16 April 2009

Pembangunan Pelabuhan Ende Segera Dilanjutkan

* Proses Tender Sudah Dilaksanakan
Oleh Hieronimus Bokilia
Ende, Flores Pos
Menurut rencana tahun 2009 ini pembangunan dermaga Pelabuhan Ende kembali dilanjutkan. Item pekerjaan dalam lanjutan pembangunan dermaga ini antara lain pembangunan trestle (jalan masuk) yang sekarang selebar 3,2 meter akan diperlebar menjadi 6,4 meter. Item pekerjaan lainnya adalah caltwalk atau lantai dermaga yang selama ini hanya setebal 25 cm akan ditambah menjadi 40 cm. Dana yang dialokasikan sebesar Rp4,9 miliar.
Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Kabupaten Ende, Mansyur Do kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Senin (13/4). Mansur Do mengatakan, untuk pelaksanaan pembangunan lanjutan dermaga Endse itu, satuan kerja telah dibentuk dan tengah memproses pelelangannya di provinsi.
Diharapkan, kata Do, pada akhir bulan Mei atau awal bulan Juni, sudah bisa dilaksanakan pekerjaan. Diharapkan pula, dengan pekerjaan peningkatan penambalan dermaga Pelabuhan Ende ini, ke depan secara otomatis dapat meningkatkan pula daya tampung dan beban dermaga. “kalau kondisi sekarang daya beban dermaga hanya delapan ton. Kita harapkan nanti setelah perbaikan bisa meningkat menjadi 15 sampai 25 ton.”

Bisa Layani Kapal Ro-Ro
Peningkatan tersebut, katanya diharapkan dermaga tersebut dapat melayani tidak saja kapal barang dengan gross tonase (GT) 2500 ton ke atas. Namun diharapkan pula nantinya bisa melayani kapal veri jenis ro-ro.
Selain peningkatan dermaga Pelabuhan Ende, kata Mansur Do, saat ini sedang pula dirancang untuk rencana pembangunan dermaga peti kemas di Pelabuhan Ipi. Posisi yang akan dibangun dermaga peti kemas, katanya adalah di bagian barat pelabuhan Ipi saat ini yakni berada di dekat tanjung. Rencana pembangunan pelabuhan peti kemas dipandang perlu melihat perkembangan ke depan di mana Ende sudah membutuhkan pelabuhan seperti itu apalagi kegiatan ekonomi yang cukup tinggi. Selain itu, posisi kabupaten Ende yang berada di posisi tengah Flores sehingga nantinya jika dibangun pelabuhan petyi kemas dapat dimanfaatkan oleh kabupaten lain.

Sudah Survei Lokasi
Survei lokasi pembangunan pelabuhan peti kemas sudah dilakukanoleh konsultan dari PT Pelindo III Surabaya. Hasil survei juga sudah pernah dipresentasikan pada akhir 2007 lalu. Ke depan untuk bisa mewujudkan pembangunan pelabuhan peti kemas, kata Mansur Do, butuh perjuangan lanjutan. Untuk itu, butuh dukungan dari bupati dan untuk itu akan dilakukan pendekatan dengan bpati yang baru.
Pembangunan pelabuhan peti kemas di Ende, kata Mansur Do, tidak menutup kemungkinan nantinya pelabuhan di Ende menjadi pelabuhan utama kedua setelah Pelabuhan Tenau Kupang. “Kalau sudah ada pelabuhan peti kemas, pelabuhan kita tidak lagi jadi pelabuhan pengumpul tapi langsung jadi pelabuhan utama.”


Tidak ada komentar: