09 Juni 2009

KPUD Ende Gelar Bimbingan Teknis Bagi Penyelenggara Pemilu

* Kampanye Damai Tidak Digelar di Kabupaten
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Dalam rangka mewujudkan pemilu presiden yang sukses, Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ende mulai 10-11 Juni akan menggelar bimbingan teknis (bimtek) bagi penyelenggara pemilu di tingkat bawah terutama untuk panitia pemilihan kecamatan (PPK). Bimtek ini lebih difokuskan pada pegisian format-format mengingat pada pemilu legislatif yang lalu banyak terjadi kesalahan dan keterlambatan penghitungan terkendala pada pengisian format-format yang disediakan.

Hal itu dikatakan Koordinator Divisi Pemungutan dan Penghitungan Suara KPUD Ende, Jamal Umar di Sekretariat KPUD Ende, Senin (8/6). Jamal Umar mengatakan, bimtek yang diselenggarakan itu ditujukan kepada penyelenggara pemilu di tingkat bawah terutama bagi PPK. Penekanan dalam bimtek nanti, katanya lebih ditekankan pada pengisian formulir.

Fokus Pengisian Formulir
Kebijakan penekanan lebih difokuskan pada pengisian formulir karena pada pemilu yang lalu, penyelenggara di tingkat PPS dan PPK masih ada kekeliruan dalam pengisian format. Lagkah itu, katanya perlu dilakukan agar dalam proses pengisian format nanti tidak terlalu mengalami kesulitan dan penghitungan tidak terlalu lama di tingkat PPS, PPK dan kabupaten.

Setelah dilaksanakan bimtek, kata Umar, KPUD akan kembali melanjutkan proses dengan melakukan sosialisasi terkait mekanisme pemberian suara. Untuk emilu presiden ini, kata dia, masih menggunakan metode mencontreng. Namun demikian, selain mencontreng, jika pemilih memberikan tanda garis datar pada calon tertentu tetap dianggap sah. Selain itu, kata dia, dalam pemilu presiden nanti, durasi pemungutan suara lebih diperpanjang. Jika pada pemilu legislatif lalu durasi pemungutan suara hanya sampai pukul 12.00 maka pada pemilu presiden ini durasi pemungutan suara di PPS diperpanjang sampai pukul 13.00.

Tidak Ada Deklarasi
Anggota KPUD Ende lainnya, Rosario Ndai mengatakan, untuk masa kampanye pemilu presiden dan wakil presiden, untuk kegiatan kampanye selain rapat umum sudah dimulai sejak 2 Juni lalu. Sedangkan untuk rapat umum, sesuai jadwal baru dimulai pada 11 Juji sampai 4 Juli 2009. Dikatakan, untuk kampanye rapat umum hanya dideklarasikan secara nasional. Sedangkan untuk tingkat kabupaten tidak dilakukan deklarasi kampanye damai.

Ketua Tim Pemenangan SBY-Budiono Kabupaten Ende, Haji Pua Saleh mengatakan, untuk menggalang kerja tim demi pemenangan SBY-Budiono, partai pendukung telah membentuk tim pemenangan. Namun untuk kerja-kerja di lapangan, katanya sejauh ini belum terlalu nampak. Hal itu karena tim pemenangan masih menunggu petunjuk pelaksanaan dari pusat. Ditanya soal belum adanya atribut paket SBY-Budiono yang dipasang di wilayah Kota Ende, Pua Saleh mengatakan belum dipasangnya atribut SBY-Budiono karena sejauh ini belum diterima tim pemenangan kabupaten.berdasarkan koordinasi dengan tim pemenangan tingkat pusat, seluruh atribut pakert SBY-Budiono telah dikirim dan masih dalam perjalanan.



Tidak ada komentar: