27 Maret 2009

Suster Suster CIJ Buka Tahun Jubileum

* Songsong 75 Tahun CIJ
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Suster-suster dari kongregasi CIJ dalam rangka menyongsong 75 tahun berdirinya kongregasi CIJ telah menetapkan sejak 25 maret 2009-25 maret 2010 sebagai tahun jubileum. Pembukaan tahun jubileum ini ditandai dengan perayaan misa pembukaan yang dipimpin Romo Ambros Nanga, Pr bertempat di rumah induk CIJ di Jopu. Selama setahun menyongsong acara puncak pada 25 Maret 2010, akan diisi degan berbagai kegiatan cinta kasih baik internal kongregasi maupun kegiatan yang melibatkan umat.
Hal itu dikatakan Ketua Komisi Pastoral CIJ, Suster Elyna, CIJ didampingi Suster Martini, CIJ di Susteran CIJ Potu, Kamis (26/3). Sr. Elyna mengatakan, pembukaan tahun jubileum diawali dengan novena sembilan hari berturut-turut dan diikuti misa pembukaan pada Selasa (25/3) lalu yang dilaksanakan di rumah induk CIJ di Potu. Perayaan misa pembukaan jubileum ini, kata Sr. Elyna dipimpin oleh Romo Ambros Nanga, Pr. Usai misa dilanjutkan dengan adorasi selama lebih kuran\g satu jam untuk mengirim berkat dari rumah induk ke seluruh wilayah.
Selain diawali dengan nob\vena, kata Sr elyna, pada Senin (24/3) juga dilakukan siasar ke makam para suster yang telah meninggal di Jopu. Dalam siarah itu dil\gelar ibadah bersama. Dengan pembukaan tahun jubileum ini, katanya, diharapkan selama setahun ini seluruh kegiatan yang dilaksankaan diarahkan untuk pertobatan, perdamaian dan persaudaraan sejalan dengan makna jubileum itu sendiri.
Kegiatan-kegiatan yang akan digelar mengisi tahun jubileum, kata Sr. Elyna pada dasarnya diprogramkan secara menyeluruh dan seragam yang diarahkan untuk dapat menyalurkan rahmat-rahymat Allah melalui kegiatan yang diselenggarakan., tiga jkenis kegiatan yang diprogramkan yakni pendalaman rohani CIJ yang diisi dengan retret, pendampingan-pendampingan baik ke dalam guna menampung kekuatan ke dalam untuk CIJ. Kegiatan lain yang diprogramkan yakni pembinaan rohani bersama denga umat dalam bentuk katekese umat dewasa dam remaja, Sekami. Program kegiatan yang tak kalah pentingnya, kata Sr. El;yna adalah kegiatan pleayanan masyarakat.
Untuk kegiatan ini, katanya, CIJ Ende telah merencanakan menggelar pengobatan murah. Untuk kegiatan ini, katanya, pihak CIJ telah bekerja sama degan Dinas Kesehatan dalam kaitan dengan penyiapan obat-obatan dan tenaga dokter. Sedangkan perawat disiapkan oleh CIJ. Kegiatan lain terkait pelayanan masyarakat adalah pelaksanaan kursus menjahit bagi remaja putri dan perempuan putus sekolah. Diharapkan setiap paroki bisa menyiapkan dua orang yang akan diikutsertakan dalam kursis menjahit yang dilaksanakan selama tiga bulan. “Kita berharap, dengan mengikuti kursus menjahit ini remaja putri dapat berbuat sesuatu untuk dirinya dan teman-teman dekatnya.”kegiatan lainnya berupa pengolahan pangan lokal dan acara hiburan lainnya seperti pemutaran film dan show band.
Dikatakan, dari semua program kegiata ini diharapkan dapat dilaksanakan seiring, sehingga pada hari puncak nanti semua kegiatan sudah bisa dirampungkan. Dalam kegiatan ini, para suster juga terus menjalankan aksi-aksi panggilan bagi remaja putri yang berminat. Pemusatan kegiatan-kegiatan yang dijadwalkan, katanya dilakukan di paroki-paroki di Keuskupan Ende.

Tidak ada komentar: