03 Juni 2011

Warga Dusun Wolokelo Nikmati Listrik Tenaga Surya

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos

Sebanyak 50 rumah warga Dusun Wolokelo di Desa Nuamuri Barat Kecamatan Kelimutu mulai menikmati listrik bertenaga surya. Pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) tersebut merupakan bantuan dari Dinas Pertambangan dan Energi Provinsi NTT.

Hal itu dikatakan Ericos Emanuel Rede, anggota DPRD Ende dari Partai Kasih Demokrasi Indonesia daerah pemilihan Ende III kepada Flores Pos, Rabu (25/5). Ericos Rede mengatakan, PLTS sebanyak 50 unit itu merupakan bantuan yang diberikan Dinas Pertambangan dan Energi setelah dia melakukan pendekatan dan perjuangan ke sana. Bantuan tersebut merupakan bantuan tahun anggaran 2010. Peralatan dan biaya pemasangan dua titik lampu di setiap rumah dibiayai sepenuhnya oleh Dinas Pertambangan dan Energi.

PLTS dimaksud, kata Ericos, sudah mulai dimanfaatkan masyarakat sejak tiga bulan lalu atau mulai bulan Februari 2011. Kehadiran PLTS di Dusun Wolokelo Desa Nuamuri Barat ini sangat membantu masyarakat yang selama ini belum mendapatkan pasokan listrik dari PT PLN. Apalagi, pembiayaan pemasangan seluruhnya dibiayai pemerintah provinsi baik peralatan maupun dua titik lampu di setiap rumah.

Diakuinya, Dusun Wolokelo Desa Nuamuri Barat terdapat sebanyak 60 rumah. Bantuan yang hanya 50 unit ini hanya mampu memenuhi 50 rumah yang ada dan masih tersisa 10 rumah yang belum dapat dibantu. Kendati kurang namun bantuan tersebut patut disyukuri. Masyarakat, kata Eriicos sangat berterima kasih atas bantuan tersebut karena dengan hadirnya PLTS ini mereka sudah tidak lagi kesulitan penerangan. Apalagi, kata dia, pemanfaatan PLTS ini sama sekali tidak menggunakan bahan bakar minyak sehingga sangat menghemat dan tidak mengeluarkan biaya apapun.

Tidak ada komentar: