08 November 2009

UD Benteng Baru Perwakilan Ende Pasok Kebutuhan Pokok Masyarakat

* Jamin Ketersediaan Kebutuhan Masyarakat
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Kehadiran UD Benteng Baru Perwakilan Ende yang telah membangun gudang di Ende menjamin ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat seperti gula pasir, terigu kompas dan gatot, minyak goreng cap ross brand, beras dan semen. Kehadiran UD Benteng Baru juga diharapkan berupaya untuk mengatasi keluhan mayarakat selama ini dalam kaitan dengan kelangkaan kebutuhan pokok terutama menjelang hari raya keagamaan. UD Benteng Baru telah mulai beroperasi sejak tiga bulan lalu tepatnya pada bulan Agustus 2009.

Ha itu dikatakan Kepala Perwakilan UD Benteng Baru Ende, Alfred V Manuel kepada Flores Pos, Kamis (5/11). Alfred Manuel mengatakan, kehadiran UD Benteng Baru di Ende merupakan yang pertama di NTT mengingat selama ini berpusat di Makasar dan bergerak di wilayah tengah dan timur Indonesia. Pemilihan Ende perwakilan UD Benteng Baru, kata Alfred karena Ende merupakan sentral dan berada di tengah Flores sehingga akses dari kabupaten-kabupaten lain di Flores lebih mudah. Selain itu, pemilihan Ende karena daya beli masyarakat di Ende dan tiga kabupaten tetangga yakni Sikka, Ngada dan Nagekeo cukup tinggi. “Dengan pilih Ende yang ada di sentral Flores akan mempermudah dilakukan ekspansi usaha ke depannya.”

Dengan hadirnya UD Benteng Baru di Ende, kata Alfred, dapat menyediakan kebutuhan pokok masyarakat. Dengan demikian, keluhan kelangkaan yang sering terjadi terutama pada hari raya dapat teratasi. Jika selama ii semua bahan kebutuhan masyarakat harus didatangkan dari Makasar oleh para pedagang, dengan hadirnya UD Benteng Baru setidaknya dapat membantu memperlancar distribusi barang kebutuhan masyarakat. Apalagi jika terkendala cuaca yang tidak mendukung sering mengakibatkan terjadinya kelangkaan. “Tapi dengan kehadiran UD Benteng Baru ini dapat menjamin kebutuhan masyarakat tidak akan kosong di pasaran.”

Mikel Bade Oda, warga Ende kepada Flores Pos mengatakan, Dengan daya tampung gudang yang cukup besar yakni kurang lebih 10 gudang diharapkan kehadiran UD Benteng Baru dapat menjamin kebutuhan masyarakat di waktu-waktu mendatang. Kehadirannya, sangat membantu masyarakat terutama menyangkut keluhan soal kelangkaan barang yang terkadang dapat memicu kenaikan harga. Karena itu, kata Bade Oda, hadirnya UD Benteng Baru bisa menjadi penyeimbang sehingga selain menjamin stok di pasar juga dapat membantu kestabilan harga barang kebutuhan masyarakat.

Dikatakan, kehadiran UD Benteng Baru hendaknya tidak dianggap menjadi pesaing bagi pedagang-pedagang besar yang ada di Ende. Namun hendaknya kehadiran UD Benteng Baru dianggap sebagai mitra para pedagang. Jika selama ini para pedagang harus mendatangkan sendiri barang dari Makasar, maka sekarang mereka dapat mengambilnya langsung dari UD Benteng Baru sehingga menghemat biaya. Untuk itu, dia berharap, kehadiran usaha baru yang berskala nasional ini didukung semua pihak agar tetap eksis menjalankan usahanya di Ende dan bersama para pedagang lainnya menyediakan kebutuhan masyarakat agar tetap ada di pasaran. “Kita sebagai konsumen tentunya berharap kehadirannya bisa membantu menjawab kebutuhan masyarakat agar tidak kosong di pasar terutama pada hari-hari raya keagamaan seperti yang terjadi selama ini.”



Tidak ada komentar: