08 November 2009

Calon Jamaah Haji Asal Ende Bertolak Menuju Surabaya

* Sebanyak 49 Orang dan Satu Dokter
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Sebanyak 49 calon jamaah haji asal kabupaten Ende dan satu orang dokter pada Rabu (4/11) bertolak dari Ende menuju Kupang untuk selanjutnya menuju Surabaya. Sebelum berangkat, para calon jamaah calon haji terlebih dahulu mengikuti shalat dan doa bersama di Masjid Raya. Menurut rencana, para calon jamaah haji asal Ende ini akan berangkat menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah pada 7 Nopember dan masuk dalam kloter 49 embarkasi Haji Sukalilo.

Hal itu dikatakan Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kabupaten Ende yang juga ketua Panitia Antar jemput Jamaah Haji Asal Kabupaten Ende, Haji Mansur Do kepada Flores Pos di halaman Masjid Raya Ende, Rabu (4/11). Mansur Do mengatakan, jumlah calon jamaah haji asal Kabupaten Ende sebanyak 49 orang ditambah satu orang dokter sehingga total semuanya menjadi 50 orang. Para calon jamaah haji asal Ende ini berangkat menuju Kupang dan setelah tiba di Kupang akan dijemput keluarga besar Ende di Kupang dan makan siang bersama. Selanjutnya bertolak menuju Surabaya.

Di Surabaya, kata Mansur Do, mereka akan menginap dua hari di Hotel Andalas Surabaya untuk kemudian pada tanggal 6 Nopember para jamaah yang tergabung dalam kloter 49 embarkasi Haji Sukalilo. Pada tanggal 7 Nopember pada calon jamaah haji akan diberangkatkan pada pukul 09.00 menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah dalam gelombang II. Dari Jedah, kata Mansur Do, para calon jamaah haji langsung menuju Mekah untuk melaksanakan haji umrah wajib.

Selanjutnya pada 9 Zulhijah atau satu hari menjelang hari raya Idul Adha para calon jamaah haji akan melaksanakan wukuf di Arafah. “Kurang lebih 24 hari mereka di Mekah selanjutnya ke Madinah untuk shalat Urbain atau salat 40 waktu selama kurang lebih delapan hari. Ini merupakan puncak dari idabah haji dan ziarah ke makam rasululah.” Setelah menjalankan semuanya itu, para jamaah haji kembali ke Zedah untuk persiapan pulang kembali ke tanah air. Diperkirakan antara tanggal 20-25 Desember para jamaah haji sudah tiba kembali di Surabaya. Mereka lalu menginap dua hari di Surabaya dan setelah itu baru kembali ke Ende.

Kepada para calon jamaah haji asal Ende, Mansur Do mengharapkan untuk mendoakan bangsa, negara dan daerah ini supaya selalu aman, sehat dan subur. Kepada mereka juga diharapkan untuk menjaga keutuhan selama perjalanan menuju Mekah hingga kembali. “Inti harapan saya adalah agar mereka bisa mendoakan umat Islam di Ende agar tahun depan calon jamaah haji lebih banyak lagi.”

Tokoh Masyarakat Ende yang juga anggota DPRD Ende, Haji M Taher mengatakan, dalam perjalanan para jamaah haji yang paling penting adalah koordinasi yang baik antara pemerintah daerah dan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia. Koordinasi yang bagus, kata Haji Taher dirintis baik sejak tahun 2005 di mana pada saat itu dia menjadi ketua rombongan. Koordinasi yang dimaksudkan yakni mulai dari persiapan, pemberangkatan, akomodasi di Surabaya hingga masuk embarkasi Haji Sukalilo. “Saya lihat sesuai pengalaman dari tahun 2005 sudah ada peningkatan dalam urusan jamaah haji Kabupaten Ende. Mudah-mudahan ke depan lebih meningkat lagi.”

Kepada para calon jamaah haji asal Ende, Haji Taher mengharapkan agar ketua rombongan dan ketua-ketua regu dapat menjalankan amanah yang diberikan. Terpenting, kata Haji Taher, mereka yang sudah diberikan amanah ini memperhatikan benar para calon jamaah haji terutama orang yang sudah berumur. “Agar bisa jalankan ibadah ii dengan baik maka para calon harus benar-benar mempersiapkan diri secara baik.”






Tidak ada komentar: