13 November 2009

PLN Berlakukan Sistem Layanan Pasang Baru Online

* Dapat Diakses Melalui www.plnfbbende.com

Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos

PT PLN (Persero) Cabang Flores Bagian Barat telah mulai memberlakukan sistem layanan pasang baru secara online. Setiap calon pelanggan yang hendak memasukan permohonan pemasangan baru dapat mengaksesnya melalui website pada www.plnfbbende.com yang dapat diakes semua calon pelanggan. Langkah ini dilakukan sebagai upaya PLN memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan.

Manajer PT PLN Cabang Flores Bagian Barat, Marjon Sinaga kepada wartawan dalam komperensi pers di aula Moni, Selasa (10/11) mengatakan, selama ini PLN mengalami tiga kendalam dalam memberikan pelayanan kepada para pelanggan yakni kendala keterbatasan daya, keterbatasan dana investasi dan tingginya permintaan masyarakat terhadap listrik. Daya dan investasi, kata Sinaga sangat berpengaruh terhadap pelayanan permohonan masyarakat akan listrik.

Kondisi seperti itu, kata Sinaga, menyebabkan PLN menangguhkan pelayanan sambung baru dan para pemohon sambung baru harus masuk dalam daftar tunggu. Kondisi ini juga oleh masyarakat dilihat tidak jelas sejauh mana daftar tunggu yang ada karena terbatasnya akses informasi masyarakat untuk pemasangan baru. Di lapangan beredar informasi-informasi terkait sulitnya pemasangan baru listrik dan tingginya biaya pemasangan.

Terhadap tiga kendala yang dihadapi PLN tersebut, kata dia, PLN tidak tinggal diam. PLN terus berupaya melakukan perbaikan wlau apa yang dilakukan belum sesuai dengan harapan masyarakat. Mengatasi semua kendala dan dalam rangka transparansi proses pemasangan baru, PLN Cabang Flores Bagian Barat (FBB) membangun satu sistem untuk memudahkan pemasangan baru. Langkah yang dilakukan PLN FBB adalah dengan membangun website yang dapat diakses secara luas oleh masyarakat. Website yang dibangun ini, kata Sinaga memberikan informasi terbuka kepada masyarakat berupa layanan pasang baru online.

Staf Sistem Informasi PLN FBB, Taufik Hidayat pada kesempatan itu menjelaskan proses pendaftaran dan pengajuan permohonan pemasangan baru. Tidak saja untuk itu, melalui website yang ada, pelanggan juga dapat mengajukan permohonan perubahan daya. Fokus website yang dirancang adalah pada pelanggan dan pasar. Informasi dapat diakses dengan mudah, proses berjalan secara transparan. Selama ini, pemasangan baru menajdi sorotan masyarakat, prosedur tidak jelas sehingga mengakibatkan citra PLN di masyarakat mulai turun. Kondisi ini juga dipicu tidak adanya kejelasan biaya pemasangan. Kondisi ini membingungkan calon pelanggan dan masyarakat dan menimbulkan image di masyarakat bahwa pemasangan listrik mahal.

Pemasangan baru online ini bertujuan untuk memberikan informasi secara lengkap, jelas dan terbuka tentang layanan pasang baru dan penambahan daya. Pelayanan dilakukan dengan sistem swalayan di mana pelanggan bisa memilih layanan sendiri sesuai kebutuhan. Menyangkut biaya, melalui website ini adanya kejelasan biaya dan ada kejelasan mana yang menjadi hak PLN dan mana yang menjadi hak instalatir.

Saat ini, sudah terdapat 4.238 calon pelanggan yang masuk dalam daftar tunggu. Tahun 2009 ini kuota pelayanan pemasangan baru hanya sebanyak 720. Para pelanggan dengan adanya website ini dapat pula memilih instalatir mana yang dikehendaki dari sembilan instalatir yang menjadi mitra kerja PLN diantaranya CV Telaga, PT Arnoldus Nusa Indah Ende.

Dalam proses pendaftaran dan permohonan menjadi pelanggan ini calon pelanggan dapat mengaksesnya dan memilih jenis layanan yang dibutuhkan. Jika pelanggan memilih layanan normal maka harus masuk daftar tunggu. Namun jika kebutuhan mendesak dan meminta agar dilayani secepatnya maka dapat menggunakan sistem layanan multiguna. Penyambungan baru adalah proses permohonan menjadi pelanggan PLN dengan syarat mengetahui id pelanggan tetangga, lokasi persil, tarip, daya dan tipe layanan yang di inginkan. Sedangkan untuk perubahan daya/tarif adalah proses perubahan tarip (contoh : dari R1 menjadi B1), penambahan daya (contoh dari R1 450 menjadi R1 900), turun daya (contoh dari R1 1300 menjadi R1 900) dan perubahan tarif dan daya (contoh dari R1 450 menjadi B2 6600). Layanan multiguna adalah layanan listrik yang bersifat sementara dan mendesak, dan seluruh biaya penyambungan dan biaya instalasi ditanggung oleh calon pelanggan.




Tidak ada komentar: