11 November 2009

Camat dan Kepala Desa Sepakat Sukseskan Gerakan Swasembada Pangan 2012

* Rakor Pamong Praja Kabupaten Ende

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

Para camat dan kepala desa dan seluruh kepala dinas, badan dan kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Ende bersepakat untuk mendukung dan mensukseskan gerakan swasembada pangan 2012 yang dicanangkan bupati dan wakil bupati Ende, Don Bosco M Wangge dan Achmad Mochdar. Keberadaan peneliti dari Undana yang memaparkan tentang ternak sapi juga sinkron degan program pengembangan pangan yang digalakan pemerintah.

Hal itu dikatakan Wakil Bupati Ende, Achmad Mochdar di hadapan peserta Rapat Koordinasi Pamong Praja di aula paroki Onekore, Selasa (10/11). Wabub Mochdar mengatakan, kehadiran peneliti dari Undana yang memaparkan tentang pengembangan ternak memiliki keterkaitan denan program pengembangan pangan yang sedang digalakan. Kabupaten Ende sangat potensial dalam pengembangan ternak sapi. Ini artinya ada sinkronisasi antara program pengembangan ternak sapi dengan program pengembangan pangan yang tengah giat digalakan guna menuju swasembada pangan 2012.

Dikatakan, selama ini, banyak yang dihasilkan oleh petani namun sedikit yang diperoleh. Misalnya dalam menghasilkan padi namun limbah padi seperti jeraminya dibuang begitu saja. Padahal jika limbah padi itu dapat dimanfaatkan untuk pakan ternak akan memberikan manfaat tambahan bagi petani. “Ini yang perlu dikembangkan ke depan agar limbah padi tidak dibuang begitu saja.” Dengan demikian, kata Mochdar, ada mata rantai yang saling mendukung.

Terkait ketenagaan terutama untuk tenaga penyuluh lapangan yang saat ini belum memadai, Wabub Mochdar mengatakan, pada tahun 2010 nanti akan diperjuangkan agar kebutuhan akan tenaga PPL dimasukan dalam formasi CPNSD. Hal itu selain untuk menjawab kekurangan tenaga PPL saat ini juga dalam upaya untuk mendukung gerakan swasembada pangan 2012.

Mochdar mengatakan, untuk kondisi pangan saat ini, Ende masih dalam kondisi cukup ketersediaannya. Karena ketersediaan pangan masih cukup maka Ende belum masuk dalam kategori rawan pangan yang bisa berdampak pada marasmus.

Terkait ketersediaan pangan, Asisten I Setda Ende, Hendrikus Seni juga mengakuinya. Menurutnya, ketersediaan pangan di Kabupaten Ende baik untuk saat ini maupun prediksi untuk satu bulan ke depan masih sangat cukup. Diakuinya juga bahwa seluruh camat, kepala desa, dinas badan dan kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Ende telah bersepakat untuk mensukseskan gerakan swasembada pangan 2012 sebagaimana dicanangkan oleh bupati dan wakil bupati Ende, Don Bosco M Wangge dan Achmad Mochdar.

Dalam rapat koordinasi ini, para camat diberikan kesempatan memaparkan persoalan-persoalan yang dihadapi di kecamatan masing-masing. Selain memaparkan permasalahan, para camat juga memaparkan langkah yang telah mereka lakukan dalam upaya mengatasi sejumlah permasalahan yang ditimbulkan. Mereka juga meminta peneguhan dari bupati dan wakil bupati terkait pelaksanaan kegiatan di kecamatan dan desa.

Rapat koordinasi ini selain dihadiri oleh para camat, kepala desa, kepala dinas, badan dan kantor lingkup Pemerintah Kabupaten Ende, juga dihadiri pada Kapolsek di wilayah kerja Polres Ende dan pada Danramil di seluruh wilayah Kerja Kodim 1602 Ende.




Tidak ada komentar: