang jika menangkan laga ini masih berpeluang merebut angka saat menghadapi Kota Kupang bermain all aut membangun serangan. Perserond yang didua laga sebelumnya kalah masing-masing dari PSKK Kota Kupang dan PSNK Nagekeo juga sesekali membalas menyerang. Yohanis Sogara, Yasper Adu dan Arvendri Ndun yang postur tubuhnya kecil berjibaku menghadapi pemain-pemain Persewa yang rata-rata berpostur tinggi. Kondisi ini mengakibatkan mereka selalu kalah dalam duel udara.

Sementara Persewa Waingapu yang dimotori Melkisedek Sega di lini depan, bersama Mahdi Malik dan Deni Susilo terus berupaya menekan pertahanan Perserond. Beberapa kali peluang gol nyaris tercipta dari kaki Deni Susilo dan Mahdi Malik. Namun akibat kurang tenangnya mereka dalam mengeksekusi bola mengakibatkan bola-bola yang diarahkan ke gawang Perserond masih mampu diamankan dengan mudah Yosep Maudaka, penjaga gawang Perserond. Hingga babak pertama berakhir, tak satupun gol yang tercipta.

Memasuki babak kedua, serangan kedua tim tidak juga kendor. Persewa bahkan semakin menaikan tempo permainan dan terus menekan. Namun lagi-lagi serangan yang dibangun selalu tidak mampu diselesaikan dengan sempurna. Tekanan demi tekanan mampu diganjal begitu saja oleh pemain belakang Perserond yang dikoordinir kapten tim Haswandri. Perserond juga berupaya menekan namun pergerakan pemain depan Perserond selalu mampu dibaca pemain belakang Persewa.

Persewa yang selalu memanfaatkan serangan balik cepat berulang kali membahayakan sektor pertahanan Prserond. Namun semuanya tidak mampu diselesaikan dengan sempurna. Satu-satunya peluang menciptakan gol untuk Persewa dilakukan oleh Mahdi Malik. Kemelut di depan gawang Perserond, Mahdi Malik berdiri tanpa kawalan dan mendapatkan kesempatan menjebol gwang Perserond. Namun bola yang disonteknya melambung tinggi melewati mistar gawang. Pertandingan bubar, kedua tim hanya puas dngan hasil imbang tanpa gol.

Perseftim Siap Kalahkan Persesba
* Persematim Jajal Kemampuan Persab Belu
Oleh Hieronimus Bokilia
Bajawa, Flores Pos
Perseftim yang pada laga keduanya ditahan imbang Persami Maumere tanpa gol akan bermain cantik saat menghadapi Persesba Sumba Barat di Stadion Lebijaga, Sabtu (25/7) sore hari ini. Dengan modal poin empat, perseftim akan bermain savety untuk menjaga peluagnya tetap aman di klasemen sementara pul B. Jika pada laga terakhirnya ini Perseftim menang maka dia akan mengantongi poin tujuh dan unggul dari tiga tim lainnya. Sementara Persesba juga harus menang agar memiliki peluang menjadi runer up di pul mengingat poinnya sama dengan Persami Maumere yang sama-sama masih menyisahkan satu pertandingan terakhir.

Jhoni Patty Diaz Pelatih Perseftim mengatakan, jika laga menghadapi Persami yang dilakoni beberapa waktu lalu mereka mampu mencuri poin penuh maka posisi mereka akan lebih aman. Sehingga ketika laga terakhir menghadapi Persesba mereka tidak terlau terbebani. Namun dengan hasil seri tanpa gol saat menjamu Persami maka dio laga terakhir menghadapi Persesba hari Sabtu hari ini, mereka akan tetap bermain all out untuk mrebut poin penuh.

Para pemain yang sebelumnya tidak diturunkan, kata Patty Diaz, akan coba dipasang pada laga menghadapi Persesba. Menurutnya, kualitas pemain pengganti yang dibawa ke ETMC Bajawa juga memiliki kemampuan rata-rata sama dngan pemain yang sudahj sering diturunkan. Namun demikian, dia juga tetap mewaspadai Persesba yang juga sudah pernah menahan imbang Persami Maumere di laga perdana.

Sumba Barat yang selalu memainkan ball pass, katanya akan diusahakan untuk diladeni karena di sana akan nampak bagus karena warna permainan akan terlihat. Terpenting bagi Perseftim adalah berupaya mencuri poin pada laga menghadapi Persesba agar menjaga posisi tetap aman di pul B.

Sementara Persesba yang pernah menahan imbang Presami Maumere 2-2 tentu tidak akan membuang peluang begitu saja. Dengan poin dua dari hasil dua kali seri yang dia miliki, tentu akan dipertahankan dan berjuang mencuri poin dari laga melawan Perseftim ini. Karena jika kalah dari Perseftim maka peluangnya lolos tertutup. Karena jika Persami menang melawan Persamba maka pupus sudah harapan mereka untuk lolos ke perempat final.






Tidak ada komentar: