09 Juni 2009

Koordinasi Semua Sektor untuk Wujudkan Swasembada Pangan 2012

* Biasakan Makan Makanan Lokal
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Pemerintah Kabupaten Ende telah mencanangkan program swasembada pangan pada tahun 2012. Berbagai upaya untuk mencapai swasembada pangan selama ini telah dilaksanakan oleh satuan kerja perangkat daerah terkait. Kerja-kerja itu tinggal lebih dintensifkan lagi sesuai apa yang telah disepakati bersama. Untuk bisa mewujudkan itu perlu koordinasi lintas sektor dan kerja sama saling mendukung antar setiap SKPD terkait.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Ende kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Rabu (3/6). Wakil Bupati Mochdar mengatakan, berbicara menyangkut swasembada pangan tentu semua SKPD terkait seperti Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Peternakan, BKP3, Dinas Kehutanan dan Perkebunan dan Dinas Perikanan dan kelautan saling mendukung. Selai dinas teknis terkait tersebut, perlu pula mendapatkan dukungan dari SKPD lain terkait pembinaan dan pemberdayaan di tingkat petani.

Inventarisasi Lahan
Langkah konkrit yang perlu dilakukan dalam upaya mewujudkan swasembada pangan, kata Wabub Mochdar adalah dengan melakukan inventarisasi wilayah-wilayah potensial baik di daerah irigasi maupun di daerah-daerah non irigasi seperti ladang dan kebun. Lahan-lahan itu lalu didata dengan baik agar dalam upaya optimlaisasi lahan dapat dimanfaatkan dengan baik. Dikatakan, dalam kunjungan ke daerah sentra produksi seperti di Irigasi Mautenda beberapa waktu lalu bersama bupati dan sejumlah pejabat, bupati telah menegaskan untuk dilakukan pembenahan seperti irigasi yang jebol dengan memberikan bantuan Rp50 juta untuk perbaikan irigasi yang jebol. Dinas Pekerjaan Umum juga telah dieprintahkan untuk menurunkan alat berat melakukan pengerukan saluran irigasi yang terdapat endapan lumpur. Selain itu, kata Wabub Mochdar, ada kesepakatan lisan dengan mosalaki dan para petani di Anaranda untuk membuka saluran baru di daerah irigasi dan langkah itu dijanjikan direalisasikan setelah panen.

Dalam setiap kesempatan, katanya, telah diimbau kepada para camat dan kepala desa untuk selalu memberikan motifasi kepada masyarakat petani agar selalu menanam tanaman makanan lokal. Masyarakat juga selalu dimotifasi untuk selalu makan makanan lokal seperti jagung, ubi, kacang, pisang dan tidak saja berpatok pada pangan beras. “Kalau ada rombongan dari kabupaten yang datang, pangan lokal jadi menu utama. Rongo mi kami mi, rongo ba’i kami ba’i,” kata Wabub Mochdar dalam bahasa daerah. Menurutnya, masyarakat di desa tidak melihat ada tamu dan mulai menyiapkan makanan yang akhirnya menyebabkan pemborosan.

Dia berharap, keseriusan dari SKPD terkait, camat, kepala desa agar lebih bersatu hati mengurus rakyat. “Jangan jalan sendiri-sendiri. Lintas sektor perlu digalakan.” Menurutnya, jika semua sektor digalakan untuk bekerja sama, program swasembada pangan pada tahun 2012 diyakini bisa dicapai.

Kepala Dians pertanian Tanaman Pangan dan peternakan Kabupaten Ende, Flavianus Senda belum dapat dihubungi. Flores Pos mencoba mendatangi kantornya namun belum berhasil meewawancarinya terkait kessiapan dinas teknis dalam menjabarkan program swasembada pangan dimaksud.



Tidak ada komentar: