29 Juli 2009

PSK Kota Kupang Puncaki Klasemen Sementara di Grup A

* Dua Kali Menang Jadi Motifasi
Oleh Hieronimus Bokilia


Bajawa, Flores Pos
Kemenangan telak 3-1 PSK Kota Kupang atas Persewa Waingapu membawa mereka memuncaki klasemen sementara dngan total enam poin dan selisih satu gol atas tuan rumah PSN Ngada. Dengan kemenangan ini juga, PSK Kota Kupang membuat tersandung langkah Persewa di turnamen ETMC Bajawa.

Laga PSK Kota Kupang vs Persewa Waingapu di Stadion Lebijaga Rabu (22/7) pagi kemarin dipimpin wasit Hidayat. Pertandingan baru berjalan lima menit ketyika satu kemelut di muka gawang Persewa Ferdi Lape langsung melesakan satu tembakan yang tidak dapat dijangkau penjaga gawang Persewa Gregorius Dara. Gol ini sempat mengundang protes pemain dan oficial tim Persewa. Pasalnya sebelum tercipta gol, pemain Kota Kupang sudah masuk perangkap ofside. Namun hakim garis Idris Boli yang sudah mengangkat bendera kemudian menurunkannya lagi sehingga terjadi kemelut di depan gawang Persewa yang membuahkan gol.

Tim oficial Prsewa dan kapten tim Azuri Ibrahim melakukan protes kepada komisi wasit dan pengawas pertandingan. Mereka bahkan sempat mengancam akan melakukan mogok jika gol tetap disahkan wasit. Namun setelah melalui pembicaraan dan mendengarkan penjelasan dari pengawas pertandingan Hironimus Buyanaya, Persewa akhirnya dapat menerima keputusan wasit sehingga pertandingan dapat dilanjutkan kembali.

Pertandingan berjalan seimbang. Kedua tim saling menyerang. Ferdi Pere dan Ibnu selalu melakukan pergerakan yang merepotkan barisan pertahanan lawan. Beberapa kali Gregorius dipaksa jatuh bangun mempertahankan gawangnya. Suplai bola-bola panjang yang dimainkan Jabur dan pemain tengah lainnya sangat embantu Ferdi Pere mendobrak pertahanan Persewa. Sebaliknya Persewa tidak mau kehilangan muka dan takluk terhadap Kota Kupang. Beberapa kali mereka menekan pertahanan Kota Kupang dan sempat membahayakan gawang yang dikwal Dodi Lisnahan.

Menit ke-22 merupakan menit berharaga bagi Persewa. Pergerakan Mansur yang masuk ke kotak terlarang Kota Kupang ditekel keras Yohanes Ie. Wasit Hidayat langsung menunjuk titik putih. Kesempatan ini tidak dibuag percuma Persewa. Kapten tim Azuri Ibrahim langsung mengibuli Dodi dengan tendngan kerasnya. Dodi yang sudah terlanjur terjun ke kiri hanya bisa melihat jalanya dirobek Azuri. Gol Azuri mengubah kedudukan menjadi 1-1.

Imbang 1-1 membuat kedua keseblasan kembali bersemangat. Namun Kota Kupang yang merasa terkejar bermain keras hingga Hidayat terpaksa menghadiahi dengan kartu kuning. Kedua tim saling menyerang namun tidak juga membuahkan hasil. Baru pada menit ke-38 peluang emas terbuka bagi Kota Kupang. Ibnu yang bergerak mengiring bola memasuki pertahanan Persewa dijepit empat pemain belakang Persewa. Ibu yang ditekel dengan keras terjatuh di kotak enam belas. Wasit hidayatpun langsung berlari menunjuk titik putih. Eksekusi pinalti dimanfaatkan dengan sigap oleh kapten tim Ferdi Pere. Gol kedua Pere mengubah kedudukan menjadi 2-1. Gol Ferdi Pere ini juga mengantarnya sebagai tip score sementara dengan koleksi tiga gol. Hingga babak pertamausai, kedua tim tidak mampu mengubah kedudukan.

Memasuki babak kedua, Persewa langsung menghentak pertahanan Kota Kupang. Pelatih Persewa mencoba mengubah pola permainan dan menarik beberapa pemain dan memasukan sejumlah peain pengganti. Namun perjuangan keras anak-anak Sandelwod belum juga berbuah hasil. Tekanan demi tekanan mampu dihalau dengan sempurna barisan belakang Kota Kupang. Sebaliknya Kota Kupang juga tak ketinggalan melakukan serangan balik. Beberapa kali Ferdi Pere dan kawan-kawan merepotkan barisan pertahanan Persewa. Namun gemilangnya lini bertahan dan tangguhnya kiper Gregorius masih mampu mrenyelamatkan kedudukan.

Baru pada menit ke-70 Kota Kupang kembali menambah pundi gol. Pergerakan cepat Kadar Burhan yang masuk menggantikan Kevin mampu memanfaatkan kemelut di mulut gawang Persewa. Gol Kadar Burhan mengantar Lota Kupang menang telak atas Persewa Waingapu dan mengantar PSKK Kota Kupang memuncaki kelas semen.

Manajer PSKK Kota Kupang, Fdelix Dando usai pertandingan mengaku puas dengan permainan anak asuh Helmon Liko. Menurut dia, mereka harus memenangkan partai ini agar menjaga posisi tetap aman mengingat pada laga selanjutnya masih ada PSN Ngada dan Nagekeo. Kedua tim ini merupakan tim tangguh sehingga saat menghadapi Persewa poin penuh harus diraih dengan sempurna. Menghadapi laga dengan PSN Ngada pada Jumad nanti, kata Dando, Kota Kupang akan mempertontonkan permainan cantik yang bisa menghibur masyarakat.



Tidak ada komentar: