29 Juli 2009

Perseftim Secara Meyakinkan Taklukan PSK Kabupaten Kupang

* Lewat Dua Gol Pinalti Kholid Mawardi
Oleh Hieronimus Bokilia

Bajawa, Flores Pos
Perseftim Flores Timur secara meyakinkan menang telak dua gol tanpa balasan atas tim debutan Pelatih Matias Bisinglasi PSK Kabupaten Kupang. Laga yang dimainkan di Stadion Lebijaga, Selasa (28/7) ini benar-benar menjadi milik striker andalan Perseftim Kholid Mawardi yang secara gagah menumbangkan PSK Kabupaten Kupang lewat dua gol pinaltinya masing-masing di menit ke-58 dan 79.

Dengan kemenangan atas PSK Kabupaten Kupang ini, Perseftim Flores Timur memastikan diri sebagai tim pertama yang lolos ke babak semifinal turnamen El Tari Memorial Cup Bajawa. Pertandingan yang dipimpin wasit Paternus Goa ini, PSK Kabupaten Kupang langsung menggebrak pertahanan lawan sejak kick off babak pertama. Turun dengan kostum putih-putih, Akancio Parera dan kawan-kawan langsung menggebrak jantung pertahanan Perseftim Flotim. Rustam Labuka, Frens Moses dan Dino Lopez beberapa kali membuat Alfons Langga dan kawan-kawn di barisan pertahanan Perseftimbekerja ekstra keras mempertahankan pertahanan mereka.

Sebaliknya anak-anak asuh duet pelatih Jhoni Patty Diaz dan Hasan Wahab yang turun dengan kostum kebesaran orange, yang pada 25 menit babak pertama sempat terpengaruh dengan pola satu-dua yang dimainkan anak asuh Matias Bisinglasi mulai keluar dari tekanan. Iwan Jabir yang dimasukan menggantikan Hendrik Baon sedikit memberikan membantu suplai bola dari lapangan tengah. Trio striker yang sengaja diturunkan pelatih Jhoni Patty Diaz yakniKholid Mawardi, dan Ferry Langkamau dan Rahman Abubakar beberapa kali berhasil memasuki daerah pertahanan PSK Kabupaten Kupang. Namun beberapa peluang menciptakan gol mampu dipatahkan lini belakang PSK Kabupaten Kupang yang dikoordinir Justino Lopez. Kerja sama linio belakang yang begitu apik kerja sama Justino Lopez, Romano Soaresdan Dominggo da Silva membuat usaha Kholid Mawardi, Rahmab Abubakar dan Ferry Langkamau selalau gagal menciptakan gol. Gaghalnya mereka mencitakan gol juga berkat penampilan gemilang kipper PSK Octa Aolisio.

Namun Perseftim yang semula sulit mengembangkan permainan mulai mengembangkan pola-pola yang diinstruksdikan pelatih. Penempatan tiga striker sekjaligus oleh Jhoni Patty Diaz sempat membuat repot barisan pertahanan PSK. PSK di bawah asuhan pelatih berpengalaman Matis Bisinglasi bermain terbuka dengan memanfaatkan kecepatan striker Frans Moses dan Dino Lopez.. suplai bola dari lini tengah yang ditopang Ramadhan Labuka membuat mereka masih terus melakukan tekanan ke jantung pertahanan POerseftim. PSK Kabupaten Kupang mendapatkan peluang emas terlebih dahulu melalu kaki Frans Moses namun kurang tenangnya Moses mengakibatkan bola tidak membuahkan gol.

Perseftim yang semula ditekan habis-hgabisan PSK kembali membuka serangan. Namun peluang menciptakan gol oleh Kholid Mwardi disia-sikan begitu saja. Memanfaatkan bola terobosan yang dilepas pemain tengah gagal diselesaikan dengan sempurna oleh Kholid. . satu tendangan keras yang dilepas Rahman Abubakar juganyaris menciptakan gol. Namun sayang bola tembakannya masih melenceng tipis di atras mistar gawng. Lagi-lagikerja sama indah yang dipertontonkan Ferry Langkamau dan Kholid Mawardi juga nyaris menciptakan gol. Umpan matang yang dilepas Ferry yang bergerak dari sayap kanan langsung disundul oleh Kholid. Namun lagi-lagi sundulannya kurang mengarah kle gawang Okta Aolisio. Hingga wasit Paternus Goa meniup pluit turun minum babak pertama kedua keseblasan belum mampu menciptakan gol.

Perseftim mulai bangkit menyerang sejak babak kedua dimulai. Beberapa peluang gol nyaris tercipta ke gawng PSK namun kurang tenangnya pemain Perseftim mengakibatkan mereka sulit menciptakan gol. Baru di menit ke-58 pergerakan cepat anak-anak nagi melalui satu serangan balik nyaris menciptakan gol. Tendangan keras Ferry langkamau sebenarnya sudah gol namun Romao Soares yang bergerak cepat bermaksud menyelamatkan bola dengan sengaja membuang bola keluar dengan tangan. Wasit Paternus Goa langsung menghadiahi Romao kartu merah dan langsung menunjuk titik putih. Kholid Mwardi yang dipercaya mengeksekusi penalty mampu mempedayai Octa Aolisio. Gol pertama Kholid merubah kedudukan menjadi 1-0.

Bermain hanya dengan 10 pemain, anak asuh Matiasd Bisinglasi lebih memilih bermain bertahan. Kondisin ini menyebabkan tengah PSK sedikit lowong. Kondisi ini tidak disia-siakan Perseftim yang mulai membangun serangan dari semua lini. Namun kondisi itu masih mampu diatas pemain-pemain PSK. Mereka juga masih berusaha menekan pertahanan Perseftim. Beberapa kali Dino Lopes, Rustam Labuka dan Frans Moses masih juga membahayakan pertahananan Perseftim. Namun upaya menyamakan kedudukan selalu mampu dipatahkan Alfons Langga dan kawan-kawan di lini pertahanan Perseftim.

Perseftim yang lebih banyak bermaiun di lapangan tengah hanya menyisahkan Kholid Mawardi dan Ferry Langkamau di lini depan. Serangan balik cepat yang coba dibangun beberapa kali membahayakan pertahanan PSK. Pergerakan cepat Kholid Mawardi yang lepas dari kawalan pemasin belakang dan lolos dari jebakan offside berupaya menerobos ke kotak terlarang PSK. Namun tembakannya yang hanya berhadapan dengan penjaga gwng masih melebar di kiri gawng dan hanya menghasilkan tendangan gawang.

Tidak putus asa, anak-anak nagi terus membangun serangan. Pergerakan cepat Kholid di area kotak penalti ditarik pemain belakang PSK Jumardi Labuka yang mencoba menghambat pergerakan Kholid dengan menarik baju Kholid terlihat wasit. Kholid yang terjatuh di area terlarang langsung mendapatkan hadiah penalti. Gol penalti kedua Kholid Mawardi di menit ke-79 merubah kedudukan menjadi 2-0 dan mengantar Kholid menempati top scorer untuk sementara dengan koleksi empat gol. Gol kedua Kholid ini bertahan hingga pertandingan selesai tanpa ada satu pun gol balasan dari PSK.

Jhoni Patty Diaz engomentari pertandingan ini mengatakan, prediksi semula ternyasta benar adanya. Penampilan pemain-pemain PSK dengan keterampilan yang memadai sempat membuat anak asuhnya tidak berkembang. Namun setelah diinstruksikan untuk bermain ofensif akhirnya mereka mampu keluar dari tekanan pemain PSK. Dengan melakukan pressing-presing akhirnya kuasa permainan mampu diambil alih. Penempatan tiga striker sekalighus di laga ini, kata Patty Diaz ternyata memberikan andil bagus untuk kemenangan Perseftim.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih Hiro, selalu update EMC. Sukses selalu untuk anda.