16 April 2009

Dinas Pariwisata Ende Targetkan 8000 Wisatawan di Tahun 2009

* Perlu Dukungan Sarana Transportasi
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Selama tahun 2007, jumlah kunjungan wisatwan baik luar negeri maupun dalam negeri ke wilayah Kabupaten Ende mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Untuk tahun 2009, dalam kaitan dengan tahun kunjungan wisata 2009, Dinas Pariwisata menargetkan 7000-8000 wisatawan yang berkunjung ke Ende. Wisatawan yang berkunjung ke Ende, selain tujuan utamanya ke Danau Kelimutu juga mengunjungi lokasi-lokasi wisata ,ainnya seperti Situs Bung Karno sebagai objek wisata minat khusus.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ende, martinus Ndate kepada Flores Pos. Ndate mengatakan, untuk mendukung peningkatan jumlah pengunjung ke Kabupaten Ende, perlu dilakukan berbagai upaya. Salah satu dukungan yang diharapkan adalah akses transportasi ke Ende. “Ini erat kaitannya dengan dukungan maskapai penerbangan di NTT sampai Bali.”
Dikatakan, saat ini, tren kunjungan wisata mulai bergeser ke wilayah NTT. Untuk itu diharapkan, pergeseran minat kunjungan wisatawan itu bias sampai ke NTT. Dalam rangka menyiapkan objek-objek wisata, kata Ndate perlu dilakukan pemberdayaan dan pembinaan objek-objek daya tarik wisata dengan dua ikon yang dikenal luas di mancangera. Selain keindahan Danau Kelimutu yang diandalkan selama ini, katanya Ende juga masih memiliki satu objek daya tarik wisata minat khusus yakni museum bung Karno. Situs ini juga diminati pengunjung terutama sejarahwan dalam mengenang perjuangan Bung Karno.

Siapkan Sarana-Prasarana
Selain dua objek wisata andalan itu, dians juga terus membenah objek-objek lain yang bisa menjadi pendukung. Perlu juga disiapkan sarana dan prasarana dari dan ke daerah tujuan wisata antara lain, jalan, jembatan, sarana air minum, listrik, telepon dan sarana internet. Sedangkan untuk kawasan Kelimutu, yang diharapkan masyarakat adalah jembatan di Kolorongo yang diminta agar diperhatikan. Menurutnya, jembatan tersebut jika sudah baik bias memperlancar transportasi dari dank e lokasi taman nasional Kelimutu (TNK).

Objek Wisata Penyangah
Perlu pula dibenahi lokasi objek wisata penyanggah Kelimutu yakni air panas Koloronggo, air terjun Murundao dan juga pembenahan home stay. Diarahkan agar bias memberikan pelaanan yang baik. Selain itu perlu pula didorong pengusaha yang berminat membangun fasilitas hiburan di lokasi kawasan Kelimutu sehingga menarik minat pengunjung lebih betah dan tinggal lebih lama di kawasan Kelimutu.


Tidak ada komentar: