08 November 2009

Hari Ini Calon Jamaah Haji Bertolak Menuju Bandara King Abdul Aziz

Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos
Menurut rencana, Sabtu (7/11) hari ini, para calon jamaah haji asal Kabupaten Ende mulai bertolak dari Bandara Juanda Surabaya menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah. Selama berada di Surabaya, kondisi para calon jamaah haji asal Kabupaten Ende dalam kondisi sehat mulai sejak tiba di Surabaya dan menginap di Hotel Andalas hinga saat masuk Asrama Haji Sukalilo Surabaya.

Hal itu dikatakan salah satu Tokoh Umat Islam di Ende, H M Taher kepada Flores Pos, Jumad (6/11). Menurutnya, berdasarkan informasi yang diterima dari para calon jamaah haji asal Kabupaten Ende, mereka semua dalam kondisi sehat walafiat sejak tiba di Surabaya hingga masuk Asrama Haji Sukalilo Jumad pagi kemarin sekitar pukul 10.30 WIB. Selanjutnya, pada Sabtu sekitar pukul 14.30 hari ini, para calon jamaah haji akan terbang menuju Bandara King Abdul Aziz Jedah dari Bandara Juanda Surabaya. Para calo jamaah haji asal Kabupaten Ende masuk dan tergabu ng dalam kloter 49 embarkasi Haji Sukalilo dalam gelombang II.

Dia mengakui, koordinasi yang dibangun selama ini sudah cukup baik dalam proses pemberangkatan para calon jamaah haji asal Kabupaten Ende. Kerja sama yang baik antar pihak-pihak terkait seperti dari Bagian Sosial Pemkab Ende, petugas urusan haji Departemen Agama Kabupaten Ende, perbankan juga kerjasama yang baik dengan Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Ende. Semua komponen ini telah memberikan peran sesuai tugas dan fungsi masing-masing sehingga dari tahun ke tahun berbagai kekurangan yang dialami terus diperbaiki.

Namun demikian, kata Haji Taher, masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi antara lain, manasik haji yang selama ini waktunya terlalu mepet. Manasik haji atau petunjuk perjalanan haji, kata Haji Taher diharapkan agar sudah diberikan kepada para calon jamaah haji paling kurang dua bulan sebelum keberangkatan. Hal itu perlu agar tidak ada kesan terburu-buru. Dengan demikian, manasik haji akan lebih dipahami oleh para calon jamaah haji. “Soalnya para calon jamaah haji kita rata-rata orang tua. Kalau terlalu mepet mereka akhirnya kurang terlalu ikuti dengan baik.”

Dia berharap keberangkatan para calon jamaah haji asal Kabupaten Ende bisa tiba di tempat tujuan degan selamat. Mereka juga diharapkan dapat menjalankan ibadah haji dengan baik dan mendoakan seluruh umat Islam di dunia dan terkhusus di Ende agar ke depan akan lebih banyak lagi calon jamaah haji yang diberangkatkan dari Ende. “Kita juga doakan mereka agar mereka sehat dan bisa kembali ke tanah air dalam kondisi lengkap dan sehat walafiat.”

Sebelumnya, Ketua Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia Kabupaten Ende, Haji Mansur Do mengatakan, sebanyak 49 calon jamaah haji dan satu orang dokter yang berasal dari Ende terdiri atas 30 orang calon jamaah haji perempuan dan 20 orang calon jamaah haji laki-laki. Kepada para calon jamaah haji asal Kabupaten Ende, Haji Mansur Do mengharapkan agar dapat mengikuti seluruh rangkaian perjalanan ibadah haji hingga mencapai puncaknya pada Shalat Urbain atau shalat 40 wakru selama delapan hari di Madinah dan mengunjungi makam Rasululah.

Haji Mansur Do juga berharap, para calon jamaah haji bisa mendoakan bangsa, negara dan daerah ini agar senantiasa aman, sehat dan subur. Juga diharapkanmendoakan umat Islam di Ende agar pada tahun-tahun mendatang jamaah haji akan lebih banyak lagi yang diberangkatkan untuk menunaikan ibadah haji.



Tidak ada komentar: