20 April 2009

KPUD Ende Masih Lakukan Pleno Rekapitulasi Hasil Pemilu

* KPUD Provinsi Beri Apresiasi Khusus untuk KPUD Ende
Oleh Hieronimus Bokilia

Ende, Flores Pos
Hingga Minggu (19/4) Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Ende masih melakukan pleno rekapitualsi suara hasil pemilihan umum legislatif di tingkat KPUD.
Hingga hari Minggu sudah sebanyak 13 PPK yang telah berhasil diplenokan dan masih tertinggal tujuh PPK yang belum memasukan hasil pleno di tingkat PPK. Pleno di tingkat KPUD Ende diperkirakan berakhir pada Senin (20/4) sesuai jadwal yang disiapkan mengingat pada tanggal itu sudah harus pula dilakukan pleno rekapitulasi di tingkat KPUD provinsi.
Ketua KPUD Ende, Fransiskus AR Senda di gedung Inepare, Sabtu (18/4) mengatakan, pelaksanaan pleno rekapitulasi suara hasil pemilu legislaitf hingga Sabtu sudah sebanyak 12 PPK yang berhasil direkap. Masih tertinggal delapan PPK yang belum dilakukan. Rekapitulasi sudah dilaksanakan sejak Kamis (16/4) dan hanya satu PPK yang berhasil direkap. Sedangkan pada hari kedua, telah direkap sebanyak tiga PPK dan diharapkan sabtu bisa lebih banyak.
Mengingat waktu pelaksanaan pleno rekapitulasi suara hasil pemilu legislatif yang semakin mepet, kata Senda, KPUD akan tetap melaksanakan pleno pada hari Minggu. Ditargetkan pleno rekapitulasi bisa diselesaikan hingga Senin sehingga selanjutnya hasilnya dapat diserahkan ke provinsi untuk pelaksanaan pleno rekapitulasi di tingkat provinsi. “Kita didorong provinsi untuk tepati jadwal tanggal 20 April di tingkat provinsi.”

Ikuti Jadwal
Ketua KPUD Provinsi NTT, John Depa yang turun langsung memantau pelaksanaan pleno rekapitulasi di tingkat KPUD Kabupaten Ende, Jumat (17/5) mengatakan, pleno di tingkat provinsi dijadwalkan tanggal 19-20 April. Diharapkan, semua kabupaten dapat mengikuti jadwal yang sudah ditetapkan sehingga paling lambat di tingkat PPK sudah memasukan hasil plenonya ke KPUD sampai tanggal 17 April sehingga pleno di KPUD bisa berjalan dalam jadwal.
Terkait pelaksanaan pleno di KPUD provinsi, kata Depa sejauh ini belum dapat dipastikan pelaksanaannya mengingat belum ada KPUD kabupaten yang memasukan hasil rekaiputlasi di tingkat kabupaten. “Atas nama lembaga sampaikan apresiasi luar biasa buat KPUD Ende. Ende merupakan kabupaten yang paling awal laksanakan pleno dari 20 kabupaten yang ada. Ini bisa menjadi motifasi untuk kabupaten yang lain.”
Sementara menyangkut Flores Timur dan Lembata yang pelaksanaan pemilu legislatifnya kemudian, kata Depa pelaksanaan selanjutnya harus tetap mengikuti jadwal yang telah ditetapkan semula.

Alami Kerumitan
Diakui, pelaksanaan reakpitulasi dalam pemilu legislatif ini sedikit mengalami kerumitan terutama pada teknis penghitungan yang begitu detail untuk setiap calon legislatif. Dibanding pelaksanaan pemilu legislatif tahun 2004, mekanisme dan teknik penghitungan tidak begitu rumit karena tidak dihitung per calon. Untuk itu, katanya, dia meragukan semua penyelenggara di setiap tingkatan dapat melakukan rekapitulasi sesuai jadwal yang telah ditetapkan secara nasional apalagi di tingkat nasional dijadwalkan 26-28 April mendatang. Dia berharap, penyelenggara di setiap tingkatan dapat bekerja maksimal menyesuaikan jadwal yang telah ditetapkan. Proses yang telah dilalui di tingkat TPS yang merupakan proses yang paling murni agar dihargai dan tidak lagi dipersoalkan dalam proses di tingkatan yang lebih atas dan hendaknay menjadi perhatian bersama. *


Tidak ada komentar: