02 Juli 2009

PLN Rekrut Peserta Beasiswa Ikatan Dinas

* Ditempatkan di Seluruh Wilayah NTT dan NTB
Oleh Hieronimus Bokilia


Ende, Flores Pos
PT PLN (Persero) Wilayah Nusa Tenggara Timur telah mulai membuka pendaftaran penerimaan peserta dengan untuk mengikuti program beasiswa ikatan dinas setara D-1. penyelenggaraan penerimaan peserta beasiswa ikatan dinas ini diselengggarakan PT PLN Wilayah NTT bekerja sama dengan PT PLN Pembangkitan Kalinusa. Para peserta yang nantinya diterima dalam program ini akan mengikuti training selama lebih kurang 6-9 bulan dan ditempatkan diseluruh wilayah NTT, NTB dan Kalimantan di bawah wilayah kerja PT PLN Pembangkitan Kalinusa.

Hal itu dikatakan Asisten Administrasi dan Keuangan PT PLN Cabang Flores Bagian Barat, Simi E Lapebesi kepada Flores Pos di ruang kerjanya, Kamis (25/6). Simi Lapebesi mengatakan, untuk penerimaan kali ini, pihak PLN Cabang tidak diberikan pagu jatah. Sehingga kepada peserta yang ingin bergabung dan berkembang bersama PLN dipersilahkan untuk mendaftarkan diri sebanyak-banyaknya. “Silahkan daftar sebanyak-banyaknya. Kita tidak tahu berapa yang diterima jadi bersaing lebih banyak lebih bagus.”

Empat Tempat Pendaftaran
Dikatakan, dalam proses penerimaan calon peserta beasiswa ikatan dinas ini, pendaftaran dilakukan di empat tempat masing-masing untuk Kupang dan sekitarnya dilakukan di Kupang, untuk wilayah Sumba di Waingapu, Flores bagian barat di Ende dan Flores bagian timur di Maumere. Di tingkat cabang, kata Lapebesi, hanya melakukan seleksi admninistrasi peserta yang mendaftar. Bagi yang lulus dalam seleksi administrasi, selanjutnya akan dilanjutkan dengan seleksi akademis, psikologis dan beberapa jenis tes lainnya yang dipusatkan di kantor wilayah di Kupang.

Di juga membantah rumor yang berkembang di masyarakat yang menyebutkan bahwa proses seleksi yang dilakukan ini untuk ditempatkan di PLTU Ropa. Menurut dia, seleksi ini dilakukan secara keseluruhan dan menyangkut penempatan tidak hanya untuk PLTU Ropa tetapi untuk semua wilayah kerja NTT juga untuk wilayah kerja PT PLN Pembangkitan Kalinusa yaitu Kalimantan, NTT dan NTB.

Kerjasama PT PLN Pembangkitan Kalinusa
General Manager PT PLN (Persero) Wilayah NTT, S Januwarsono dalam pengumuman yang dikeluarkan pada 19 Juni 2009 menyatakan bahwa tes tersebut dilakukan kerja sama PT PLN Wilayah NTT dengan PT PLN Pembangkitan Kalinusa. Prekrutan ini dikhususkan pada latar pendidikan teknik yakni dari SMA IPA, SMK teknik elektro/listrik (arus kuat). Sedangkan untuk non teknik SMA IPA/IPS dan SMK perkantoran/sekretaris, akuntansi dan IT dengan maksimal usia 22 tahun. Khusus untuk tenaga teknis lebih diprioritaskan bagi laki-laki sedangkan non teknis laki-laki dan perempuan.

Dalam proses seleksi penerimaan ini, tahapan seleksi yang dilalui berupa seleksi administrasi, tes akademis, psikologi, kesamaptaan, wawancara dan tes kesehatan. Sistem yang diberlakukan adalah sistem gugur, sehingga yang berhak dipanggil untuk mengikuti tes hanya pelamar yang memenuhi persyaratan. Pengumuman hasil tes administrasi pada 9 Juli di seluruh unit kerja PT PLN Wilayah NTT baik di kantor wilayah, kantor cabang maupun ranting. Peserta yang dinyatakan lulus seleksi, lanjut Januwarsono, akan menjalani pendidikan setara D-1 dan ikatan dinas pada PT PLN Wilayah NTT. Ditegaskan pula bahwa dalammproses seleksi ini tidak dipungut biaya apapun dari pelamar sehingga kepada pelamar diimbau untuk mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat membantu kelulusan dalam proses seleksi ini.



Tidak ada komentar: