05 Oktober 2009

Forum Peduli Bencana Alam Kabupaten Ende, Buka Posko Bencana Alam Padang

* Mulai Lakukan Penggalangan Dana
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Menyikapi bencana alam yang terjadi di Padang Sumatera Barat yang terjadi pada 30 September lalu, telah menggugah kalangan warga masyarakat Kabupaten Ende untuk melakukan sesuatu yang dapat membantu sesama saudara yang menderita akibat bencana. Untuk itu, Forum Peduli Bencana Alam Kabupaten Ende yang sebelumnya pernah ada kembali tergugah dan mulai melakukan penggalangan dana yang nantinya disalurkan membantu para korban bencana di Padang.

Koordinator Umum Forum Peduli Bencana Alam Padang, Hironimus Pala kepada Flores Pos, Jumad (2/10) mengatakan, Forum Peduli Bencana Alam Padang ini merupakan forum peduli lanjutan dari Forum Peduli Bencana Alam Manggarai yang dibentuk untuk menyikapi bencana alam yang terjadi di Mangarai pada tahun 2007 silam. Bencana alam yang terjadi di Padang, kata Pala telah menggugah forum untuk kembali melakukan penggalangan dana demi membantu sesama saudara yang menjadi korban bencana.

Pala mengajak kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ende untuk peduli dan bisa menyisihkan sedikit dari apa yang dimiliki guna membantu para korban bencana Padang. Sumbangan bgi para korban bencana Padang, lanjut Pala, sudah mulai dilakukan sejak Jumad (2/10) oleh forum dalam pertemuan perdananya. Kepada masyarakat yang mau menyalurkan sumbangan dapat menyalurkannya melalui Forum Peduli Bencana Alam Padang Kabupaten Ende di Posko Bencana Alam Padang bertempat di Sekretariat FIRD Ende, Jalan Kokos Raya Perumnas Ende atau di Posko Bencana Alam yang ada di Sekretariat PMKRI Ende, Jalan Wirajaya. “Penyumbang bisa datang langsung ke kantor FIRD di Kokos Raya atau ke Sekretariat PMKRI di Wirajaya.”

Dikatakan, forum ini pada bencana alam Mangarai yang lalu telah berhasil mengumpulkan sejumlah dana dan juga bantuan berupa barang yang langsung disalurkan untuk para korban. Dana yang terkumpul pada waktu itu, kata dia, tidak semuanya disalurkan namun dicadangkan untuk bencana alam yang bakal terjadi di kemudian hari. Untuk itu, katanya, dana itu akan dimanfaatkan untuk membantu para korban bencana alam Padang melalui Jaringan INSIST yang saat ini sudah berada di lokasi bencana membantu para korban. “Kami himbau solidaritas seluruh masyarakat Ende merelakan sedikit dana guna membantu sesama saudara yang tertimpa bencana. Bantuan sangat diharapkan dalam bentuk uang agar mudah disalurkan mengingat jarak yang cukup jauh.”

Roni So pada rapat awal untuk penggalangan dana mengatakan, slodaritas harus terus dibangun terutama menyikapi keadaan seperti yang dialami para korban bencana di Padang. Dikatakan, forum seperti ini harus terus digalakan agar setiap ada bencana sudah ada dana cadangan yang langsung bisa dikeluarkan untuk membantu para korban.

Sementara Levi Padalulu, Ketua Presidium PMKRI Cabang Ende mengatakan, PMKRI siap membantu melakukan penggalangan dana yang menurut rencana melalui kotak-kotak amal yang diedarkan kepada masyarakat Ende di titik-titik strategis sepanjang jalan di dalam Kota Ende. Menurutnya, aktifis muda PMKRI sangat respek terhadap forum yang selalu siap membantu para korban bencana di manapun tanpa memandang permebdaan. Hal senada dikatakan pula Ketua GMPI Cabang Ende, Nikolaus Bhuka. Menurutnya, GMPI siap membantu dalam kegiatan penggalangan dana untuk para korban bencana alam dengan menurunkan anggotanya membawa kotak amal untuk mencari dana. Dia berharap, aksi ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat dan mendorong mereka untuk bersedia menyumbangkan sedikit dari apa yang mereka miliki.

Hari pertama penggalangan dana, Forum Peduli Bencana Alam Padang Kabupaten Ende telah berhasil mengumpulkan Rp1,3 juta. Dana tersebut merupakan sumbangan awal dari pra peserta yang hadir dalam rapat yakni dari Flores Institute of Recources Development (FIRD) Ende, Yayasan Tananua Ende, Philipus Kami (anggota DPRD Ende), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKTI) Cabang Ende, Gerakan Mahasiswa Pelajar Indonesia (GMPI) Cabang Ende dan Perhimpunan Wartawan Flores (PWF).



1 komentar:

Arie Ferdiansyah Properti Kontruksi Sosial Komunikasi mengatakan...

Tanggal 30 September 2009 pukua 17:16 Wib, Gampo dengan kakuatan 7,6 SR kumbali mangguncang Ranah Minang.
Untuak mambantu dunsanak kito di kampuang, Dompet Bantuan Musibah Gampo untuak di serahkan ka kampuang halaman.
Bagi dunsanak nan akan memberikan sumbangan, dapek di salurkan melalui : BCA KCP Blimbing a/n arie ferdinyah no.rek 3312097289