07 Oktober 2010

PKB Ende Gelar Musyawarah Cabang

  • Pilih Ketua Definitif DPC PKB Ende

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Partai Kebangkitan Bangsa kembali melaksanakan musyawarah cabang DPC PKB Kabupaten Ende setelah gagal dilaksanakan beberapa bulan lalu. Muscab yang dilaksanakan di Gedung Baranuri pada Senin (20/9) ini bertujuan untuk memilih ketua DPC PKB yang baru setelah selama ini kepengurusan DPC PKB Ende hanya dipegang oleh ketua carteker (sementara).

Ketua Carteker Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Kabupaten Ende, Ali Ahad kepada Flores Pos di Sekretariat DPC PKB Ende, Sabtu (18/9) mengatakan, setelah ditunjuk sebagai ketua carteker menggantikan ketua carteker sebelumnya M Liga Anwar, dia ditugaskan untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan muscab PKB. Pelaksanaan muscab ini, kata Ali Ahad hanya untuk memilih ketua DPC PKB Ende dan pembentukan badan pengurus untuk periode 2010-2015 atau lima tahun ke depan. Sedangkan rencana kerja dan konsolidasi internal partai baru dilakukan setelah digelar rapat kerja pasca pelaksanaan muscab oleh pengurus yang terpilih.

Muscab, lanjutnya akan dihadiri 20 Pengurua Anak Cabang (PAC) dan masing-masing PAC memiliki hak untuk mengajukan bakal calon ketua. Selain dihadiri pengurus dari PAC dan DPC, muscab juga akan dihadiri Wakil Sekretaris Jenderal DPP PKB, Fatan dan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB NTT, Yucundianus Lepa.

Terkait kesiapan panitia Muscab, kata Ali Ahad sejauh ini sudah 90 persen. Panitia sudah bekerja maksimal untuk mensukseskan pelaksanaan muscab. Dia berharap, muscab yang dilaksanakan kali ini bisa berjalan dengan baik hingga berhasil memilih ketua dan membentuk kepengurusan yang definitif. “Itu harapan dan dari DPP dan tekad saya muscab kali ini harus berhasil mengingat kali lalu pernah gagal,” kata Ali Ahad.

Dia mengatakan, dalam muscab nanti, siapapun yang dipercayakan forum muscab untuk memimpin PKB lima tahun ke depan hendaknya mampu menuntaskan seluruh permasalahan yang terjadi selama ini. Ketua terpilih nantinya dalam pembentukan kepengurusan diharapkan mengakomodasi seluruh kader partai guna menghentikan konflik internal partai. Menurutnya, jika semua kader partai sudah diakomodir dan dirangkul maka dihrapkan PKB Ende bisa berjalan baik untuk melakukan konsolidasi mempersiapkan diri untuk mengikuti pemilu 2014 mendatang. Hal itu, kata Ali Ahad sangat penting dilakukan, mengingat jika konflik internal terus terjadi maka pengurus yang ada tidak dapat bekerja lebih maksimal dalam membesarkan dan mengembalikan kejayaan partai.

Paling utama, kata Ali Ahad, ketua terpilih PKB mampu mengembalikan PKB pada fitrahnya semula serta mengembalikan kejayaan PKB seperti pemilu lalu yang mampu meraih empat kursi di legislatif. “Kalau pemilu 1999 PKB dapat satu kursi, tahun 2004 dapat empat kursi dan sekarang tiga kursi, paling tidak pemilu 2014 nanti paling kurang tiap daerah pemilihan dapat satu kursi. Lebih dari itu lebih bagus lagi,” katanya.

Haji M Anwar Liga, Wakil ketua DPRD Ende dari Fraksi Kebangkitan Bangsa per telepon kepada Flores Pos saat ditanya kesiapannya mencalonkan diri menjadi ketua DPC PKB Ende mengatakan, sejauh ini dia belum menentukan sikap apakah maju mencalonkan diri menjadi ketua atau tidak. Pecalonan atau tidak, lanjutnya, menunggu pada hari pelaksanaan muscab.

Dikatakan, jika dalam forum muscab dia mendapatkan dukungan dari PAC untuk mencalonkan diri maka sebagai kader PKB dia selalu siap untuk mencalonkan diri menjadi ketua. “Kalau partai menghendaki, saya selalu siap karena semua itu adalah amanah,” kata Anwar Liga.

Tidak ada komentar: