21 April 2009

Beban Puncak PLN Turun Menjadi 4600 Kilowatt

* Konsumen Diharapkan Terus Berhemat
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
Semenjak diumumkan kepada masyarakat untuk berhemat dalam penggunaan energi listrik terutama pada beban puncak mulai pukul 17.00-22.00 ternyata memberikan dampak penghematan yang cukup besar. Semenjak pelaksanaan pelantikan bupatid an wakil bupati Ende, pemilu legislatif dan perayaan paska hingga pelaksanaan rekapitulasi suara terjadi penurunan beban puncak antara 400-600 kw. Jika selama ini beban puncak pada pukul 17.00-22.00 mencapai 5200 kw maka dengan adanya penghematan oleh konsumen listrik beban puncak pada waktu yang sama hanya 4600 kw.


Hal itu dikatakan Manajer PT PLN (Persero) Cabang Flores Bagian Barat, Marjon Sinaga di ruang kerjanya, Senin (20/4) didampingi Asisten Manajer Distribusi Fredik Nawa. Marjon Sinaga mengatakan, turunnya beban puncak sebesar itu berkat partisipasi seluruh masyarakat pelangan di Kabupaten Ende. Penurunan itu tampak ketika pelaksanaan mulai dari pelantikan, pemilu legislaitf hingga perayaan paska PLN tidak mengalami kekurangan daya. “Kita patut berterima kasih atas partisipasi masyarakat melakukan penghematan itu.” Kondisi peghematan yang ada, katanya cukup besar karena bisa turun hingga 400-600 kw atau turun 10 persen dari beban puncak selama ini. “Luar biasa partisipasi masyarakat pelangan kita.”

Sistem Aman
Dengan adanya cadangan daya akibat penghematan itu, secara sistem, PLN merasa dalam kondisi aman. “Repot kalau saat beban puncak tidak ada cadangan daya.” Ke depan, direncanakan ada penambahan mesin sewa dan saat ini satu mesin sewa sedang dalam proses untuk dimasukan dalam sistem. Jika pada bulan Mei nanti sudah bisa masuk dalam sistem maka diharapkan cadangan daya bisa mencapai 1000 kw atau satu megawatt sehingga ketika dilakuka pemeliharaan tidak lagi dilakukan pemadaman karena ada cadangan.
Kendati demikian, kata Sinaga, kepada masyarakat pelangan tetap diharapkan partisipasi aktifnya dalam berhemat listrik terutama pada beban puncak sehingga selalu ada cadangan daya pada beban puncak dan menjaga agar sistem tetap aman.

Peran Serta Masyarakat
Asisten Manajer Distribusi Fredik Nawa mengatakan, sebagai asisten yang menangani bidang distribusi, penghematan yang ada sangat membantu PLN dalam melakukan distribusi listrik kepada pelanggan. Penghematan yang dilakukan terutama pada beban puncak itu iktu membantu cadangan daya sehingga tidak terjadi pemadaman. Atas partisipasi aktif masyarakat itu, Nawa juga mengucapkan terima kasihnya sambil terus berharap ke depan budaya hemat listrik semakin menjadi budaya masyarakat pelanggan listrik di Ende.


Selama hari-hari terakhir persediaan listrik emncukupi untuk distribusi kepada pelanggan. Kondisi itu sangat mendukung sehingga selama tiga even besar yang digelar di Ende tidak ada gangguan karena jaringan listrik dalam kondisi bersih dari sentuhan pohon. Kondisi itu tercipta berkat partisipasi masyarakat yang telah merelakan pohon mereka yang mendekati jaringan listrik untuk ditebang atau dibersihkan. “Ini tidak lepas dari peran aktif masyarakat membantu PLN.” *



Tidak ada komentar: